Kisah Mistis Batu Kalimaya

Kisah Mistis Batu Kalimaya

Neomisteri – Batu ini menjadi salah satu jenis batu yang cukup digemari oleh para penggemar atau pengkoleksi batu mulia. Perpaduan aneka warna yang terkandung di dalam batu tersebut membuat batu jenis ini memiliki daya tarik tersendiri. Masyarakat Indonesia mengenal jenis batu ini dengan nama  batu Kalimaya. Sementara masyarakat internasional lebih mengenal jenis batu ini dengan sebutan batu Opal.

Ada perbedaan pendapat terkait asal usul nama Opal. Sebagian kalangan meyakini nama Opal diambil dari istilah Romawi, Opalus. Mengacu kepada istri Saturnus dan dewi kesuburan yang bernama Opalia. Pendapat lain mengatakan penggunaan nama Opal berasal dari bahasa Yunani, opillos yang memiliki dua makna.

Makna pertama berarti melihat. Dan makna kedua adalah ‘sesuatu yang lain’ atau ‘perubahan’. Penggunaan nama ini tentu mengacu kepada karakteristik batu ini yang kerap mengalami perubahan warna jika terpapar cahaya. Namun, ada juga pendapat yang mengatakan nama Opal berasal dari bahasa sanskerta, Upala.

Batu Kalimaya Hitam

Kepercayaan asal nama Opal dari bahasa Sanskerta mengacu kepada catatan Romawi sekitar tahun 250 SM. Awalnya batu ini diketahui memiliki nama yang bermacam-macam dan baru dibakukan penggunaan nama Opal setelah 250 SM. Dalam catatan tersebut diketahui Opal didatangkan oleh pedagang Bosporus yang mengaku memasok Opal dari India.

Opal atau Kalimaya memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dari batu permata lainnya. Struktur internal yang unik membuat batu Kalimaya lentur terhadap cahaya dan memancarkan aneka warna. Warna yang terkandung di batu Kalimaya biasanya warna putih yang dikombinasikan dengan warna abu-abu, merah, oranye, kuning, hijau, biru, magenta, mawar, merah muda, batu tulis, zaitun, cokelat, dan hitam.

Kalimaya yang memiliki perpaduan warna merah dan hitam merupakan jenis yang langka. Sedangkan Kalimaya yang memiliki perpaduan warna putih dan hijau merupakan jenis yang umum dan sering ditemukan.

Hingga kini Australia masih menjadi pemasok terbesar batu Kalimaya. Negeri Kanguru itu memproduksi 97 persen dari pasokan Kalimaya dunia. Kota Coober Pedy di Australia Selatan merupakan sumber utama dari Opal Kristal. Lahan Mintabie Opal yang berjarak 250 km arah barat laut dari Coober Pedy juga telah menghasilkan jumlah besar dari Kalimaya Kristal dan sejumlah kecil Kalimaya Hitam.

Beragam jenis Kalimaya juga ditemukan di sejumlah daerah di Australia seperti diantaranya di Andamooka, Lightning Ridge di New South Wales dan Queensland bagian barat. Sementara di Meksiko kerap ditemukan jenis Kalimaya Api.

Selain Australia dan Meksiko, sejumlah negara di belahan dunia juga diketahui menghasilkan batu Kalimaya seperti di Republik Ceko, Slowakia, Hungaria, Turki, Indonesia, Brasil, Honduras, Guatemala, Nikaragua dan Ethiopia. Pada akhir 2008, NASA bahkan mengumumkan telah menemukan endapan mengandung Kalimaya di planet Mars.

Tuah Batu Kalimaya di Mata Masyarakat

Batu Kalimaya Api

Sejak abad Pertengahan, bangsa Eropa percaya batu Kalimaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Pasalnya, Kalimaya dianggap memiliki semua keistimewaan di setiap batu permata yang diwakili oleh aneka warna yang terdapat pada Kalimaya.

Namun sejak tahun 1829, kepopuleran batu Kalimaya menurun lantaran sebagian masyarakat meyakini batu jenis tersebut bisa menimbulkan malapetaka dan nasib buruk hingga kematian. Keyakinan itu mengacu pada cerita tragis seorang bangsawan wanita yang selalu memakai batu Kalimaya yang memiliki kekuatan supranatural.

Ketika batu miliknya terkena cipratan air suci, segera batu Kalimaya miliknya berubah menjadi batu kasar dan sang bangsawan tidak lama berselang meninggal. Kisah yang disampaikan dari mulut-ke mulut itu berimbas pada penjualan batu Kalimaya yang anjlok di Eropa. Kanepercayaan ini terbawa hingga saat ini dan terus berkembang dengan menganggap batu Kalimaya merupakan perwujudan mata setan.

Bagaimana dengan di Indonesia? Masyarakat Indonesia juga memiliki dua pandangan yang berbeda terkait batu Kalimaya. Ada yang mempercayai batu Kalimaya membawa pengaruh baik terhadap pemiliknya. Bahkan batu Kalimaya dipercaya bisa membawa kebahagiaan kepada pemiliknya. Dan suasana hati si pemilik bisa terlihat dari kilap batu Kalimaya yang dimiliki.

Jika bercahaya berarti pemiliknya sedang merasakan kebahagiaan dan jika meredup maka menandakan pemiliknya sedang ditimpa rasa murung.

Namun tidak sedikit juga yang percaya batu Kalimaya hanya membawa nasib buruk. Mereka percaya batu Kalimaya bisa meningkatkan nafsu birahi si pemilik yang membuat pikiran kacau dan mengganggu urat syaraf.

Selain itu, wanita baik-baik dipercaya akan berubah menjadi nakal jika mengenakan batu ini. Masyarakat Cina bahkan menganggap batu Kalimaya bisa mengganggu rumah tangga dan memberi dampak buruk bagi kesehatan pemiliknya.

Ada pula kepercayaan lain yang mengatakan jenis batu Kalimaya Hitam tidak boleh dimiliki oleh sembarang orang. Pasalnya, jika tidak cocok maka batu Kalimaya itu akan membawa bencana bagi pemiliknya. Tapi jika cocok, maka akan membawa kebahagiaan buat si pemilik.

42 Comments

  1. Idhu Geni 24/04/2013 at 2:44 am - Reply

    di Jawa Barat- Indonesia juga ada kok tambang yg hasilkan batu Kalimaya, ada yg hitam,soklat,putih kotor. memang mutunya, kelas kekerasan,warna,kilau tak sebagus yg dari Australia.,

  2. m.yasin 20/06/2013 at 5:04 am - Reply

    bagus bagus kolesinya

  3. gandos 12/07/2013 at 6:51 am - Reply

    apapun bentuknya jikalau itu benda atau hewan..tidak akan ada pengaruhnya{tidak bisa memberi manfaat bagi pemiliknya}.hanya ALLAH.yang maha besar dan maha segala galanya…

  4. obituary 16/07/2013 at 1:01 pm - Reply

    Setuju gw sma gandos

  5. dena 28/07/2013 at 3:43 pm - Reply

    setuju jg ma gandos

  6. gadis 02/08/2013 at 8:22 pm - Reply

    Padahal batunya bagus banget tp mitosnya mengerikan

  7. matwi 16/08/2013 at 10:49 pm - Reply

    jadi penasaran gw…..

  8. neli 19/08/2013 at 8:11 pm - Reply

    bner ga yaa mitos nya….
    tertariik ama yg meraah…

  9. Uj Juhendy 03/09/2013 at 10:40 pm - Reply

    Ada yg butuh kalimaya ada d saya, harga terjangkau, jika mau. Hubungi saya 085224266352

  10. ridwan kakaroto 06/09/2013 at 7:51 pm - Reply

    Harganya kisaran brapa ya gan,,

  11. taqin 26/09/2013 at 7:45 am - Reply

    sesuatu yang bagus belum tentu baik buat kita .

  12. fery 26/09/2013 at 1:00 pm - Reply

    apakah smua batu mitos???????

  13. liam 28/09/2013 at 12:30 pm - Reply

    ..Harganya terjangkau gak boss..klo terjangkau minat jg nii

  14. ISKANDAR 01/10/2013 at 1:21 pm - Reply

    HANYA PERHIASAN SAJA ,JANGAN DIHUBUNGKAN DENGAN HAL-HAL YANG GAIB

  15. Hermon Nawi 06/11/2013 at 9:39 am - Reply

    Setuju sekali dengan pendapat “Gandos” dan “Iskandar”…..!

  16. Antiq 25/11/2013 at 5:08 pm - Reply

    Batu Kalimaya cocok untuk hiasan dan indah kalo yg tdk percaya dgn petuah (khasiat)nya. Bagi yg percaya, kembali lg kpd kekuatan sang Maha Pencipta.

  17. U-Die 30/11/2013 at 12:50 am - Reply

    gw punya tuh batu gituan, boleh nemu waktu maen ke kalimantan dan lumayan banyak juga. tapi ga apa2 tuh… toh lumayan bagus juga, cocok buat dikoleksi..

  18. hasanudin 12/12/2013 at 9:51 am - Reply

    Batu…adalah batu,adapun khasiat dan manfaatnya adalah ALLah yg memberikan,ga ada orng yg memakai batu akan seprti A atau B…..kekuatan hanya milik ALLAh

  19. aiman 30/12/2013 at 8:47 pm - Reply

    Klo gue cuma percaya sma allah dan cuma mengagumi keindahan ciptaan allah, gue ngga percaya batu itu punya khasiat,, menurut gue batu ya batu ngga lebih, dan gue cuma seneng ngoleksi’a

  20. kusuma 10/01/2014 at 3:07 pm - Reply

    Jangan percaya sama mitos.. Pake mah pake aja.. Benda mati gak akan berpengaruh.. Hiasan tetaplah hiasan..

  21. isa 13/01/2014 at 8:48 pm - Reply

    Belive it or not, sesuatu yang dianggap tidak ada bisa ada, demikuan juga dengan opal alias kalimaya, ternyata kalimaya putih bening yang memiliki pancaran cahaya hijau, merah dan kuning lebih membawa keberuntungan

  22. irwansyah 29/01/2014 at 3:01 pm - Reply

    w ada nih kalimaya bening..mau di jual..harga terjangkau..tlp.081315738765

  23. jarot 31/01/2014 at 10:51 pm - Reply

    pada dasarnya batu-batuan alami alias asli buatan alam adalah ciptaan tuhan. dengan segala mitos yang melekat pada benda tersebut, karena itu semua tergantung kepercayaan masing-masing orang. memang terkadang tuhan menciptakan suatu benda yang aneh dengan segala khasiatnya yang kadang memang tidak masuk diakal, sebenarnya tuhan telah membuktikan kekusaanya dengan cara tersebut dan manusialah yang harus berfikir secara cerdas agar bisa mengerti tentang kebesaran sang ilahi. dan untuk jenis batuan yang katanya memiliki khasiat tertentu seperti Kalimaya , sebenarya saya percaya kalau ada khasiatnya karena itu batuan alami yang memiliki energi secara alami pula , dan masing-masing orang boleh memiliki pendapatnya sendiri. karena itulah anggaplah sebagai hadiah dari alam yang diciptakan Tuhan untuk manusia agar digunakan sebaik-baiknya dan bijaksana karena segala sesuatunya berasal dari tuhan maka bilamana batuan tersebut membawa khasiat tertentu entah keberuntungan dll, maka berterimakasihlah kepada tuhan yang maha memberi. Sekian … semoga semua memahami

  24. iimalfred 15/02/2014 at 2:11 am - Reply

    Semua itu Bagaimana badan & pikiran kita,. Benda lain hanya sebatas perantara,. Selebih’nya kuasa اَللّهُ sang pencipta. #cah cilacap.

  25. laura 21/02/2014 at 4:07 pm - Reply

    sugesti aja kalau mind set udah terpikir pasti ada bencana ya udah beneran aja.
    maka positif thinking aja be happy always.

  26. wakhid 19/03/2014 at 7:49 pm - Reply

    klw q setuju sama jarot dan iimalfred..sebenarnya kita jangan menutup mata akan semua manfaat2 batu2 alam yg ada,krn memang semua yg ALLAH ciptakan dimuka bumi ini pasti ada manfaatnya…nah umpama klw ada batu yg dipakai bermanfaat untuk pengobatan, maka bersamaan dngn hal trsebut ALLAH memberikan manfaat kpd batu tsbt sbg salah satu obat atau yg bermanfaat bagi kesehatan bahkan sembuh dr penyakit yg diderita si pemakainya jika ALLAH meridhoi.

  27. Shinbey 28/03/2014 at 3:29 pm - Reply

    Jika kita berfikir secara logika sangatlah mungkin bila batu atau benda alam lainnya bisa memiliki kekuatan atau energi. Jika benda mati buatan manusia saja ada yg bisa menyimpan energi (misalnya batrei dan magnet), apalagi yang buatan Tuhan?! :)

  28. udin 06/04/2014 at 9:48 pm - Reply

    setiap ciptaan Allah tdk ada yg mubazir … smua ada hikmahnya …

  29. mada 15/04/2014 at 10:59 am - Reply

    Apa apa yg diciptakan oleh ALLOH SWT tidaklah sia sia pasti ada manfaatnye hanya manusianye saja yg belom mendalami dan memahami apa manfaat serta kegunaan selain yg telah kita ketahui.

  30. djamal 16/04/2014 at 1:21 am - Reply

    buat nambah koleksi, barang kali kalian ada yang minat, Kalimaya Banten ; warna permatanya putih bening, warna kilapnya merah biru hijau orange.
    ikatnya aloy.
    cuma 400rb
    085713185758
    salam, by djamal dari Tegal

  31. Khumrotun 22/04/2014 at 11:51 am - Reply

    Saya jual perhiasan dari monel, cincin, lionti ,anting, giwang,gelang (kombinasi batu kalimaya, giok,onik, mata kucing).
    yang berminat bisa email ke saya, harga terjangkau.
    khumrotunrois@yahoo.com
    Cilacap

  32. jay 26/04/2014 at 2:36 am - Reply

    jual batu jambrud brazil harga terjangkau minat hub:089629681992

  33. cris 20/05/2014 at 4:54 pm - Reply

    nyari kalimaya yg harganya terjangkau

  34. andie 24/05/2014 at 2:44 pm - Reply

    Saya jg punya batu kalimaya,klo emang mengandung mistis seperti a bilang dan b,percaya ga percaya?
    Klo percaya sm ALLAH SWT

  35. Ojan 30/05/2014 at 4:25 am - Reply

    Kayak nya semua agama pun tau?ttp yg hak maha kuasa tu allah,tp yg di hawatirin si pemake nya jga nih(jadi sgt pede dgn otomatis lebih sendiri)maf kawan2 itu hanya keluhan sendiri.

  36. uwa banten 01/06/2014 at 1:19 am - Reply

    hidup jaroot

  37. osama 01/06/2014 at 11:19 pm - Reply

    Sangat penting bagi kita untk mengenal dan memahami macam macam batu yg mnurut kita unik dan indah.namun jngan krena ke unikan dan keindahan nya mnjadikan batu trsebut di pcaya mmiliki keajaiban shingga menyesat kan kita.

  38. soddiq 08/06/2014 at 2:52 pm - Reply

    الْحَمْدُللّهِرَبِّالْعَالَمِينَ Gan saya punya satu Batu Cincin Kuyang Yakut Kalimaya warna putih polos N tembus pandang dalam nya ada serat” Emas

  39. boyfrendso 09/06/2014 at 10:26 pm - Reply

    Kalimaya indah dipakai,membuat daya tarik seseorang.,,itu manfa`at baiknya,,kalau yg buruknya,,,jika tertelan,,dilempar kekaca tetangga,,hahahahhhh

  40. isom 19/06/2014 at 11:58 am - Reply

    la haulawalaquataillabillah

  41. roby 19/06/2014 at 2:22 pm - Reply

    sorry gan ane numpang jualan..ane ada batu kalimaya neh tp msh berbentuk batu belum dbentuk or potong ane bingung mau jual ny dimana..kalo ada yg berminat hub ane aj y gan 087871379444

  42. afanbram 17/07/2014 at 10:51 pm - Reply

    kl mnurt gw si.. Keindahan mutlak dr alam, kt cm menikmati nya aja.. / kalau di kaitkn dngn crta mistik sh mungkn udah bagian hidup nya brakhir spt itu gan.. Maha besar allah dngn sgala ciptaan nya amien..

Leave A Response