Legenda Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul

Legenda Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul

Neomisteri – Salah satu kegenda yang sangat populer di masyarakat kita adalah legenda tentang Nyi Roro Kidul alias Ratu Laut Selatan. Banyak mitos yang sangat kita kenal di masyarakat kita tentang kelegendaan Nyi Roro Kidul. Mulai dari mitos larangan memakai baju hijau ketika berenang di laut selatan hingga kamar keramat di sebuah hotel.

Kapan pastinya legenda Ratu Laut Selatan tersebut mulai terdengar tidak dapat kita pastikan. Bahkan telah banyak pula film yang mengangkat cerita tentang Nyi Roror Kidul ini. Termasuk mengangkat nama artis horor terkenal semacam Suzana di negeri kita ini karena memerankan tokoh ratu alam gaib itu.

Akan tetapi, legenda mengenai penguasa mistik pantai selatan mencapai puncaknya ketaika ada semcam keyakinan di kalangan penguasa keraton Mataram Islam, yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta, bahwa Kanjeng Ratu Kidul merupakan “istri spiritual” bagi raja-raja di kedua keraton tersebut.

Bahkan pada waktu-waktu tertentu, keraton memberikan persembahan di Pantai Parangkusuma, Bantul, dan di Pantai Paranggupita, Wonogiri, untuk sang Ratu. Konon Panggung Sanggabuwana yang terdapat di komplek keraton Surakarta dipercaya sebagai tempat bercengkerama sang Sunan dengan Kanjeng Ratu.

Ketika masa bercengkrama, pada saat bulan muda hingga purnama Sang Ratu tampil layaknya wanita muda dan cantik. Akan tetapi, berangsur-angsur menua dan buruk ketika bulan menuju bulan mati.

Bagi masyarakat Jawa, Kanjeng Ratu Kidul memiliki seorang pembantu setia bernama Nyai atau Nyi Rara Kidul. Kadang-kadang ada juga orang yang menyebutnya Nyi Lara Kidul. Nyi Rara Kidul ini menyukai warna hijau dan  banyak yang percaya kalau dia suka mengambil orang-orang yang mengenakan pakaian hijau untuk dijadikan pelayan atau pasukannya.

Oleh karena itu ada larangan mengenakan pakaian hijau bagi pengunjung pantai wisata di selatan Pulau Jawa, baik di Pelabuhan Ratu, Pangandaran, Cilacap, pantai-pantai di selatan Yogyakarta, maupun Semenanjung Purwa di ujung timur.

Sementara, bagi masyarakat Sunda, Ratu Kidul merupakan titisan dari seorang putri Pajajaran yang bunuh diri di laut selatan. Putri tersebut bunuh diri karena diusir oleh keluarganya. Dia diusir karena menderita penyakit yang membuat malu anggota keluarga.

Akan tetapi, dalam kepercayaan Jawa, tokoh yang dipercayai masyarakat Sunda tersebut dianggap bukanlah Ratu Laut Selatan yang sesungguhnya, melainkan Nyi Rara Kidul, pembantu setia Kanjeng Ratu Kidul. Hal ini karena mereka percaya jika Ratu Kidul berusia jauh lebih tua dan menguasai Laut Selatan jauh lebih lama sebelum sejarah Kerajaan Pajajaran.

Menurut Legenda Sunda
Meskipun dalam kepercayaan Jawa, Nyi Rara Kidul adalah bawahan setia Kanjeng Ratu Kidul. Namun, masyarakat Sunda mengenal penguasa spiritual kawasan Laut Selatan Jawa Barat yang berwujud perempuan cantik yang disebut Nyi Rara Kidul sebagai Kanjeng Ratu Kidul. Berikut kisahnya menurut masyarakat Sunda:

Di masa lalu, hiduplah Dewi Kadita, anak dari Raja Munding Wangi, Raja Kerajaan Pajajaran, yang sangat cantik rupawan. Walaupun sang raja memiliki seorang putri cantik, tapi ia selalu bersedih. Hal ini karena ia lebih mengharapkan anak laki-laki. Untuk mewujudkan asanya tersebut, maka Raja pun menikahi Dewi Mutiara, sehingga ia mendapatkan putra dari perkawinan tersebut.

Akan tetapi, Dewi Mutiara ingin agar kelak putranya itu menjadi raja tanpa ada penantang atas takhtanya. Ia pun berusaha menyingkirkan Dewi Kadita. Salah satu caranya adalah dengan menghadap Raja dan meminta agar sang Raja menyuruh putrinya pergi dari istana. Sudah tentu Raja menolak. Namun, Dewi Mutiara pantang menyerah.
Keesokan harinya, Dewi Mutiara mengutus pembantunya untuk memanggil seorang tukang tenung. Dia meminta sang dukun meneluh Kadita, anak tirinya. Maka, karena teluh sang dukun tubuh Kadita dipenuhi dengan kudis dan gatal-gatal pada esok paginya. Puteri yang cantik itu pun menangis dan tak tahu harus berbuat apa.

Melihat penderitaan putrinya tersebut, maka Sang Raja mengundang banyak tabib untuk menyembuhkan penyakit putrinya. Beliau sadar bahwa penyakit putrinya itu tidak wajar. Seseorang pasti telah mengutuk atau mengguna-gunainya.

Namun, masalah menjadi semakin rumit ketika Ratu Dewi Mutiara memaksa Raja untuk mengusir putrinya karena akan mendatangkan kesialan bagi seluruh negeri. Sang Raja terpaksa menyetujui usul Ratu Mutiara untuk mengirim putrinya ke luar dari negeri itu karena beliau tidak menginginkan puterinya menjadi gunjingan di seluruh negeri.

Puteri yang malang itu pun pergi berkelana sendirian, tanpa tahu kemana harus pergi. Hampir tujuh hari dan tujuh malam dia berjalan sampai akhirnya tiba di Samudera Selatan. Dia memandang samudera itu. Airnya bersih dan jernih, tidak seperti samudera lainnya yang airnya biru atau hijau. Tiba-tiba ia mendengar suara gaib yang menyuruhnya terjun ke dalam Laut Selatan. Dia melompat ke dalam air dan berenang.

Tiba-tiba, ketika air Samudera Selatan itu menyentuh kulitnya keajaiban pun terjadi. Bisulnya lenyap. Tidak ada tanda-tanda bahwa dia pernah kudisan atau gatal-gatal. Bahkan dia menjadi lebih cantik daripada sebelumnya. Kini dia memiliki kuasa dalam Samudera Selatan dan menjadi seorang dewi yang disebut Nyi Rara Kidul yang hidup selamanya.

Dalam cerita tersebut kawasan Pantai Palabuhan Ratu secara khusus dikaitkan dengan legenda ini.

Menurut Legenda Jawa
Orang  Jawa mengenal sebuah istilah “telu-teluning atunggal” yang artinya tiga sosok yang menjadi satu kekuatan. Yaitu, Eyang Resi Projopati, Panembahan Senopati, dan Ratu Kidul. Panembahan merupakan pendiri kerajaan Mataram Islam.

Dalam sebuah tiwikrama sesuai arahan Sunan Kalijaga karena sebuah wangsit untuk membangun sebuah keraton di sebuah hutan ‘alas mentaok” (kini Kotagede di Daerah Istimewa Yogyakarta) Panembahan Senopati dipertemukan oleh Ratu Kidul.

Ketika sedang bertapa tersebut,  menurut cerita semua alam menjadi kacau, ombak besar, hujan badai, gempa, dan gunung meletus. Dalam perjumpaannya dengan Ratu Kidul, wanita penguasa laut selatan tersebut setuju membantu dan melindungi Kerajaan Mataram. Bahkan dipercaya menjadi “istri spiritual” bagi Raja-raja trah Mataram Islam.

Bagi orang Jawa, pemahaman tentang penguasa laut selatan yang berkembang di masyarakat Sunda harus diluruskan. Bagi mereka  antara “Rara kidul” dengan “Ratu kidul” sangat berbeda. Dalam kepercayaan Kejawen, alam kehidupan itu terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu alam Kadewan, alam Nabi, alam Wali, alam Menungsa (Manusia), dan yang akan datang adalah alam Adil.

Menurut mitologi Jawa, Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping telu yang mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi alam lainnya. Sementara Rara Kidul merupakan Putri dari Raja Sunda yang terusir karena ulah dari ibu tirinya dan menjelma menjadi sosok penguasa setelah menceburkan diri ke laut selatan.

Oleh karena itu keduanya beda fase tahapan menurut mitologi Jawa.

Pemitosan Ratu Laut Selatan
Berbagai macam ritual dan penghormatan dilakukan orang untuk menghormati Kanjeng ratu Kidul. Di Karang Hawu, Pelabuhan Ratu misalnya, terdapat tempat petilasan (persinggahan) Ratu Pantai Selatan yang sering dikunjungi orang untuk melakukan ritual tertentu.

Komplek  tersebut dikeramatkan oleh penduduk setempat. Terdapat dua ruangan cukup besar dengan beberapa makam yang menurut pandangan penduduk sebagai makam Eyang Sanca Manggala, Eyang Jalah Mata Makuta dan Eyang Syeh Husni Ali. Selain itu juga terpampang gambar sang penguasa Laut Selatan. Bahkan,
Penghormatan atau pemuliaan kepada Penguasa laut selatan juga terlihat di Vihara Kalyana Mitta, kelenteng di bilangan Pekojan, Jakarta Barat.

Selain itu penghormatan terhadap ratu Laut Selatan juga terlihat pada sedekah laut. Masyarakat nelayan pantai selatan Jawa, seperti pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Pangandaran, Cilacap, Sakawayana dan sebagainya, setiap tahun melakukan sedekah laut sebagai persembahan kepada sang Ratu karena menjaga keselamatan para nelayan.

Selain itu, di saat-saat tertentu juga digelar ritual sebagai rasa terima kasih mereka terhadap sang penguasa laut selatan oelh penduduk setempat.

Bukan hanya penghormatan dan ritual yang melahirkan pemitosan terhadap Ratu Kidul. Bahkan ada semacam larangan memakai pakaian hijau ketika berenang di Pantai Selatan Jawa. Peringatan selalu diberikan kepada orang yang berkunjung ke pantai selatan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau, sehingga mereka tidak menjadi sasaran Nyai Rara Kidul yang akan mengambil mereka untuk dijadikan tentara atau pelayannya.

Pada beberapa hotel di pantai selatan Jawa dan Bali pemitosan terhadap sosol penguasa laut selatan ini bahkan nyata tergambar pada kamar yang disediakan khusus untuk Kanjeng ratu Kidul. Di antaranya, kamar 327 dan 2401 di Hotel Grand Bali Beach.

Ketika terjadi kebakaran besar pada Januari 1993, kamar 327 adalah satu-satunya kamar yang tidak terbakar. Dengan keajaiban itu, maka setelah renovasi kamar 327 dan 2401 selalu dirawat, diberi hiasan ruangan dengan warna hijau, diberi sesaji setiap hari, tetapi tidak untuk disewakan. Kamar tersebut khusus dipersembahkan untuk Ratu Kidul.

Begitu pula halnya di Hotel Samudra Beach, Pelabuhan Ratu. Kamar 308 disiapkan khusus bagi Ratu Kidul. Di dalam ruangan ini terpajang beberapa lukisan Kanjeng Ratu Kidul karya pelukis Basoeki Abdullah. Di Yogyakarta, Hotel Queen of The South di dekat Parangtritis mereservasi Kamar 33 bagi Sang Kanjeng Ratu. Inilah sedikit gambaran tentang pemitosan sosok Kanjeng Ratu Kidul di masyarakat kita.

Lihat artikel menarik lainnya tentang legenda di dunia:

Menguak Misteri Keberadaan Putri Duyung

Prabu Siliwangi, Raja Sakti dari Tanah Pasundan

Legenda Si Pitung

Jiangshi, Legenda Vampir Cina

Kuyang, Legenda Siluman Pemangsa Janin di Kalimantan

Kisah Atlantis yang Melegenda

Legenda Kota Emas El Dorado

 

91 Comments

  1. didik 25/06/2013 at 8:51 pm - Reply

    saya dengar beberapa tahun yang lalu menurut para orang yang mengerti sudah habis masa kekuasaan nyi roro kidul

    • jabrix 06/08/2014 at 6:47 pm - Reply

      Belom diadakan pemilu kali bang

  2. PROBO JATI 27/06/2013 at 9:43 pm - Reply

    mas didik dia msh ada tapi skr jd ratune penipu n simbol cwek panggilan

  3. andjar febrian 29/06/2013 at 4:03 pm - Reply

    allahualam,saya pernah bertemu ratu pantai selatan dan anak buah’a,biarpun secara tidak lngsung ..tpi saya p’nah ngmg sama salah 1 anak buah kanjeng ratu kidul ..

    • uchenk 12/07/2013 at 8:56 am - Reply

      kebanyakan nonton film kartun sich kamu

  4. apiu 29/06/2013 at 4:11 pm - Reply

    Terlalu banyak kt dengan cerita2 Nyi roro kidul yang jelas skrg ini aku punya batu bentuknya liongtin di dalam batunya ada sosok Nyi roro kidul.

  5. krisna 29/06/2013 at 6:54 pm - Reply

    yg penting jangan terlalu percaya sama yg g2an ntr musryk…hakekat nya percaya sama allah swt….

  6. PROBO JATI 29/06/2013 at 9:49 pm - Reply

    ya bagi yg mmg pernah kom dgn dia apa yg dia ucapkan ketika dia dtg trus yg bil dia baik knp smp dia rame dgn penguasa Mekkah ada lg kejelekan sifatnya ketika ada org yg dia sayangi berbuat salah ke kt pasti dia nutupi tp saat kt berbuat salah sm org yg dicintai pasti dia akan menghukum org itu dgn seenak udele ada lg saat kt rame sama dia n kt buka kesalahannya pasti dia melarikan diri kyk pengecut

  7. pintar 02/07/2013 at 11:34 pm - Reply

    aduh masih aj berkutat di pemikiran gitu sekarang kan kita muslim,, jadi mereka tu jin,, ga ada kaitan dewa,, orang mati dsb,, jin yang membikin kita keluar dr jalur akidah islam,, pake sesajen segalan,, sini mana sesajen nya gw makan,,

  8. kartika putri 09/07/2013 at 11:45 am - Reply

    gw sieh percaya karena dlm islam kita harus percaya hal yg gaib itu memang ada

  9. fadli 09/07/2013 at 5:32 pm - Reply

    ratu….?? cuma salah satu ratu dajal yg beasal dari bangsa jin..
    sungguh terlalu perlakuan orang2 yg percaya dan yakin sama ratunya dajal yg mengaku ratu pantai selatan…
    ingat segala rizky , keselamatan, kesehatan diberikan oleh ALLAH bukan ratu pantai selatan….!!!

  10. Tisna Hermawan 11/07/2013 at 1:00 pm - Reply

    bunda ratu selatan beda dgn nyi roro kidul. sy dpt mustika merah delima, dr bunda ratu selatan

  11. angel 11/07/2013 at 2:54 pm - Reply

    bohong lahhhhh

  12. arfanus 11/07/2013 at 4:22 pm - Reply

    siapa yg mau buktikan omongan kalian itu ngawur ? jika tidak tau jangan asal ngomong ….. mau ikut aku kekamar yg tertulis diatas ????? mari kita buktikan omongan kalian ……

  13. dewi 11/07/2013 at 11:12 pm - Reply

    qw sj wktu terjdi kebakaran rumah,tnpa sadar masih dlm tidur aq selamat walau cumak sekedar mimpi bertemu kanjeng loro kidul

  14. wisnu 11/07/2013 at 11:50 pm - Reply

    Hotel Yang DI tempati ….Salah Satunya Ada di surabaya tepatnya di Gang NdoLLi

  15. rilo kuncoro 12/07/2013 at 12:02 am - Reply

    kita harus lestarikan legenda in tapi tak ada salahnya kita itu percaya. Jin hidup seperti manusia dia berkembangbiak,makan,bercanda,tertawa,dll. kita jangan ganggu kalo tak ingin diganggu.

  16. istie aulia 12/07/2013 at 4:59 am - Reply

    gw sih kaga tau :)

  17. yuan 12/07/2013 at 5:05 am - Reply

    Apa gunanya berdebat klu qta percaya Al Qur an,Jaman udah tua… skr jangan cari masalah tp cari surga aja…..baca baca ayat ayat Al Qur an

  18. intan fan dinii 12/07/2013 at 6:25 am - Reply

    ngapain jga prcya sama HaL yG sprti itu
    itu semua hanya cerita doank,biasa jga di pgil dongeng buat pengantar anak” tidur

  19. rahman 12/07/2013 at 6:47 am - Reply

    ciuuss?

  20. dicka 12/07/2013 at 7:46 am - Reply

    hehehe.. tapi kenapa harus diceritakan sebagai wanita?? lha trs yang laki-laki seperti kita, dimana? hehe, nuwun

  21. MaFsa 12/07/2013 at 8:01 am - Reply

    Haduh” .. Emng sih qt wajib buat prcya sama yg Ghaib .. Namun alangkh lbih baikny kepercayaan itu tdak ditmbahi dgn Bumbu” pnyedap
    yang ujung”ny mngarah pd hal yg Musyrik
    inget kawan dosa yg engk bisa diampuni oleh Allah adalah “Menyekutukannya”
    dia dijuluki pemilik pantai selatan, kalau Allah pemilik mana?? nah loo, pilih mana .. Ratu kidul yg pnya stu kekuasaan aj .. Atau Allah, Dzat yg memiliki sgala-galanya :D
    trs buat nelayan yg ngasih sesajen .. hmm .. mnding uang e buat membeli sembako atau apa yg lbih brmnfaat dirumah .. untuk kluarga jeh .. dr pada dibuang di laut .. nelbok kabehh .. malahn dimakan ikan, wkwkwk (kasihno aku ae, aku yo glem rek, gawe buka ntr magrib) hehe, peace
    kita didunia itu cukup percya sm yg mnciptakan kita, Allah S.W.T. Allah bersama kita dn akan melindungi hambanya yg brsrh diri dn slalu bertwakkal kpadaNya.
    Allahu Akbar ~ :)

  22. kejawen 12/07/2013 at 8:52 am - Reply

    kata guru sayaa ……..
    .
    . heemmmmm
    ,,, anuu ,,,

    .
    ah apa yaaa ,, lupa saya ,,,,
    hehehe
    .. gk jdi !!!!

    . gak usah tegang kawan soal ngeributin gituan
    semua orang itu punya keyakinan masing masing
    . dan setiap orang itu pasti beda pemikirannya

  23. uchenk 12/07/2013 at 8:55 am - Reply

    ini ma bohong aja. hari gini masih percaya si hijau itu sama aja boong. ini tidak benar hanya fake.

  24. Sendita 12/07/2013 at 9:23 am - Reply

    Kalo menurut gw sih ya,, mitos itu juga patut di pelajari.”hanya di pelajari” biar kita ngerti…dan di yakini kebenarannya.agar kita lebih berhati-hati.
    bukan sebagai tempat pemujaan.soalnya dari yang gw liat sekarang.orang yg percaya sama mitos gituan tuh.malah meminta dan berdoa dengan membawa sesajen.kalo menurut gue letak kesalahannya disitu.

  25. jimbo 12/07/2013 at 12:54 pm - Reply

    engak ada ratu2..
    engak ada jin2..
    engak ada kanjeng2..
    engak ada eman2 (preman)..
    ata mua!…. (dibabat habis semua)

  26. jun 12/07/2013 at 2:24 pm - Reply

    itu ada lah putri duyung ….setengah manusia dan setangah ikan….mereka memiliki istana di bawah laut….dan memiliku ajian MALIHRUPA
    ada mantra nya untuk memanggil pasukan nya…. kalau di mesir kuno di sebut ANUBIS

  27. juhhh 12/07/2013 at 4:08 pm - Reply

    buat yang gak percaya silahkan asal mulutnya dijaga jangan ngomong sembarangan seenak udelmu dewe nanti kalo didatangi langsung ngompol dicelana dalam lagi kapok malahan hahahaha…..
    buat yang punya mustika atau yang lainnya mohon dipergunakan sebaik-baiknya atau untuk membantu sesama manusia dan jangan melanggar pantangannya….

    • angel clara 21/07/2014 at 3:03 pm - Reply

      mending lo smua percaya sma gw..drpd debat gk jelaass

  28. EVA 12/07/2013 at 5:12 pm - Reply

    alaahhh udahlah yaa,, mending banyak” beristighfar. terus puasanya tuh loh dibenerin :D
    daripada debaaattt terus ga selesai-selesai ;)
    ♫♪♫( ´▽`)

  29. Probo jati 13/07/2013 at 12:27 pm - Reply

    ya buat yg gak percaya klau dia itu penipu n mau menang dewe hub 087859231708 atau klau ada yg mengaku dr keturunan dia tanyakan knp dia dikalahkan penguasa gaib di Mekkah n tanyakan jg knp klau org yg dia pilih berbuat salah ditutupi tp klau ada org yg berbuat salah ke org yg dia pilih pasti dibuat celaka apa itu yg byk disebut org2 baik,adil,welas asih

    • anwar 15/04/2014 at 3:42 pm - Reply

      cangkemu cok

  30. Zian 18/07/2013 at 1:43 pm - Reply

    Buka puasa, berapa menit lagi yaaa?

  31. sanuji 19/07/2013 at 1:41 pm - Reply

    percaya dengan kekuasaan allah segala sesuatunya hanya pada allah
    itu cuma cerita jangan terlalu percaya dan jangan terlalu di besarkan apalagi diagungkan disebut penguasa pantai selatan dunia dan isinya ini adalah ciptaan allah swt.dan allah lah sang penguasa segala

  32. Pingkuns 25/07/2013 at 9:55 pm - Reply

    Ini hanya mitos, jadi wajar ada yg percaya dan ada yg tidak. Kalo saya percaya saja. Karena Allah SWT bisa menciptakan apa saja selain manusia. Walaupun saya percaya, tapi saya tidak membesar-besarkan masalah ini. Terima kasih :3

  33. cuphliz 02/08/2013 at 3:05 pm - Reply

    klo pkek baju ijo mandi dilautan ma kna dinalar, klo pakai baju ijo tenggelem ntar team sar susah nyariinnya kan ganggang, rmpt laut pokoknya tumbhan karang notabenya ijo jadi bingung sulit bat nyariin orang ygg tenggelem tadi h h h h h ,
    Jin itu ada memiliki kekuatan untuk menipudaya manusia , dan ALLAH maha segalanya ,, mikirnya nyantai aj

  34. Ari 11/08/2013 at 1:59 pm - Reply

    Segala sesajen sajenan,itukan musrik.kita tuh harus percaya sama allah,bukan kepada jin,MEMANG INI TUH MITOS,DAN SEMUA ORG BERHAK MEMILIH,JADI,BOLEH PERCAYA BOLEH GX,TERSERAH KEPERCAYAAN MASING2

  35. Ari 11/08/2013 at 1:59 pm - Reply

    Segala sesajen sajenan,itukan musrik.kita tuh harus percaya sama allah,bukan kepada jin,MEMANG INI TUH MITOS,DAN SEMUA ORG BERHAK MEMILIH,JADI,BOLEH PERCAYA BOLEH GX,TERSERAH KEPERCAYAAN MASING2

    • anto 03/01/2014 at 10:56 am - Reply

      Bro, sekarang gak perlu pakai sajen2an lagi, cukup transfer aja ke rekening lewat atm…………wkwkwkwkwk

  36. paramu rimeput 15/08/2013 at 10:20 am - Reply

    sebagian ada yang percaya silahkan gak percaya ya silahkan gak usah pada ribut. yang jelas cerita ini memperkaya budaya indonesia

  37. anggi 18/08/2013 at 9:58 pm - Reply

    Probo jati@ maaf y sbelumnya . Kalao anda tdk percaya ama adanya bunda ratu kidul silahkan itu hak anda . Tp tolong etikanya di jaga donk bicaranya . Ini forum lho. Msalah stu ngatain penipu, simbol wanita nakal, lalu ada certa di kalahkan dgn penguasa mekkah? Saya tanya skg, lantas penguasa mekkah yg mana yg bagaimana dan siapa namax dan apa ikatan sodara dgn anda lantas menceritakan hal tersebut LANGSUNg ke anda pribadi???? Gak tho??? Saya yakin certa soal di kalahkan penguasa mekkah itu anda dpt jg dri org lain beritax….. G mungkin lah beliau penguasa mekkah ntu ngomong sndiri ke anda? Emangx anda pernah menginjakkan kaki ke  اَللّهُ itu ( mekkah ) ???? Klo di lihat dri tatakrama berbicara anda . Cocokx masuk sekolah tata krama saja dlu baru ke mekkah.
    Gini lho intix jgn membabi buta nge jugde tokoh legenda yg dmna anda saja mungkin belum di lahirkan legenda itu sdh ada . Think smart. Lebih baik tau tpi simpan untuk sndiri dripada SOK TAU lalu heboh berkoar2.

    Untuk yg ngakux pernah ketmu bunda ratu lalu dpt pusaka . Ada baikx tdk usah di umbar di forum karna hanya akan menimbulkan PRO dan KONTRA atas individu2 yg pemikiranx sempit. Sekali lgi think smart.

  38. PROBO JATI 18/08/2013 at 11:04 pm - Reply

    wah semua dibohongi sm ratune penipu

  39. PROBO JATI 20/08/2013 at 10:51 pm - Reply

    Anggi@ matur sembah nuwun buat kritiknya krn anda gak pernah alami pasti anda akan bela dia secara gak lsg cb anda alami kejadian yg gak mengenakkan spt aku pasti anda jg bgt n yg pasti klu anda bs berkomunikasi dgn dia tanyakan lsg ttg yg aku bil n anda pasti jg gak pengen to org lain susah krn ulah dia.

  40. DANY 21/08/2013 at 10:22 pm - Reply

    aku ingin bertemu.

  41. KANJENG RATU KIDUL 21/08/2013 at 10:27 pm - Reply

    BANTULAH AKU.

  42. DANY JEPARA 21/08/2013 at 10:39 pm - Reply

    HUBUNGI WHATSAP DI +601118539327

    ingi bertemu kanjeng ratu,
    ada hal yg ingin aku tanya.tks

  43. abi_tea 27/08/2013 at 7:40 pm - Reply

    gini dh, sungguh ada nya ratu mah walohualam, bisa ada bisa engga, yg pasti kan kalo ada juga bukan manusia pasti nya, jadi ya hati2 aja nyikapi nya, bener jangan sampe musrik minta apalagi nyembah. Yg mereka (mahluk selain manusia dan malaikat) ingin kan itu bukan sesajen yg kita suguh kan, tp rasa kepercayaan itu yg mmbuat mreka puas, emang nya makanan nyata sama makanan goib sama kitu?! . Istighfar ah !

  44. abi_tea 27/08/2013 at 8:00 pm - Reply

    gini dh, sungguh ada nya ratu mah walohualam, bisa ada bisa engga, yg pasti kan kalo ada juga bukan manusia pasti nya, jadi ya hati2 aja nyikapi nya, bener jangan sampe musrik minta apalagi nyembah. Yg mereka (mahluk selain manusia dan malaikat) ingin kan itu bukan sesajen yg kita suguh kan, tp rasa kepercayaan itu yg mmbuat mreka puas, emang nya makanan nyata sama makanan goib sama kitu?! . Istighfar ah ! .

  45. bedul 13/09/2013 at 9:11 pm - Reply

    Mas2 & mba2 g usah pada ribut….
    -Ada malaikat
    -Ada jin
    -Ada Manusia
    Semua punya tugas / misi masing2…..
    Yg penting kita jgn ikujtin setan…..

  46. ratukiara 17/09/2013 at 9:40 am - Reply

    semua pada ribut gak jelas, tapi tolong jangan ngomong sembarangan, apalagi sombong,, nanti bisa tau sendiri akibat nya kalo orang sombong…

  47. ika 18/09/2013 at 2:23 pm - Reply

    bunda Ratu..

  48. Melly Doo Lele 29/09/2013 at 10:12 am - Reply

    Smuanya kmbli ke diri kita masing2….
    Mw percaya atau tdk kan haknya se2orang…
    Yg pntng jgn luntur kepercayaan pd TYME…

  49. endriyanto 03/11/2013 at 6:59 am - Reply

    wah yang jelas yang ngarang ceritanya itu pintar memanfaatkan kondisi medan yang ada di sekitar kita kaya legenda tangkuban perahu sampai sekarang orang percaya pada cerita itu padahal cuma cerita .

  50. Keong Balap 05/11/2013 at 1:19 pm - Reply

    omong ama eong aja

  51. Irwan K 07/11/2013 at 10:52 am - Reply

    anak saya perempuan Indigo bisa melihat alam gaib.mengaku selalu didampingi Ratu lidul dan wali songo.ketika terjadi gempa besar di Padang thn 2009 dia tahu, kami duduk depan rumah pas terjadi cukup lari kedepan melihat kejadian gempa dasyat banyak rumah runtuh.Rumah kami tdk runtuh, retak tdk dijumpai! katanya rumah dijaga ibu Ratu..Wallahu alam Allah akbar.

  52. aditya alfatah surya alam 07/11/2013 at 2:59 pm - Reply

    Ehm…..ceritanya bagus

  53. aditya alfatah surya alam 07/11/2013 at 3:18 pm - Reply

    Lebih mantap lagi kalau tau cerita aslinya… Jd kita bisa tau siapa dia,,,dan knp banyak yg menganggap dia jelek kelakuannya,,,cerita yg beredar hanyalah sebagai cerita untuk penghantar kita tidur,,,,jd ngak usah di perdebatkan,,,kita sama sama mahluk ciptaan dr ALLAH,,,,memang paling gampang mencari kesalahan orang lain dr pada kesalahan diri sendiri…tx

  54. devy nasty 17/11/2013 at 9:33 am - Reply

    kenapa harusa ribet sik? yg percaya ya silahkan.. yg enggak ya terserahhh..
    repot amat..

  55. waluyo pribadi 22/11/2013 at 8:37 am - Reply

    orang yg beragama berilmu dan beretika tdk akan berkomentar sembarangan mereka akan selalu menghormati pendapat orang lain

    • Tomy 11/12/2013 at 1:58 pm - Reply

      mau percaya silahkan tidak percaya juga silahkan yg penting tidak saling menghina.. dah gitu aja ya :)

  56. gw merdeka 22/11/2013 at 11:42 am - Reply

    pd kampreet…. lo semua

  57. Enami 25/11/2013 at 9:49 pm - Reply

    ekhmm…. ma’af ya semuanya.??
    sudah sudah yang percaya silahkan percaya dan yang tidak percaya sudah lahh tidak usah d’permasalahkan. pegang keyakinan masing masing, kita akan tahu nanti pada waktunya… ( benar atau tidak .
    ____jika ada kata yang salah, membuat pembaca saya minta ma’af karena manusia tidak lepas dari kesalahan, tetapi jangan sengaja mencari kesalahan.
    _____assalamualaikum wr wb.

  58. putra 28/11/2013 at 10:27 am - Reply

    Dasar orang orang bodoh kalian.sok ngerti sok tau sok benar.agama aja kamu gak paham mao memahami yang lain.

  59. didin 29/11/2013 at 10:30 pm - Reply

    itu beneran ada gx sich nyi roro kidul

  60. Zeiya 13/12/2013 at 4:39 pm - Reply

    ada tidaknya tergantung keyakinan masing2… yg jelas ALLAH SWT menciptakan mahluk tidak hanya manusia saja…. hati2 pula, untuk yg prnah menemui beliau, pastikan yg menemui anda adalah sejatinya beliau, karena semua mahluk gaib di lautan bisa malihrupa menjadi beliau…

  61. Evan Dwi Dias Wijaksono 14/01/2014 at 3:46 pm - Reply

    Benar mas, saya ini asli jogja DIY, memang benar ada kaitanya dengan artikel tersebut.. kalau ada yang menentang pakai baju warna merah dan hijau akan kena serettan ombak.. makanya setiap kita mau berkunjung ke pantai2 selatan wilayah jogjakarta kita selalu dinasehati kepada orang tua kita agar tidak memakai baju warna hijau dan merah,, semoga dengan nasehat ini kiyta bisa menikmati kuasa ALLOH SWT, dan satu lagi jangan berbicara asal misalnya kepantai pantai wilayah DIY… misalnya berkata ah pantainya jelek jangan gitu..pantai selatan Yogya antara lain, parangtritis, parangkusumo, wdiombo, siung, sadeng, dan masih banyak lagi… di selatan wilayah DIY kabupaten GUNUNGKIDUL YK

    jika ada yang berani menentang silahkan saja… tapi jangan abaikan nasehat ini njih… semoga kita selalu dalam lindungan ALLOH SWT Amin YRA

    salam hormat saya dari YOGYAKARTA DIY

  62. david 03/02/2014 at 2:44 pm - Reply

    nipu

  63. khairudin 12/02/2014 at 12:00 pm - Reply

    apA KATA Lu ajadah

  64. lasmono 01/03/2014 at 10:54 pm - Reply

    Kisah ini kualami saat aku menggembleng ilmu kebatinan dalam perjalanannya seperti ini aku pergi ke istana jogyakarta disn aku melihat sebuah pintu rahasia yg berbentuk goa dan goa itu menuju pantai sselatan aku terkesima melihat pemandangan pantai selatan dipagi hari,tidak begitu lm aku terkaget dengan air yg muncrat keatas dan deras anehnya dari muncratan itu keluar bagunan yg unik ukurannya sekitar 4x4m dan memiliki aatap tp tidak ada tembok hy 4 tiang pondasi sj lalu aku berjalan ke tempat itu sesampaainya di tempat pondasi itu tiba2 tempat yg td aku berada berubah,tau2 aku sdh digandeng 2 org putri cantik dan ramah lalu mereka bertanya tujuanku datang kemari aku jawab mau jalan2 saja dan sy bertanya tempat apa ini dan mereka bilang tempat ini kerajaan ratu pantai selatan lalu sy bertanya dimanakah kanjeng ratu mereka menjawab sedang pergi akhirnya aku diajak jalan2 keliling istana.uniknya tempat itu tidak memiliki tembok semua ditutupi kain berwarna merah dan lantainya semuanya karpet merah lalu aku diajak kesinggasana ratu,aku kagum akan tempatnya singgasananya yg terbuat dr emas dan tempaat duduknya berwarna merah,krn tidak ada ratu akhirnya aku minta diantar keliling istana dan mereka mengajaku ke tempat taman istana,masaallah indahnya taman kerajaan lalu mereka bilang bila aku berkenan boleh tinggal disini lalu aku menjawab tidak dan aku pamit pada mereka dan minta disampaikan salmku pada ratu.setelah itu tau2 sdh ada ditempat tidur g yg bau iler heheeheehe.eh lupa satu lagi ratu orangnya cantik ramah murah senyum bijak baik,kalu ngetik disini panjang nih ceritanya ngalaahin gerbong kereta api hehehehe.salam kenal semuaaaaaa

  65. ADHITYA 17/03/2014 at 12:54 pm - Reply

    nyi roro kidul ntuh… mpok gue tau…. wkwkwkwwkwk

  66. Novi 12/04/2014 at 7:34 pm - Reply

    Hah hari gini ngeributin yg ngak2…..

  67. Diah 23/04/2014 at 8:40 pm - Reply

    I dont care

  68. RÊÎSYÂ 12/05/2014 at 1:52 pm - Reply

    Aduhhhhh pada berisik semua siicchh Dari pada debat terus mendingan kita refresying aja oke

  69. Surya Pratama 13/05/2014 at 9:55 pm - Reply

    kanjeng ratu kidul… klo ada waktu, main donk ke rumah…. hahaahaa

  70. alnes fermana 22/05/2014 at 5:40 pm - Reply

    Jangan saling menjelekan.tida baik.kita harus bersyukur kpd.ALLOH S.W.T.karna kita hidup di dunia bukan Manusia aja.ada juga bangsa yg kita tida bisa dilihat dgn mata kasar?ghaib namanya.nanti klo budaya ini di ambil negara lain siapa yg rugi kita sendirikan yg rugi.biarpun mitos atau dongeng.tapikan asal nya dari negara .R.I.bukan dari negara tetangga,mf yah klo dah lancang sy bikin komen sprti ini.wassalam.

  71. dewa ratenjoy 23/05/2014 at 9:18 pm - Reply

    ea tch takuuuut

  72. Nong pOy 26/05/2014 at 10:47 pm - Reply

    Ichhh
    Heboh Lw semuax?

  73. Wong Cilacap 10/06/2014 at 11:11 pm - Reply

    Kata bapak Q …
    Emang sosok nyai roro kidul tuh ada
    Cerita legenda yang nyata …
    Dalam kisah pemawayangan pun ada di ceritakan ,, kita gak salah untuk mempercayai nya …Mitos atau bukan
    Alam ghaib memang ada ,, Al-qur’an ada menyebut nya ….
    Islam atau bukan ,, kita jua harus saling menghormati ,, yang gak percaya jangan ngomong sembarangan ….
    Agama jangan di bawa” ..kita islam
    Mempercayai atau emang semua ini adalah legenda …kita gak keluar dari ajaran islam ,, jangan bilang kita ini musrik …anda tau kah apa itu musrik ???? …
    Sama halnya dengan sedekah Laut
    Itu acara udah bertahun lamanya di jalan kan …
    Kita bukan menyembah atau menganggungkan Beliau nyai roro kidul
    Tpi smua itu adalah ucapan rasa sukur
    Diberikan keselamatan ..para nelayan di laut di kasih rezeki …
    Kalu gak di jalan kan ?? Wallahu’alam
    Guys …kita boleh beda pendapat
    Akan tetapi kita gak boleh membelakang kan kisah legenda kita ..bukan dongeng sebelum tidur ….
    Buka lah wawasan yang Luas …

  74. Erik Ardian 20/06/2014 at 11:13 am - Reply

    kalem aja. lanjut terus !

  75. gerok 13/07/2014 at 9:06 am - Reply

    Hehehe , wallahu a’lambishowab

  76. Chandra ajh. 21/07/2014 at 6:29 am - Reply

    Hihihi.. Kalian luar byasa?wkwk:D

  77. Ikadek 22/07/2014 at 9:08 am - Reply

    EntahLah .. Menarik juga baca komenannya . lebih menarik Dari artikelnya :) .
    Benar tidaknya Hanya Allah yang tau . :) ..

  78. joel virgo 24/07/2014 at 12:58 am - Reply

    Ah.. Aku mah nonton aja deh

  79. apriliarantii94 02/08/2014 at 4:25 pm - Reply

    Bca commentnya seru bgt :-D

  80. egy sukmana putra 15/08/2014 at 4:33 pm - Reply

    Ah gx ngerti…..

  81. Kadal 21/08/2014 at 11:21 am - Reply

    mereka itu dari bangsa jin, dan tidak memiliki agama… jangan sampe tersesat..kedalam bentuk kesyirikan

  82. bejo 25/09/2014 at 12:56 am - Reply

    minal ilmi… illa kolila… ini bukti akal mengertinya sesuatu hanya sedikit..

  83. ramli 29/10/2014 at 3:44 pm - Reply

    Sy jd bingung…….legenda.a mn yg bener dari jawa/sunda…….rahasia Allah SWT…….dia lah maha pencipta…….

  84. juan 05/11/2014 at 12:02 am - Reply

    Sudah sudah

Leave A Response