Genderuwo, Legenda Setan Raksasa di Pulau Jawa

Suka artikel ini, bagikan:

Neomisteri – Genderuwo, salah satu legenda makhluk halus yang terkenal di pulau Jawa. Masyarakat Jawa biasanya menyebutnya “Gendruwo”. Sedangkan masyarakat Sunda biasanya mengucapkannya “Gandaruwo”.

Saat menampakkan diri, Genderuwo berwujud raksasa hitam dan bertubuh kekar yang dipenuhi bulu seperti kera. Genderuwo diyakini merupakan perwujudan dan arwah penasaran orang yang mati tidak wajar. Seperti bunuh diri atau kecelakaan.

Gendruwo diyakini kerap tinggal di aliran sungai, bangunan tua, bangunan kosong dan pepohonan besar dan rindang seperti beringin. Namun Genderuwo dipercaya lebih banyak tinggal di daerah hutan atau daerah yang jarang disinggahi manusia.

Sehingga tidak heran, di tempat-tempat seperti itulah Genderuwo biasa menampakkan diri kepada manusia. Saat menampakkan diri, Genderuwo sangat menyeramkan karena tingginya bisa melebihi atap rumah.

Berbeda dengan Siluman atau makhluk jadi-jadian yang kerap mencari mangsa, penampakan Genderuwo hanya untuk menakut-nakuti manusia yang dianggap coba mengusik kediamannya. Tapi ada juga Gendruwo yang diyakini suka mengganggu.

Selain menampakkan diri, Genderuwo suka menakut-nakuti manusia dengan melempar krikil ke atap atau menggerakkan perabotan. Genderuwo juga suka menepuk perempuan yang sedang tidur atau berjalan sendirian di tempat sepi dan gelap.

Genderuwo juga diyakini bisa berubah wujud seperti manusia pada malam hari. Gendruwo kerap menggoda dan mengajak hubungan intim kepada seorang wanita yang sedang sendirian di malam hari dengan menyamar sebagai sang suami.

Seperti dikutip dari wikipedia, ada beberapa daerah yang diyakini menjadi tempat tinggal Gendruwo. Seperti di hutan Jati Cagar Alam Danlaya di sebelah timur Wonogiri. Dan di Purwosari di Kulon Progo.

Istilah Genderuwo dipercaya berasal dari bahasa Kawi, yaitu “Gandharwa” dan berakar dari bahasa sanskerta “Gandharva” yang digambarkan sebagai raksasa yang tinggal dikahyangan. Sementara legenda Genderuwo sendiri dipercaya berasal dari legenda kuno Persia yang berupa sosok siluman raksasa bernama Gandarewa.

Lihat artikel menarik lainnya tentang berbagai legenda di tautan ini.

Artikel Menarik Lainnya

Mahasiswa Inggris Jual Cermin Berhantu Rp1,4 Juta Neomisteri - Mahasiswa Inggris terpaksa menjual cermin kesayangannya melalui situs jual-beli online hanya dengan harga £100 (Rp1,4 juta). Pasalnya mer...
VIDEO: Tembak Pohon, Pria Ini Diserang Balik Pohon Nemisteri - Seorang pria mengalami pengalaman aneh saat menguji pistol laras pendek yang baru dia beli di pinggiran kota . Dia mengetes pistol baru te...
Penelitian: Manfaat Puasa untuk Meningkatkan Kekeb... Neomisteri - Terungkap, puasa sedikitnya selama tiga hari dapat meregenerasi sistem kekebalan tubuh. Dari hasil penelitian. sistem kekebalan seseorang...
Teror Sundel Bolong Neomisteri - Film Sundel Bolong bisa dianggap sebagai film horor terbaik Indonesia di tahun 1980-an. Film yang mengangkat mitos dan legenda masyarakat...
Kutukan Asmara Para Aktris Pemenang Piala Oscar Neomisteri - Meraih penghargaan aktris terbaik Academy Award atau Piala Oscar mungkin menjadi impian terbesar banyak bintang ternama dunia. Namun siap...

One comment

  1. ada juga genderuwo yg untuk pesugihan.yg suka meminta tumbal,dan mampu membuat pemiliknya jadi kaya.
    bahkan adek kandung saya sempat mau di jadikan tumbal.
    bangsat banget tuh orang,pengen kaya kok tetangga yang di korbankan.
    di tempatku ada,tapi sekarang pemiliknya udah mati,mungkin karna kontrak perjanjiannya dg genderuwo itu sudah habis.dan setelah kematian itu,kini kluarganya miskin kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *