Share

Misteri Batu Merah Delima

Neomisteri – Batu berwarna merah menyala ini kerap menjadi buruan utama para kolektor batu. Bukan saja karena keindahannya, tapi juga karena khasiat yang tersimpan dalam batu ini. Batu ini kerap disebut dengan nama Mirah Delima atau Merah Delima.

Sebagian kalangan menyebut batu jenis ini adalah batu Rubi (berasal dari bahasa latin, ruber: merah). Mirah Delima atau Rubi dianggap menjadi satu dari empat batu permata bernilai tinggi. Tiga jenis batu lainnya adalah Safir, Zamrud dan Intan.

Penamaan Merah Delima atau Mirah Delima tersebut tentu saja berdasarkan warna alami yang dimiliki batu tersebut yang bervariasi antara merah darah hingga merah muda. Seperti buah delima. Warna merah ini disebabkan oleh kurangnya kromium dalam kristal.

Harga Rubi ditentukan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah warna alami yang dimilikinya. Jika batu Mirah Delima memiliki warna merah terang seperti darah merpati (pigeon’s blood), maka harganya akan mahal ketimbang Batu Mirah Delima lain yang berkualitas sama.

Selama berabad-abad lamanya, lembah Mogok di Myanmar (Burma) telah menjadi penghasil utama batu Mirah Delima atau Rubi di seluruh dunia. Wilayah ini telah menghasilkan batu Mirah Delima atau Rubi kualitas terbaik yang pernah ada.

Bahkan beberapa tahun terakhir, di lembah Mogok semakin sering ditemukan batu Mirah Delima atau Rubi berkualitas tinggi yang memiliki warna darah merpati (pigeon’s blood).

Selain di Myanmar, Mirah Delima atau Rubi juga ditemukan di sejumlah negara lain seperti Thailand, Kamboja, India, Afghanistan dan di Pakistan. Begitu pula di Tanzania, Madagaskar, Vietnam, Nepal, Tajikistan dan Pakistan.

Tidak hanya di benua Asia, Mirah Delima atau Rubi juga kerap ditemukan di beberapa negara bagian Amerika Serikat. Seperti Montana, Carolina Utara, Carolina Selatan dan Wyoming. Untuk di wilayah Eropa, Mirah Delima atau Rubi juga ditemukan di kota Prilep, Republik Makedonia.

Keyakinan Masyarakat Asia Terhadap Batu Mirah Delima

Batu Mirah Delima atau Rubi menjadi salah satu batu permata yang memiliki tempat istimewa di kehidupan masyarakat Asia sejak dahulu kala. Mirah Delima atau Rubi kerap digunakan untuk hiasan di ornamen baju zirah, hiasan sarung pedang dan perhiasan spesial bagi bangsawan di India dan Cina.

Rubi juga dipercaya memiliki tuah keberuntungan bagi sang pemilik. Sehingga tidak heran, bangsa Asia memiliki kepercayaan memasang Mirah Delima atau Ruby di bawah pondasi bangunan untuk mendatangkan nasib baik untuk struktur bangunan.

Bagaimana dengan di Indonesia? Masyarakat Indonesia percaya Mirah Delima atau Rubi memiliki beraga kekuatan supranatural bagi si pemilik. Keistimewaannya diantaranya adalah bisa menjadi pengobatan berbagai penyakit, pemilik bisa menjadi ahli supranatural handal hingga menjadi tameng bagi serangan yang zohir maupun bathin.

Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia juga percaya Mirah Delima atau Rubi dihuni oleh makhluk ghaib yang tidak kasat mata. Inilah yang membuat Mirah Delima atau Rubi memiliki beragam kesaktian. Sehingga batu jenis ini tidak bisa sembarangan untuk diperjualbelikan.

30 Comments on this Post

  1. It’s actually very complicated in this busy life to listen news on TV, thus
    I simply use the web for that purpose, and obtain the most recent news.

    Reply
  2. mas udi satria sejati

    Aku suka batu mirah delima kalau ada tolong informasikan sama saya, saya mau kalau asli

    Reply
  3. salbilla

    Batu merah delima bkn kek gt keles bentuk ny…manx bnr ad khasiat ny…tp yg asli hny para wali n sesepuh goib yg bs memiliki…

    Reply
  4. charlys

    Saya rasa tergantung yg makai nya

    Reply
  5. Percaya gak percaya Gan,tp kl memang benar adanya.Mudah mudahan batu punya saya termasuk merah delima yang asli, btw kl sama propil di atas sama banget.

    Reply
    • salbilla

      Ivan…asal tw ya…batu merah delima bentuk ny bkn sprt itu…lbh mirip buah delima..bkn bulet2 begitu

      Reply
  6. iwan gendeng

    ?

    Reply
  7. daniel jakarta

    sy punya batu mulia ruby merah darah seberat.60.30 ct sy mau jual minat hubungi :087877954002

    Reply
  8. Sulistyo Wardoyo

    di Tailan batu ruby biasa saja harganya antara Rp 50 000- sampai Rp 150 000 kok di Indonesia jadi maskot terbaik lucu ya

    Reply
  9. saat ini kebetulan saya berada di yangon, myanmar. saya juga punya merah delima yang ada bintangnya ( star ruby ). kalau saya perhatikan bagi orang myanmar batu merah delima hanyalah batu perhiasan saja, mungkin karena di myanmar sangat banyak batu merah delima , dari yang harganya cuma sekitar 50000 rupiah sampai yg berharga ribuan dollar. apalgi batu giok, sangat banyak di pasar bogyoke, malahan orang dari china, thailand dan jepang mencari giok sekarang ke myanmar

    Reply
  10. Batu bata Juga bagus gan.. warnanya merah bata.. lebih banyak khasiatnya juga..

    Reply
  11. Semua nya atas ijin Alloh swt, batu apapun nama nya tidak akan ada manpaat ny kalau kita menyekutukan nya,( ALLOH SWT )

    Reply
  12. kya gtu adanya gila harta rendah iman.. jdnya sombong…

    Reply
  13. muhamad wildan

    Alloh menciptakan sesuatu itu berpasang pasangan, siang malam, pagi sore, dzohir batin, nyata ghaib, dll

    Reply
  14. kalo orang bule paling2 cuma tau buat hiasan aja kalo gak ya dijual lagi pastinya kan orang bule baru tau kalo dikasih tau hahahahaha…….

    Reply
  15. orang bule tau kasiat nya gak ya?

    Reply
  16. gw percaya 1000% klo pakai batu cincin bisa bikin tambah ganteng….ha.ha.ha.ha..
    itulah rahmat dari ALLAH..
    perhiasan memang diperuntukan sebagai penghias lahiriah kita..
    kalau ada yg plus, itulah sebagian dari kebesaran ALLAH, tapi ingat jangan jadi musrik.. semua atas kehendak ALLAH..

    Reply
  17. aq punya juga jenis batu ini ,. tapi mestika merah delima ,..yg di rendam dalam gelas berisi air putih ,… maka air tsb jdi merah sampai 3 deretan gelas

    Reply
  18. hati-hati saat ini banyak yang dipalsukan

    Reply
  19. Saya suka memakai cincin batu giok atau lainnya sebagai hiasan di jari karena keindahan dan ada sunahnya. Hanya yang saya pegang keyakinan bahwa:
    “Makhluk tidak dapat memberikan manfaat atau mudharat kecuali ijin Allah.”

    Reply
  20. m.yasin

    apakah kita harus percaya dengan sebuah batu…? apapun itu bentuknya…!

    Reply
    • Jika manusia mau brfkir n merenungi dg semua ciptaanNya… Pastilah ia akan percya bhwa dlm stiap apa apa yg diciptakannya mempunyai kegunaan[manfaat] bg smw ummatNnya khsusnya manusia.. n bgi manusia yg tidak percya dg hal tsbt brarti hrus bnyk2 blajar dg ttng kekuasaannya..

      Reply
  21. wow amazing sekali infonya…memang merah delima termasuk batu mewwah sepanjang masa

    Reply
  22. Idhu Geni

    saya “main” batu sejak umur 11 tahun di Banjarmasin….sampai sekarang ini menurut saya mirah delima yg istimewa adalah yg pernah dipake alm.Adam Malik (wkt jadi Wapres). warnanya,ukurannya,gosokannya, embannya,semua serasi,pas&indah.

    Reply
  23. Artikel ini sebagai pengetahuan saja…, jangan sampai ini menjadikan lemahnya iman kita…,thx to infonya…gan…!!!

    Reply
  24. citro oto

    itulah rahasia tuhan ,juga kehidupan kita ini. semua yg ada di jagat raya ini adalah rahasia TUHAN .

    Reply
  25. Pretty section of content. I just stumbled upon your blog and in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently fast.

    Reply
  26. Hi just wanted to say that I like your article very much. Please keep up the good posts Thanks a ton! and Have a good day

    Reply
  1. [...] Misteri Batu Merah Delima [...]

Leave a Comment