Ketika Anugerah Berubah Menjadi Malapetaka

Suka artikel ini, bagikan:

Neomisteri – Film garapan sutradara Pang Bersaudara yang dirilis pada tahun 2002 ini bisa dianggap sebagai salah satu film terbaik genre horor yang diproduksi di Hongkong. Berbagai ketegangan dibangun dalam film berjudul The Eye (Penglihatan) yang berdurasi sepanjang 98 menit ini.

Film ini diawali dengan kisah seorang pemain biola klasik Hongkong, Wong Kar Mun (diperankan oleh Angelica Lee) yang mengalami kebutaan sejak usia dua tahun. Menginjak usia 20 tahun, Mun menjalani transplantasi kornea mata setelah menerima sepasang mata baru dari seorang pendonor yang tidak diketahui identitasnya.

Setelah menjalani operasi pencangkokan kornea mata, Mun akhirnya bisa kembali melihat. Penglihatannya yang kembali pulih membuat Mun senang bukan kepalang. Namun di sinilah kisah horor dimulai. Dia kerap melihat sosok misterius. Dimulai dengan bayangan hitam yang dia lihat saat dirinya masih menjalani pemulihan pasca operasi mata di rumah sakit.

Di malam terakhir sebelum diperbolehkan pulang dari rumah sakit, dia melihat sesosok bayangan tampak mendampingi seorang pasien keluar dari ruangan. Dan keesokan paginya sang pasien dinyatakan telah meninggal pada malam hari.

Selanjutnya, Mun terus dihantui penglihatan berbeda dari penglihatan manusia pada umumnya. Seperti saat Mun menyaksikan bagaimana arwah anak kecil meratapi jasadnya yang terbujur kaku usai mengalami kecelakaan lalu lintas.

Begitu pula saat Mun menyaksikan sosok anak kecil berkeliaran di apartemennya. Diketahui sosok itu merupakan arwah anak kecil yang tewas terjatuh dari jendela apartemen.

Berbagai keganjilan yang dialami membuat Mun menemui seorang psikolog, Dr Wah (diperankan oleh Lawrence Chou) untuk mengetahui masalah yang dia alami. Awalnya, Wah enggan mempercayai cerita Mun dan hanya dianggap sebagai bentuk adaptasi pasca kebutaan selama belasan tahun.

Terus diteror dengan ‘kemampuan’ mata barunya itu membuat Mun berusaha mencari tahu siapa pendonor mata yang telah menyumbangkan kornea mata kepadanya. Dibantu Dr Wah yang bersimpati kepada penderitan Mun, pencarian pun dilakukan hingga utara Thailand. Misteri pun akhirnya terkuak.

Film ini sendiri terbilang sukses di pasaran sehingga dibuat sekuelnya The Eye 2 dan The Eye 10. Bahkan film ini dibuat ulang oleh produser film India di tahun 2005 dengan judul Naina. Tidak hanya itu, di tahun 2008 produser film asal Hollywood membuat ulang film itu dengan tokoh utama Mun diperankan oleh bintang seksi, Jessica Alba.

Artikel Menarik Lainnya

Misteri Menghilangnya Agatha Christie Neomisteri - Agatha Christie adalah penulis drama misteri terlaris sepanjang masa. Sudah lebih dari 2 miliar buku karya Agatha Christie terjual di pas...
Menelusuri Kapal Hantu, Queen Mary Neomisteri - Kapal tua Queen Mary yang kini dialihfungiskan menjadi hotel mewah ini diketahui menyimpan kisah angker yang membuat bulu kuduk merinding...
Death Rattle, Fenomena Suara Menakutkan Saat Sekar... Neomisteri - Death Rattle (derik kematian) merupakan sebuah istilah yang umum di dunia medis. Istilah ini mengacu terkait fenomena di mana seorang pas...
Bangsa Viking Prediksi Kiamat Terjadi 22 Februari ... Neomisteri - Kiamat sepertinya menjadi misteri yang paling menarik untuk dibahas, yang bahkan sudah dilakukan berbagai peradaban di masa lalu. Sebelum...
VIDEO: Melihat Rumah Terangker di Amerika Serikat Neomisteri - Amityville 112 Ocean Avenue yang berada di selatan Long Island, New York dianggap rumah paling angker di Amerika Serikat. Hal itu tidak t...

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *