Ragam Khasiat Daun Sambiloto

Suka artikel ini, bagikan:

Neomisteri – Sambiloto atau sambilata, ki pait, bidara, andiloto merupakan tanaman yang sangat mudah ditemui di Indonesia, Dan sejak lama tanaman ini dikenal memiliki khasiat untuk pengobatan herbal.

Khasiat paling utama sambiloto adalah untuk melindungi hati dan juga mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal tersebut disebabkan oleh senyawa aktifnya, yakni Andrographolide, menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4).

Tapi setelah diteliti, ternyata masih ada banyak manfaat lain sambiloto. Sejumlah penyakit yang dipercaya mampu disembuhkan oleh tanaman Asia Tropis ini adalah hepatitis, infeksi saluran empedu,disentri basiler, tifoid, diare, influenza dan radang amandel (tonsilitis).

Sambiloto juga dipercaya bisa menyembuhkan abses paru, radang paru (pneumonia), radang saluran napas (bronkhitis), radang ginjal akut (pielonefritis akut), radang telinga tengah (OMA), radang usus buntu, sakit gigi, demam, malaria, kencing nanah (gonore) dan kencing manis (DM).

Tidak hanya itu, Sambiloto juga diyakini bisa menjadi penyembuh untuk penyakit TB paru, skrofuloderma, batuk rejan (pertusis), sesak napas (asma), darah tinggi (hipertensi), kusta (lepra), leptospirosis, keracunan jamur, singkong, tempe bongkrek, makanan laut, kanker: penyakit trofoblas seperti kehamilan anggur (mola hidatidosa) dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas), serta tumor paru.

Seperti dikutip dari herbal-obat.blogspot, berikut ini penggunaan Daun Sambiloto untuk pengobatan berbagai penyakit yang berbeda:

  • Untuk Tifoid, 10 -15 daun sambiloto segar lembar direbus dengan 2 gelas air sampai sisa 1 gelas. Dapat diminum dengan madu 3 kali sehari.
  • Disentri basiler, diare, radang saluran napas, radang paru, herba kering sembiloto sebanyak 9 – 15 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum 2 kali sehari, setengah gelas.
  • Flu, sakit kepala, demam, 1 kg bubuk sambiloto diseduh dengan secangkir air panas. Diminum 3-4 kali sehari.
  • Demam, tumbuk segenggam daun sambiloto campur dengan setengah cangkir air, saring, lalu minum sekaligus.
  • TB paru, daun sambiloto digiling menjadi bubuk. Tambah madu secukupnya lalu diaduk ratadan dijadikan pil berdiameter 0,5 cm. Pil tersebut kemudian diminum dengan air matang. Sehari 2 – 3 kali, setiap kali minum 15 – 30 pil.
  • Kencing manis, setengah genggam daun sambiloto dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 1/4 gelas. Lalu diminum sehabis makan, 3 kali sehari  masing-masing 3/4 gelas.
  • Tifus, ambil 10-15 daun yang direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga air rebusan yang tersisa di perkirakan tinggal 1 gelas lalu diminum air rebusannya.
  • Radang tenggorokan, 10-15 daun sambiloto direbus dengan 2-3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas lalu diminum, dapat di tambahkan dengan 3-5 lembar daun sirih merah.
  • Gigitan ular atau bintang berbisa lain, daun sambiloto dikunyah, airnya di telan dan sisanya di tempelkan pada luka terkena.
  • Malaria, segenggam daun sambilito direbus dengan 4 cangkir air sampai tinggal separuh lalu minum 3 kali sehari setengah gelas.

Artikel Menarik Lainnya

Ajian Penolak Teluh dan Ilmu Sihir Neomisteri – Terkadang kejahatan yang mengancam hidup kita tidak hanya tampak di depan mata saja. Keberadaan ilmu hitam seperti teluh dan sihir di ten...
Fenomena Unik, Hantu Seram Dibully di Indonesia Neomisteri - Fenomena unik terjadi di Indonesia. Sosok hantu seram 'Valak' di film horor Amerika The Conjuring 2 justru menjadi bahan celaan. Terbukti...
5 Tips Menjaga Kemesraan dengan Pasangan Neomisteri - Pernikahan yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun kadang membuat hubungan mesra pasangan mulai luntur yang disebabkan banyak hal. H...
Hutan Ini Jadi Tempat Favorit Bunuh Diri Neomisteri - Kemegahan gunung Fuji sejak lama menjadi simbol dan kebanggaan masyarakat Jepang. Namun siapa nyana, gunung tertinggi di negeri berjuluk ...
Khasiat Badar Besi Neomisteri - Badar Besi menjadi salah satu jenis batu yang kerap dikoleksi para penggemar batu antik. Batu Badar Besi memiliki keunikan lain dari batu...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *