Prabu Siliwangi, Raja Sakti dari Tanah Pasundan

Prabu Siliwangi, Raja Sakti dari Tanah Pasundan

Neomisteri – Bagi masyarakat Sunda atau Jawa Barat, siapa yang tidak mengenal nama Prabu Siliwangi. Raja Pajajaran yang identik dengan Harimau Putih itu dikenal sebagai salah satu raja sakti yang pernah dimiliki oleh negeri Pasundan (Jawa Barat). Nama Prabu Siliwangi sendiri sesungguhnya adalah nama lain dari Pangeran Pamanah Rasa.

Dalam Kitab Suwasit, dikisahkan bahwa Pangeran Pamanah Rasa merupakan putra mahkota dari Prabu Anggararang yang menguasai Kerajaan Gajah. Pangeran Pamanah kemudian melanjutkan kepemimpinan ayahnya, Prabu Anggararang sebagai Raja gajah.

Di tengah memimpin kerajaan gajah, Prabu Pamanah Rasa kerap mengembara ke sesuatu daerah. Di dalam salah satu pengembarannya, Prabu Pamanah Rasa dihadang oleh siluman Harimau Putih di hutan yang terletak di daerah Majalengka. Pertempuan pun tidak terelakkan.

Prabu Pamanah Rasa dan Siluman Harimau Putih yang diketahui memiliki kesaktian tinggi itu pun bertarung sengit. Namun kesaktian Prabu Pamanah Rasa berhasil memenangi pertarungan dan membuat siluman Harimau Putih tunduk kepadanya.

Dengan tunduknya siluman Harimau Putih, maka meluaslah wilayah kerajaan Gajah. Prabu Pamanah Rasa pun selanjutnya mengubah nama kerajannya menjadi kerajaan Pajajaran. Yang berarti menjajarkan atau menggabungkan kerajaan Gajah dengan kerajaan Harimau Putih.

Siluman Harimau Putih beserta pasukannya selanjutnya dengan setia mendampingi dan membantu Prabu Pamanah Rasa. Salah satunya kala kerajaan Pajajaran menundukkan kerajaan Galuh. Siluman Harimau Putih juga turut membantu Prabu Pamanah rasa saat kerajaan Pajajaran diserang oleh kerajaan Mongol.

Seiring meluasnya wilayah kerajaan Gajah, Prabu Pamanah Rasa kemudian membuat senjata sakti yang kini menjadi lambang propinsi Jawa Barat, yaitu Kujang. Senjata itu berbentuk melengkung dengan ukiran harimau di gagangnya. Ukiran harimau di gagang Kujang konon sebagai pengingat terhadap pendamping setianya, siluman Harimau Putih.

Kapan Prabu Pamanah Rasa menggunakan nama Prabu Siliwangi? Nama itu dipakai setelah dia memutuskan untuk memeluk agama Islam sebagai syarat menikahi Nyi Ratu Subanglarang yang merupakan murid dari Syaikh Quro.

Dan dari rahim Nyi Ratu Subanglarang lah lahir seorang putra yang dinamakan Pangeran Kian Santang yang selanjutnya diberi gelar Pangeran Cakrabuana. Selain itu, Nyi Ratu Subanglarang juga melahirkan seorang putri yang diberi nama Rara Santang.

Rara Santang kelak diketahui menjadi ibunda salah satu wali dari sembilan wali di Indonesia. Yaitu Syarif Hdayatullah atau biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

Bagaimana selanjutnya kisah Prabu Siliwangi? Prabu Siliwangi sendiri tidak diketahui akhir hidupnya. Banyak yang meyakini jika Prabu Siliwangi bersama siluman Harimau Putih menghilang dan memindahkan kerajaan Pajajaran ke alam Gaib.

45 Comments

  1. Idhu Geni 24/04/2013 at 2:17 am - Reply

    ma’af admin…gambar diatas ini versi siapa ya….kalo menurut saya wajah Prabu Siliwangi itu tidak begitu….sekali lagi ma’af……

    • Neo Misteri Admin 24/04/2013 at 2:10 pm - Reply

      itu hanya salah satu lukisan yang coba menggambarkan wajah Prabu Siliwangi. Mungkin saja wajah Prabu sesungguhnya tidak seperti itu.

  2. husna afifah 20/06/2013 at 9:55 am - Reply

    bagaimana dgn kakaknya rara santang

  3. brochai 20/06/2013 at 12:59 pm - Reply

    wajahnya kan kayak yang MNCTV itu ya, heheheeh

  4. brochai 20/06/2013 at 1:00 pm - Reply

    lebih mirip orang jawa daripada orang sunda gambarnya

    • didik 25/06/2013 at 8:15 pm - Reply

      sunda juga masih di jawa

      • Bubun 25/12/2013 at 9:10 pm - Reply

        Jawa, Sumatera, Sulawesi, dst… itu masih di Sunda. Silahkan baca Sundaland, greater Sunda, paparan Sunda, della Sonda, Sonte, dst… Sunda = Indonesia.

  5. didik 25/06/2013 at 8:19 pm - Reply

    cerita-cerita seperti ini sudah mulai tidak dihiraukan oleh anak-anak kita, sebaiknya diperbanyak dan di dramantisir agar anak-anak senang membacanya

  6. Dim 30/06/2013 at 10:40 pm - Reply

    ..lukisannya kok mirip aktor WD. Mochtar ya? klo kisah/sejarah byk simpang siur ya.. versi lain yg byk “dipercaya” itu Putra 2 & Putri 1 –> Walangsungsang (a.k.a. Cakrabuana / Mbah Kuwu Sangkan), Rara Santang (ibunda Syarif Hidayatullah / Sunan Gunung Jati) & Kian Santang.

  7. Iqbal Putra 12/07/2013 at 8:19 am - Reply

    Yg saya tahu, Walangsungsang itu sama dengan Kian Santang/Pangerang Cakrabuana. Adiknya Rara Santang dan seorang putra lagi, namun tidak banyak dibahas.
    Prabu Siliwangi yg saya tahu moksa di suatu bukit, lalu kepemimpinan Pajajaran dilanjutkan oleh putranya dari Ratu Kentring Manik Mayang Sunda yg bernama Surawisesa.

  8. Nurut Tasbihul 12/07/2013 at 3:56 pm - Reply

    yang saya tahu anak pertama prabu siliwangi itu yg pertama walangsungsang/pangeran cakrabuana, yang kedua rara santang baru yg terakhir kian santang.

  9. Handy Beler 11/08/2013 at 9:50 am - Reply

    B*tch please, prabu siliwangi itu bukannya ngilang (moksa) kayak yang selama ini dipercaya orang2 tapi saat lagi bertapa di tengah hutan kena serangan jantung terus meninggal, karena lokasi bertapa-nya ga diketahui orang2 nganggep kalo prabu itu ngilang

  10. Kodel 27/08/2013 at 5:50 pm - Reply

    Aduh jadi pengen komen baca ini,,Yang ngak percaya ini coba renungkan cuma pembuktian,,saya aslinya orang Jambi.dan saya sudah lama tinggal di Jakarta,dan saya dapat jodoh(Istri) orang sunda,Kuningan,Jadi sekarang pulang kampungnya kekunigan JawaBarat,suatu saat saya pulang kampung ke Jambi,dan kembali bertemu teman2 lama,singkat cerita ada salah satu teman saya yang kenal paranormal(dukun atw orang pinter lah).nah ini Dukun asli org Jambi,udah tua.Jadi ni dukun ngak pernah kemana2.Trus ini dukun pernah bertemu orang Sunda yang merantau ke Jambi,Waktu itu di daerah saya lagi ribut(rame)ada warga,pendatang juga kalau ngak salah asal daerahnya Lampung yang di terkam Harimau,orang Jambi bilang DATUK(Hariamau).Terus ini Dukun bilang sama Orang Sunda yang ia temui.Bahwa orang Sunda aman tidak akan di terkam Datuk(Harimau) di Karenakan Orang Sunda sudah di TITIPKAN sama PRABU SILIWANGI.Bagai mana bisa ini dukun tau atau pernah denger Tentang kisah Prabu SILIWANGI Sedang dia tidak pernah kemana2.tidak sekolah dan tentu saja tidak bisa membaca,dan orang sunda yang ia temui pun adalah orang sunda pertama yang ia lihat.saya pun penasaran dengan cerita ini dan saya cari orang Sunda yang ia temui,kebetulan dia orang Kuningan dan kampungnya tidak jauh dari kampung istri saya.Saat saya kompermasi cerita ini ke abah(orang yang di maksud)bahwa cerita itu benar adanya,bahwa dia pernah dikasih tau dukun waktu dia merantau ke Jambi bahwa orang SUNDA sudah dititipkan PRABU SILIWANGI,tidak di serang (terkam Datuk)harimau.Cerita ini buaknlah ngarang2 atau nagada2.si abah Yang saya maksud masih ada tapi udah tua,dulu saya masih sering main kerumahnya karena saya biasanya nyambung ceritanya,dia banyak cerita waktu dia merantau ke sumatra.Dulu daerah saya masih belum ada Perkebunan Sawit tidak seperti sekarang yang Hutang sudah habis.ya jadi begitulah tentang PRABU SILIWANGI percaya ngak percaya sih,tapi mungkin sebagian langendanya mungkin benar terjadi.wasalam

  11. iman 21/09/2013 at 2:41 am - Reply

    Begini saudara2…..prabu siliwangi adalah turunan ke 12 dari kerajaan Galuh Karangkamulyan dan mustahil menaklukan kerajaan nenek moyangnya….yang ada adalah Pangeran Sang Pamanah Rasa adalah menggabungkan kedua kerajaan antara kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh menjadi Pajajaran yang pada akhirnya kerajaan ini berkembang pesat beserta kerajaan bawahan-bawahannya. Adapun siluman harimau putih adalah mahluk ghaib terdekat yang setia pada sang Raja. Anak Pertama Adalah Rd. Walangsungsang kemudian Rarasantang dan yang terkenal adalah Rd Kian Santang mereka adalah anak dari Permaisuri Ratu Subanglarang sedangkan anak dari Selir Ratu Kentring Manik (yang masih sepupu) yang selalu bertindak kontroversi adalah Rd. Surawisesa yang agak temperamental (karena masih kanak-kanak) yang masih berdarah Galuh dari Kerajaan Galuh Kawali.

  12. wawan 08/11/2013 at 6:09 pm - Reply

    maaf ya….spy distorsi sejarah tidak terus terjadi posting2 semacam ini agar diseleksi. darimana sumber yang mengatakan pamanah rasa berasal dari kerajaan gajah ? di Tatar Sunda tdk ada nama kerajaan gajah. Perlu diketahui bahwa Pamanah rasa adalah putera prabu Anggalarang, cucu dari Prabu Niskala dan Cicit (buyut) dari Prabu Lingga buwana (yang gugur di Bubat) raja dari Sunda Kawali. Selanjutnya Pamanah rasa menyatukan kerjaan Kawali dan Kerajaan Sunda (bogor) setelah menikah dengan Kentring manik Puteri Prabu Susuk Tunggal. Pamanah Rasa adalah Sri Baduga (Sri Paduka) maharaja Prabu Silih Wangi

  13. indra 12/11/2013 at 6:51 am - Reply

    @iman : jangan membelokan fakta sejarah. sejak dahulu permaisuri pajajaran adalah kentring manik, subanglarang adalah selir. fakta sejarah harus di junjung tinggi apa pun sejarah itu untuk menjadi sejarah bangsa.

  14. ronowidagdo 29/11/2013 at 3:11 pm - Reply

    Maaf, tolong semua yg bertindak sbg nara sumber kisah2 tersebut supaya disebut tahun kejadiannya.Lalu adakah apa dan bagaimana kaitannya dengan Tataran Sunda, yang konon merupakan wilayah Atlantis yg legendaris dan yg telah hilang itu. Nuhun sadayana…hahaha…

  15. Richard 30/11/2013 at 5:34 pm - Reply

    harimau Putih namnaya Maung Bodas kali

  16. ade 05/12/2013 at 10:40 am - Reply

    yang saya tahu kerajaan sunda(pakuan) dan kerajaan galuh itu di satukan menjadi padjadjaran. .

  17. azis nur 17/12/2013 at 8:40 pm - Reply

    saudaraku yang Budiman, Prabu Siliwangi itu gelar. dan setahu saya ada Prabu Siliwangi I, Prabu Siliwangi II, Prabu Siliwangi III. sama seperti prabu Brawijaya I, II, III, IV….VIII. nah, yang moksa itu adalah Prabu Siliwangi I.

  18. alan 27/12/2013 at 10:05 pm - Reply

    saya asli bandung & istri asli kuningan
    kalo saya perhatikan cerita di atas,
    ada yang ganjil tuuuuh ceritanya…..
    apa gak pada kebalik???,

  19. abdul haris majazi 08/01/2014 at 9:06 am - Reply

    Sejarah itu penting,tapi tolong ceritanya jangan sampe beda beda…karena kasian dengan anak cucu buyut kita nanti

  20. yosef abdullah 14/02/2014 at 12:06 am - Reply

    sejarah mengenai Prabu Silihwangi dan Padjajaran itu memang bnyak versi nya…baik itu mengenai silsilah Prabu Siliwangi, sampai meninggalnya prabu siliwangi pun tidak ad yang tau pasti…..,yang jelas Prabu Siliwangi adalah salah satu tokoh pemimpin yang bijaksana yang pernah dimiliki di tatar Sunda …

  21. yan chaniago 14/02/2014 at 12:49 am - Reply

    Salam sejahtera buat sahabat semua,,,
    Sya emg org sumtra tpi mslah silsilah ato kisah Siliwangi,,,sdkit- banyaknya sya juga dah tau dri berbagai media.
    Nah disini sya mao nyampein,,, spnjang sjrah siliwangi yg sya fhami itu smsasekali gkda kluar bhasan klo sliwangi prnah masuk islam tpi klo siliwangi Moksa lntran tkut sma krjaan islam yg di pimpin ma anknya sndiri emg ada,,, coba dehc di pljari gi yg bner msalah sisilah siliwangi di Artikel Babat tanah Pasundan,,,

    Catatan: Sejarah itu penting,tlong jgn salah dalam penjabarannya. Trim’s

  22. riki 18/02/2014 at 11:15 am - Reply

    Cakra buana itu bukan kian santang tapi walangsungsang… Banyak orang salah memyebut tuhhh…

  23. nenk mulyanie 25/02/2014 at 2:25 pm - Reply

    Wangsit siliwangi terbukti benar adanya, akan banyak orang yang mencoba mengungkap sejarah padjadjaran dengan kesombongan dan merasa paling pintar

  24. petruk uda 26/02/2014 at 10:16 pm - Reply

    Makane oj podo so tau re… klw setau aqu cih, justru Prabu Siliwangilah yg islam sebenarnya, si digowo anake, raden kian santang itu islam jadi jadian re… ingat Wangsit Siliwangi re.. sampae saiqi wis terjadi,, tapi ajaran kian santang malah sing di pahami manungso jaman aiqi malah podo pinter keblinger re… he he.. klw aqu keliru yo jaluk di ampuni yo..

  25. herlan gani 03/03/2014 at 12:54 pm - Reply

    ga salah saking cintanya sama rajanya tapi kadang kadang pada ngawur jadi lieur keur anak cucu , ceritanya jadi kaya dongeng dan kartun

  26. Caca urang sunda 08/03/2014 at 11:47 am - Reply

    ,admin

    Cerita ita Fakta realita khdupan dulu . . .

    JANGAN DI KURANG KURANGI ATW di lebih lebihi.

  27. dedi kusnadi 10/03/2014 at 11:00 am - Reply

    jadi lieur euy kerjaan pajajaran/kerajaan2 ldi jawa/banyak selirnya kadang rendey anaknya.jadi susah mencari kemana turunan nya,dan banyak lagi yang ngaku turunan2nya………jadi prabu jin ge lieureun neangan suhunan nana teh……sarua jeung Turunan ataram ge lieureun…heheheheh….

  28. dedi kusnadi 10/03/2014 at 11:06 am - Reply

    Berapa Tingkatan kerajaan sunda yang punya gelar Prabu Silih Wangi,tapi telapak kaki aku cocok dengan ukuran telapak Sribaduga Yang ada di Musium….da aku juga orang sunda….yang cloud.

  29. raden heriana abdi 08/05/2014 at 3:40 pm - Reply

    sri baduga/prabu siliwangi menghilang krn ga mau masuk islam…saya org cirebon istri saya org jalaksana kuningan jd sedikit tau sejarah pajajaran.

  30. sandy 14/05/2014 at 10:17 pm - Reply

    ass.saya orang asli sunda dari garut dekat gunung sancang.sang prabu yg konon menghilang di hutan sancang .sya pun yg begitu dkat dngn TKP tidak tahu pasti sejarah sbagaimana mstinya.apalagi yg hnya mndengar lewat 1000mulut berani menjabarkan.sya hargai smua komen yg positif.tapi jngn brani mnjabarkan jika tidak tahu pasti.

  31. thom 17/05/2014 at 10:48 pm - Reply

    Siliwangi atau siapapun manusia yg prnah ada di muka Bumi gak ada yg nmny hebat smpe terlalu di lebih2kan,pstinya ada jg kekurangan yg justru kdng jg mslh sepele bagi orang yg biasa2 saja.jd semua manusia itu ada kurang ada lebih.

  32. Si kobra 18/05/2014 at 3:39 am - Reply

    Aw aw.. inilah kemisteriusan pajajaran..
    Berbagai pengarang menemukan alur cerita dari sumber yg berbeda2..
    Ya klo kita cuma mendapati kebenaran hanya dari cerita yg tersurat dan tersirat, seumur hiduppun kita ga akan menemukan kebenaranya..
    Beliau adalah Maharaja, yg memiliki keturunan yg dimuliakan..
    Klo org2 yg beecerita mengaku mendapat sumber dari ilmu kegaibanya , namun ia ga berderajat tinggi. Maka kebenaranya hanyalah abu2.. ga hitam ga putih, tapi mencampur aduknya..
    Jangan menyebar ilmu “katanya”, pahami dulu ajaranya sblm mencapai keberadaanya..
    -silih asah
    -silih asuh
    -silih asih
    -silih wangi

  33. sanrais sanjaya 29/05/2014 at 8:49 pm - Reply

    Assalamualaikum warohmatullahitaala wabarokatuh .. , bila saya ingin lebih jauh tau mengenai silsilah dari kanjeng prabu siliwangi .. Kemana saya harus bertanya ? , dan harus kemana ?

  34. Dedeksyaputra 31/05/2014 at 1:01 am - Reply

    Temen2 smua klian jangn sok pande2an apa kalian dah pada lahir waktu terjadi ny jaman sejarah gk kan jngn kan dari jaman sejarah ad dari kalian yg lahir dari jamn merdeka tak ad jg kan sdang kan kisah sejarah kemerdekaan aja ad yg nglawur2 ne jaman sejarah pula jdi jngn pande2an cerita lw dari mulut kemulut tu smua cma bualan,,,cerita tntng sejarah hanya orng2 yg menglamin lah yg tau dan allah swt..ngerti jdi jngn pande2an okay

  35. menyenk poetra 03/06/2014 at 2:08 pm - Reply

    Sampurasun..
    Nyai subang krancang Ɣªήğ sy tw hanya mempunyai 1putra & 1putri
    Yaitu:rd.walangsungsang & nyai rara santang sedngkn rd.kian santang bkn anak dr nyai ratu subang krancang atau pun nyai ratu kentring manik rd.kian santang memang putra prabu siliwangi..
    Tentang maung bodas Ɣªήğ sy tau jg bkn siluman 2punggawa setia prabu silingi itu manusia Śά̲̣ṁ̭̥̈̅̄ά̲̣ sperti prabu siliwangi akn tetapi 2punggawa ity memiliki klebihn Ɣªήğ mampu merubh dirinya mnjdi seekor maung bodAs dan smpai saat ini ϑȋ̝̊̅̄ jadikn simbol kekuatan dr lmbang2 trsebut..

  36. lina 06/06/2014 at 10:02 am - Reply

    Benar sekali, wajah eyang prabu bukan seperti itu. Sangat berbeda.. Ketika beliau tilem, beliau sudah masuk agama islam..

  37. Dedy Siliwangi 06/06/2014 at 11:42 pm - Reply

    Nggak usah merisaukan urusan yg bukan urusan kalian.
    Bagaimana apanya Sejarah Legenda dataran sunda itu ada pakemnya tersendiri..dan itu tetap jadi rahasia dikalangan keturunan/titisan Prabu siliwangi.
    karena dengan bergantinya tahun dan bergantinya masa…kerajaan pajajaran kena prahara meletusnya gunung krakatau…sehingga dengan kesaktiaan Prabu siliwangilah..kerajaan tersebut dipindah di alam gaib …sampai sekarang .

  38. Dedy Siliwangi 06/06/2014 at 11:47 pm - Reply

    Raden kyan santang itu anak ketiga dari ketiga saudara.
    1. walang sungsang.
    2.Rara santang.
    3. Kyan santang
    anak dari subang Larang dengan Eyang prabu Siliwangi.

  39. Dedy Siliwangi 06/06/2014 at 11:48 pm - Reply

    jangan ngawor kalau tidak tau apa-2

  40. _/\_ 27/06/2014 at 8:54 pm - Reply

    Saudaraku semuanya…sejarah jelas itu harus ada faktanya dan ilmiah…tentang prabu siliwangi bagi yg mencarinya akan tahu berdasarkan pemahamannya masing2..itu semua logis bila saudaraku semua mau mencari dan mengumpulkan bukti-buktinya..”huung..ahung..Dinyata tetela teu aya tapi tetela aya dinyatana..Pun sapun…ka gunung2 bakal ka catur,kalebah lebak bakal katincak, batu2 bakal kasebut, kawalungan cai bakal ka ungsi, ..sakabeh bakal dijieun carita tapi carita teu boga saksi

  41. kasnadi adijaya 13/08/2014 at 8:06 pm - Reply

    Saudaraku…..yg sgt mencintai sejarah,sy orang cirebon dgn kedua orang tua kakek dan leluhur saya adalah sunda,tinggal di lingkungan keraton cirebon dari kecil,jadi sedikitnya sy tahu tentang s3jarah prabu diliwangi dan masyarakat sunda,apa yg saudara coment,ada benarnya ada juga salahnya,utk menceritakan disini tdk mungkin,tapi kalau daudara mau tahu yg srbenarnya silhkan baca buku tentang babat tanah pasundan atau babad tanah cirebon.justru yg menjadi misteri sampai sekarang adalah kemana istana pajajaran yg sangat luas dan megah itu,padahal kerajaan pajajaran dan cirebon adalah masih sejaman,kakek fan cucu itu masih bisa tinggal satu atap,begitupun siliwangi dan sunan gunung jati.kerajaan cirebon sampai sekarang masih berdiri kokoh,harusnya kerajaan pajajaran pun masih berdiri kokoh.memang kerajaannya dihilangkan secara ghaib oleh kian santang,tugas ilmuwan dan ahli sejarahlah yg harus mengungkapkannya.kemana dan dimana istana pajajaran berada.

  42. achsan 11/09/2014 at 11:32 am - Reply

    dari pada koment gak jelas ..tonton saja filmnya di MNC TV ..
    selesaikan..gtu aja kok repot..(gus dur )

Leave A Response