Mutiara, Mustika dari Dasar Laut

Suka artikel ini, bagikan:

Neomisteri – Mutiara merupakan batu permata yang tercipta dalam jaringan lunak moluska hidup. Idealnya, Mutiara berbentuk bulat dan halus. Meski demikian, Mutiara juga memiliki ragam bentuk lainnya. Mutiara biasa disebut dalam bahasa Inggris, Pearl. Ini berasal dari bahasa Prancis, Perna.

Mutiara dengan kualitas terbaik terdapat di alam liar. Dan Mutiara Laut memiliki nilai lebih tinggi dari Mutiara Air Tawar. Namun Mutiara seperti itu jarang ditemukan. Mutiara yang banyak dijual di pasaran adalah hasil budidaya dan berasal dari Tiram.

Mutiara sejak lama dijadikan sebagai perhiasan oleh para bangsawan. Seperti untuk hiasan pakaian-pakaian kerajaan. Tapi Mutiara juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan kosmetika dan obat-obatan. Yaitu dengan cara dihancurkan terlebih dahulu.

Tradisi Hindu mencatat Mutiara pertama kali didokumentasikan di kitab ‘Garuda Purana’. Yaitu salah satu kitab mitologi Hindu. Kitab Ayurveda juga mencatat jika bubuk mutiara bisa menjadi stimulan untuk pencernaan dan bisa mengobati penyakit mental.

Tidak hanya di tradisi Hindu, Mutiara juga kerap menjadi objek perumpaan dalam tradisi Yahudi, Kristen dan Islam. Dalam kitab suci Al Quran, disebutkan jika penghuni surga kelak akan dihiasi dengan mutiara yang indah.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *