VIDEO: Rahasia Patung Berjalan Easter Island

Neomisteri – Misteri menyelimuti keberadaan ratusan patung raksasa yang tersebar di Easter Island. Patung-patung yang dinamakan Moai itu dibangun oleh suku Rapa Nui yang menghuni Easter Island pada tahun 1250 hingga 1500 masehi.

Tinggi rata-rata ratusan patung tersebut adalah sekitar 4 meter dengan berat rata-rata 14 ton. Yang menjadi misteri adalah bagaimana suku Rapa Nui memindahkan patung-patung yang terbuat dari abu vulkanik tersebut ke seluruh pulau dari lokasi pembuatannya yang terletak di kawah Rano Raraku.

Patung Moai pulau Easter Island 2Patung Moai pulau Easter Island 2

Banyak yang meyakini suku Rapa Nui memindahkan patung-patung tersebut dengan bantuan kekuatan ghaib. Dan tidak sedikit yang percaya itu dilakukan oleh bantuan alien yang datang ke bumi atau kaum raksasa yang menguni pulau itu di masa lampau.

Namun misteri ratusan tahun itu sedikit terungkap pada tahun 2012. National Geographic memaparkan penemuan dua antropologi modern yang mengungkap rahasia sederhana bagaimana membuat patung belasan ton itu berjalan.

Pengungkapan ini berawal dari Terry Hunt yang berasal dari Universitas Hawai dan Carl Lipo dari Universitas Negeri California yang melakukan eksperimen membuat sebuah patung Moai ‘berjalan’.

Mereka dibantu 18 sukarelawan yang menggunakan tiga tali tambang. Dua tali untuk menggeser patung dan satu tali lainnya untuk menyeimbangkan gerak patung. Ajaibnya, patung tersebut secara perlahan bergeser maju.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *