Misteri Raibnya Air Danau Sanica di Bosnia

Suka artikel ini, bagikan:

Neomisteri – Fenomena aneh terjadi di Bosnia. Air danau yang terletak di desa Sanica tiba-tiba raib dua pekan lalu atau sejak 21 November 2013 silam. Alhasil saat ini danau tersebut bak seperti kawah besar yang terlihat menyeramkan.

Fenomena ini mengejutkan warga Sanica. Sebab peristiwa raibnya air danau itu berlangsung cepat. Hingga saat ini, fenomena aneh ini membuat desa yang terletak di barat laut Bosnia banyak didatangi pengunjung yang penasaran.

“Saya sedang duduk di tepi danau sambil menikmati minuman ringan. Kemudian timbul kepanikan, ikan-ikan melompat dan pohon di tepi danau tertarik ke dalam danau bersamaan dengan air yang surut,” kata seorang saksi mata, Hasan Cemal dilansir News.

Danau Sanica memiliki diameter sekitar 20 meter dengan kedalaman delapan meter. Surutnya air membuat danau Sanica Sekarang kini terluhat seperti jurang ‘menyeramkan’. Bahkan semakin lama diameter dan kedalaman danau Sanica semakin bertambah.

Para ilmuwan menilai raibnya air danau secara tiba-tiba adalah sebuah fenomena yang umum. Mereka mengatakan hal itu bisa terjadi karena disebabkan keringnya arus air bawah tanah danau atau terjadinya perubahan drainase tanah irigasi.

Meski demikian, para penduduk desa Sanica belum mendapatkan penjelasan ilmiah yang jelas terkait fenomena aneh di danau kesayangan mereka. Para penduduk bahkan mengkaitkan fenomena ini dengan sesuatu yang ‘mistis’.

“Itu bisa saja sebuah gua raksasa yang membuka gerbang. Atau juga bisa sebuah puncak gunung berapi yang sudah lama terpendam dan kini muncul ke permukaan,” kata salah seorang penduduk Sanica, Milanko Skrbic.

Ada juga penduduk yang percaya raibnya air danau menyusul meninggalnya penghuni pondok kecil yang berada di tepi danau. “Beberapa hari sebelum Hasan (pemilik pondok) meninggal, dia berkata: saya akan membawa semuanya saat saya mati,” kata Rezak Motanic.

“Dan itulah apa yang kini telah dia lakukan (mengambil air danau). Putrinya juga sempat melihat sosok seperti dia berjalan mengambang di danau di malam ketika dia meninggal.” Hasan meninggal pada Agustus lalu.

Ada pula warga Sanica yang percaya raibnya air danau merupakan tanda kiamat sudah dekat. “Sesuatu yang aneh memang sering terjadi menjelang kiamat,” kata Husein Nanic.

Artikel Menarik Lainnya

Chefchaouen, Pesona Kota Biru di Timur Laut Maroko Neomisteri - Chefchaouen merupakan nama kota yang terletak di sebelar timur laut Maroko. Kota kecil yang dihuni sekitar 100 ribu jiwa ini berjarak sek...
Menguak Fenomena Rep-repan Neomisteri – “Waduh, semalam gue kena rep-repan. Untung enggak lama, gue bisa langsung bangun,” ujar Arief kepada temannya, Agung. “Emang setau gue...
Heboh Penemuan Nisan Beraksara Cina Kuno di Tanger... Neomisteri - Penemuan nisan ukuran besar beraksara Cina kuno hebohkan masyarakat Tangerang. Nisan tersebut ditemukan pertengahan pekan lalu di tanah k...
Pengalaman Seram Ririn Ekawati Melihat Kuntilanak ... Neomisteri - Pengalaman menyeramkan dialami aktris cantik, Ririn Ekawati. Bintang film berusia 30 tahun itu melihat penampakan sosok makhluk halus saa...
Artis Cantik Ini Dihantui Arwah Mantan Kekasih Neomisteri - Artis cantik Hollywood, Michelle Williams mengaku pernah dihantui oleh arwah kekasihnya yang tewas karena overdosis, Heath Ledger. Keduan...

6 comments

  1. ini namanya sink hole, fenomena ini sering terjadi di daerah topografi karst, dimana serbia, croatia, bosnia herzegovina, kosovo, macedonia, slovenia dibentuk oleh topografi karst. topografi karst berasal dari batuan terumbu yang kemudian oleh tenaga endogen tektokik terangkat menjadi sebuah daratan, lalu berkembanglah mengalami pelarutan/ solusional, sink hole sendiri terbentuk karena celah antar batuan tersebut runtuh, dan karena adanya diaklas, maka air yang ada di danau doline tersebut habis 🙂

  2. diartikel tertulis..”pohon2 tertarik kedalam danau”…lha difoto itu masih ada pohon2an yg tumbuh ddtepi danau tsb….??? apa itu yg tertinggal…???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *