Menguak Misteri Keberadaan Putri Duyung

Menguak Misteri Keberadaan Putri Duyung

Neomisteri – Selama beberapa pekan terakhir, masyarakat Amerika dikejutkan dengan salah satu edisi acara televisi ‘Animal Planet’ yang menceritakan telah menemukan bukti keberadaan Putri Duyung. Acara yang bertema ‘Mermaid: The Body Found’ ini sontak membuat gempar masyarakat.

Sejak berabad-abad lamanya keberadaan sosok Putri Duyung memang masih diliputi misteri gelap. Pasalnya, meski belum pernah ditemukan jasadnya, namun jasad makhluk air setengah manusia-ikan ini kerap menjadi penghias hikayat tempo dulu.

Bagaimana diceritakan bahwa Putri Duyung kerap menjadi cobaan tersulit para pelaut tangguh yang tengah mengarungi bahtera. Dikisahkan kematian akan menghampiri para pelaut yang terbuai dengan nyanyian Putri Duyung yang menggoda.

Dan tayangan serial Animal Planet ‘Mermaid: The Body Found‘ membuat imajinasi publik Amerika kembali tertuju kepada sosok Putri Duyung yang sempat terlupakan. Dalam tayangannya, Animal Planet dengan meyakinkan menunjukkan data tentang adanya manusia air.

Ditunjang dengan guratan manusia purba di dinding yang menggambarkan sosok manusia berekor ikan. Ditambah Animal Planet juga berani menampilkan gambar-gambar seperti ilustrasi tentang putri duyung yang berinteraksi dengan hewan air lain.

Alhasil banyak yang percaya jika Putri Duyung benar-benar ada setelah menyaksikan tayangan itu. Namun benarkan Putri Duyung benar-benar ada?

Lembaga milik pemerintah Amerika Serikat yang meneliti tentang kelautan NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) dengan tegas membantah rumor tersebut. Menurut mereka, tidak ada bukti penunjang yang bisa menunjukkan keberadaan makhluk mitos tersebut.

“Keyakinan tentang keberadaan putri duyung telah ada sejak awal kehidupan manusia. Mitos itu pertama kali muncul lewat coretan-coretan manusia gua di akhir jaman batu sekitar 30 ribu tahun silam,” bunyi pernyataan NOAA seperti dilansir Discovery.

“Apakah putri duyung benar-benar ada? Tidak pernah ditemukan bukti tentang keberadaan makhluk itu. Tapi mengapa sosok putri duyung ada dalam pikiran bawah sadar para pelaut? Sebaiknya pertanyaan itu ditujukan kepada para sejarawan dan antropolog.”

53 Comments

  1. Pakta bicara 17/01/2013 at 5:10 pm - Reply

    Nalar az pasti ga ad manusia (putri duyung) sudah di terangkan dlm kitab al Quran bahwa allah hanya menciptakn manusia malaikat jin setan dan binatang … Jdi (putri duyung) menurut akal … Itu hanyalah hayalan manusia saja …

    • Didit 30/03/2013 at 1:04 pm - Reply

      @Pakta bicara. Kata siapa dlm kitab al Qur’an Allah hanya menciptakan manusia, maikat, jin, setan dan binatang? berarti ente sebenernya gak bisa ngaji.

      (وَالْخَيْلَ وَالْبِغَالَ وَالْحَمِيرَ لِتَرْكَبُوهَا وَزِينَةً وَيَخْلُقُ مَا لاَ تَعْلَمُونَ ) (النحل:8)

      Artinya: (dan dia telah menciptakan kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.) [QS An-Nahl: 8].
      dan masih bnyak ayat2 serupa.
      gak usah sok bawa2 al quran segala. kita kaji dulu, siapa tau emang bener2 ada.

    • Idhu Geni 24/04/2013 at 2:37 am - Reply

      @ Didit, Pakta bicara kan bilang “menurut akal”…..dst- bukan “menurut Iman”…..akal mausia sangat-sangatlah terbatas bila dibandingkan dgn kehebatan/kebesaran Allah….gak mungkin akal manusia dapat menjangkau ke”akbar”an Allah….sampai kapanpun juga…!!!

  2. berbol 29/03/2013 at 3:28 pm - Reply

    iya menrtku ga ada putri dyung itu :)

  3. mini 01/04/2013 at 10:20 am - Reply

    ada
    mereka itu ada dan nyata
    cuma ada sesuatu
    suatu saat nanti pasti akan ada
    krna manusia itu bagai monster bagi mereka

  4. pelawak 12/04/2013 at 10:16 am - Reply

    taek kucing ah

    • Idhu Geni 24/04/2013 at 2:31 am - Reply

      pernah dengar “LIGER”….???? ini ada di Indonesia- hasil perkawinan antara Lion dan Tiger pdhl khromosomnya berbeda…semoga kamu masih hidup nanti untuk mengetahui kebesaran Allah ketika putri duyung in ternyata benar2 ada…hehehehehh

  5. Idhu Geni 24/04/2013 at 2:25 am - Reply

    dapat saja Allah menciptakan/mengadakan apa yg bagimu tak mungkin ada, bahkan tak mungkin kamu ketahui……!!!!!

  6. yustieka 15/06/2013 at 1:55 am - Reply

    ih putri duyunng nya cantik keliatan

  7. elvira saragih 11/07/2013 at 4:50 pm - Reply

    aku putri duyung lho,cantik lagi,hahaha

    • john sastro 18/07/2013 at 8:38 pm - Reply

      Mau dong sama yg ngku putri duyung xixixixi….

  8. kk winando 11/07/2013 at 10:42 pm - Reply

    Itu Putri duyung khayalan para pelaut yg kesepian berbulan-bulan dilaut lepas tanpa ada wanita sekalipun.jd wajar mereka mengkhayalkan seorang putri dilaut.

  9. M.FaizVbgr 12/07/2013 at 8:24 am - Reply

    berarti duung itu keberadaan’nya sama dengan alien ya?

  10. MaFsa 12/07/2013 at 8:32 am - Reply

    Wallahualam :D
    Coba telusuri samudra, laut antara Ind-Ausi ..
    :D
    pst ada jwbnnya :D
    hihihi

  11. REZA 12/07/2013 at 12:32 pm - Reply

    Mungkin Putriduyung itu Jin kayak nya,,

  12. Petuah 12/07/2013 at 3:21 pm - Reply

    Kenapa kita musti berdebat masalah putri duyung atau hal mitos lain nya, bagi anda yang percaya silahkan percaya, tapi bagi anda yang tidak percaya ya gak apa-apa.
    Selama kepercayaan kita itu tidak merugikan orang lain saya rasa itu sah-sah saja.
    Nikmati suatu bacaan itu sebagai hiburan dan pengetahuan, bukan sebagai perdebatan.

    Wassalam

  13. ANITA 12/07/2013 at 3:28 pm - Reply

    aku sih percaya-percaya aja,
    karna gak ada yang gak mungkin di dunia ini ^_^

  14. kartolo 22/07/2013 at 2:36 pm - Reply

    kl mnrt gw cerita “putri duyung itu sama aja dng cerita “ufo”.
    hanya untuk perdebatan, tp bukti nyata gak prnh ada.
    betul gak om, tante sekalian?

  15. rony 28/07/2013 at 6:47 am - Reply

    putri duyung itu memang ada, yg hidup di laut di alam siluman…

  16. Kuniie 28/07/2013 at 11:49 pm - Reply

    Tidak ada yg tidak mungkin, Kunn fayakunn

  17. gigy 30/07/2013 at 9:50 pm - Reply

    Saya prcya putri duyung itu ada..
    Mereka itu adanya hnya di alam yg brbeda sja, mungkinn ^__^

  18. faisalnst 09/08/2013 at 12:54 am - Reply

    kalau ada putri duyung berarti putra duyung juga ada donk..

  19. indriyani lamanasa 09/08/2013 at 1:07 pm - Reply

    emang nya putri duyung itu
    benar2 ad, atw ngak yach,,?

  20. putrie 09/08/2013 at 1:40 pm - Reply

    ga ada asap kalo ga ada apinya gan…
    begitu jg kisah putri duyung,
    sy percaya itu ada,
    mgkin mreka hanya ingin sembunyi dari kita…

  21. arri 10/08/2013 at 2:29 pm - Reply

    tidak ada yang tidak mungkin,apabila allah berkehendak maka terjadilah

  22. Su1cider 04/09/2013 at 3:34 pm - Reply

    Aku sih percaya saja gan..!! soalnya dahulu kala seorang nabi bisa membelah laut, dan banyak keajaiban
    masih banyak hewan” lainnya yang kita anggap aneh atau mutasi..
    padahal emg kitanya yang gak mengetahui

  23. kleper berot. 15/09/2013 at 2:57 pm - Reply

    gk ada yg gk mgkn cb bka di you tube ketik aja putri duyung ada tuh tp yg sdh mati trdampar!!!!!!!!!!!! gini aja diributin berpendidikn gk sih?! kl mrsa pintar ckp djdkn bacaan aja ngapain ddebatin hal yg gk ptg pke bawa2 agama lageeee…….

  24. ferrari ut 17/09/2013 at 10:58 pm - Reply

    saya putra duyung, karena saya duyung cowok yang tampan

  25. andon 24/09/2013 at 3:58 pm - Reply

    @Didit, setuju sama ente Bro. Belum tentu yang memprediksi Putri Duyung itu ada berarti dia mengingkari Qur’an. Masih banyak hal didalam ayat-ayat suci Al-Qur’an yang belum kita gali lebih dalam lagi. Sampai saat ini belum ada yang membantah secara ilmiah video penampakan Putri Duyung di Animal Planet yang diabadikan oleh seorang peneliti didalam sebuah kapal selam. Yah moga-moga aja nantinya terpecahkan kebenaran video tersebut benar atau engganya

  26. Ezra Siorasi 07/12/2013 at 2:31 pm - Reply

    menurut ane putri duyung (mermaids) itu orang2 yg tidak ikut masuk ke dalam Bahtera Nuh saat air bah melanda bumi.
    yg muslim pasti tau kan kisah nabi Nuh…

    nah mermaids itu adalah manusia2 yg tidak masuk ke bahtera nuh..mereka tenggelam dan berubah menjadi manusia setengah ikan.

    jika kita mengambil logika,adam dan hawa memiliki rupa yg elok..
    maka pasti keturunan’a pasti juga elok..
    nah manusia jaman nuh kan pasti keturunan adam hawa..
    mereka adalah manusia2 awal yg lebih elok dari manusia sekarang..
    itulah alasan mengapa putri duyung (mermaids) sangat cantik..

    ini menurut ane… :v

  27. Ony prianti 12/12/2013 at 11:03 am - Reply

    yg bener mana sih…? putri duyung tu sbnarnya, ada apa kaga…?

  28. Veronica 17/12/2013 at 8:32 pm - Reply

    putri duyung itu pasti ada :)
    soalnya ngak ada yg nda mngkin di dunia ini . jadi percya percaya ajalah :D

  29. rio.banderas 17/12/2013 at 11:24 pm - Reply

    semua masih misteri benar tidaknya putri duyung itu ada apa hnya donggeng,suatu saat pasti terbukti…

  30. intan 19/12/2013 at 7:03 pm - Reply

    Ealaahhh… la kok podo tukaran. percoyo opo ora wes lah menengo ae. sok mben podo weruh dewe. seng kuoso seng bertindak

  31. Elizabeth 23/12/2013 at 12:24 pm - Reply

    putri duyung itu ada.
    kalau nggak ada, mana mungkin sampai manusia gua purbakala itu menggambarkan sosok puteri duyung di gua mereka?
    yah, walaupun kita juga nggak bisa memungkiri kalau bisa aja ada manusia purbakala yang iseng nggambar manusia yang setengah ikan… *tapi masa iya mereka seiseng itu? :sa

  32. elmuz 30/12/2013 at 2:37 am - Reply

    putri duyung benar2 ada,,,,, masuk akal kan??? dr jaman purba saja udah dikenal sama manusia purba kok…. mnurut saya,mungkin saja dulu ada mnusia yg kawin sama ikan,n kbtulan itu jenis ikan yg gen nya co2k dgn gen manusia,,,, hehehe

  33. rafin 30/12/2013 at 7:37 pm - Reply

    saya sih gk akan terlalu percaya kalau gk ada bukti yang jelas !!! karna semua itu hanya asumsi seperti kisah naruto itachi diasumsikan kakak yang jahat kpd sasuke padahal kan nggak kayya gitu !!! jadi intinya kita tidak boleh terlalu cepet percaya karena kita hanya dibodohi oleh sebuah berita yang tak ada faktanya ????( -_-!) gw ngomong nya dah OK ya gan ????

  34. shanaz salsabila 01/01/2014 at 12:48 pm - Reply

    menurut ku aku percaya dengan duyung…
    duyung itu pasti ada.tapi kalau suatu saat nanti ada duyung mudah mudahan duyung nya baik
    karena aku percaya duyung itu ada dan pasti ada :)
    di dunia ini mungkin ada jasat duyung tapi tidak ditemu kan……….

  35. shanaz salsabila 01/01/2014 at 1:13 pm - Reply

    aku comment lagi ya

    “bahwa ada banyak dunia atau pun alam,tapi yang kita yakini alam ada 4 yaitu alam kandungan,alam dunia,alam kubur,dan alam akhirat……:)
    tapi mungkin juga putri duyung menpunyai alam juga yang sama seperti manusia …….

    ‘putri duyung jalan jalan dong kealam kita’
    tp ada sarat nya kamu datang ke dunia harus membawa kabar yang baik dan keadaan yang baik’ ok :0

  36. devi purnama 23/01/2014 at 5:31 pm - Reply

    saya percaya banget ada putri duyung , tapi di alam mimpi aja yaaaaaaa

    :)

  37. Fania 28/01/2014 at 3:09 pm - Reply

    hanya allah lah yg tau ada apa gx nya.. :)

  38. emi 30/01/2014 at 6:31 pm - Reply

    itu hanya allah yang tau ada atau gx nya putri duyung i2,,,,, di dunia ini gx ada yg gx mungkin jika di kehendaki allah,,,
    :)

  39. vidia MheoNg 01/02/2014 at 6:36 pm - Reply

    putri duyung itu bnar bnar ada,,sama halnya dgan nyi roro kidul,,it jga bnar bnar ada,,hanya saja kta berada di alam yg berbda,,
    kta manusia dgan sgala kterbtasan tidak smua manusia bsa mlhat makhluk yg tdk sealam dgan kta,,

  40. Dyyahpeand the Offenners 21/02/2014 at 12:43 pm - Reply

    Knp siihh duyung itu menjadi tanda tanda tanya.

  41. kerreenn 13/03/2014 at 10:59 pm - Reply

    Ea putri duyung itu betl ada, q prnah liat gan,, waktu q selesai mancing naik perahu,, teman q duyung2 terus perahuny smpai k darat jdi q prcaya klo duyung itu ada

  42. dalifah 14/04/2014 at 2:29 pm - Reply

    Putri duyung itu juga manusia.

  43. shubhan hasfi 14/05/2014 at 11:58 pm - Reply

    bagi yang mepercayai adanya putri duyung, saya mo nanya. klo mang putri duyung tu ada, dia digolongkan kpd manusia atau ikan, jika digolongkan kpd manusia, apa pula agama meraka dan bagaimana cara ibadah mereka…?

  44. Mirza Nabila 17/06/2014 at 6:34 pm - Reply

    Hanya tuhan yang mengetahui karena Allah lah yang menciptakan bumi dan isinya

  45. baruno 23/07/2014 at 3:18 pm - Reply

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Gak ada putri duyung . Kalau ada dia itu berkoloni dan berkembang biak sperti makhluk hidup lainya .. Bahkan ikan paus pun yang hidup nya di kedalaman laut ± 1500-3000m aja secara berkoloni dia keluar ke permukaan utk mengambil oksigen dan berkembang biak,, kalau benar adanya putri duyung itu sejenis mamalia atau amfibi ? Dan kenapa hanya mengilustrasikan sosok perempuan(putri duyung) tentunya kalau makhluk hidup kan berpasangan ??.. Ya kita bahas utk di alam ndunya aja ya ,, kalau utk kekuasaan alloh kan bukan hanya di alam kita aja .. Nah kalau putri duyung di alam yang berbeda mgkin ada pengecualian..karena jin dan syetan bisa merubah wujud2nya sesuai dgan khayalan dan hasrat seorang manusia..

    Wassalammu’alaikum wr wbrokatuh

  46. leo 25/08/2014 at 8:32 pm - Reply

    klo menurut saya pertama klo pun putri duyung/mermaid itu ada.dia masuk dalam golongan jin/setan.karna jin/setan bisa berubah apa saja sesuka mereka.nah kemunculan2 ato video penampakan tentang mereka.bisa saja salah satu cara untuk membuat qta saling bermusuhan..saling benci.liat aja contohx comentx ada yg pro dan kontra.klo pun ada yg mengatakan menemukan jasadx..zaman skarang apa aja bisa dibuat ma manusia.ya jadi bisa saja ulah manusia..kedua bisa jadi tanda2 akhir zaman.salah satu tanda akhir zaman keluarx binatang2 aneh dari dalam bumi

  47. nagita slavina mariana tengker 31/10/2014 at 2:00 pm - Reply

    gw jg prcaya ngga ada yg ngga mungkin di dunia ini kuuun fayakunn

  48. laksmi dewi19 13/11/2014 at 7:59 pm - Reply

    Gw percaya mereka ada kalo gak ada pun juga gak apa karena kalo hal yg kayak gini ada bukti sejarah gw masih percaya (itu sih gw kalo yg lain gk tau)

Leave A Response