5 Tips Alami Melakukan Detoks

Suka artikel ini, bagikan:

Neomisteri – Pola makan yang tidak sehat, polusi, dan stres, bisa membuat tubuh kita dipenuhi oleh berbagai jenis racun yang perlu dibersihkan. Berikut adalah cara sehat untuk melakukan detoksifikasi, dan itu tidak termasuk dengan mengonsumsi jus detoks.

1. Berkeringat
Sejak lama sauna sudah menjadi bagian dari metode detoksifikasi dalam pengobatan integratif. Saat ini bahkan sudah ada sauna yang menggunakan sinar infra merah sehingga dapat memanaskan jaringan tubuh secara lebih efektif dibanding sauna tradisional.

Suhu tubuh yang semakin memanas dan aliran darah yang meningkatkat dipercaya akan membuat toksin yang disimpan di lemak tubuh bisa disingkirkan. Bila Anda ingin membuang toksin, disarankan untuk meluangkan waktu 10-15 menit di sauna setidaknya tiga kali seminggu. Pastikan Anda cukup minum untuk mencegah dehidrasi.

Jika Anda memiliki penyakit tertentu, terutama yang berkaitan dengan jantung dan paru, konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan sauna.

2. Tarik napas
Menghirup napas panjang dengan teknik yang disebut ujjayi, bisa membuat kita membuang toksin dari dalam tubuh. Lewat teknik tersebut kita akan memanaskan tubuh dan mengurangi timbunan karbondioksidan setiap kali kita membuang napas.

3. Tidur cukup
Saat kita tidur, tim di otak yang bertugas membuang zat sisa yang disebut dengan sistem glimphatic, bekerja lebih keras. Jika tidak dibuang, toksin tersebut berpotensi menumpuk dan membentuk plak yang bisa menyebabkan penyakit Alzheimer. Penelitian juga menemukan sistem glimphatic 10 kali lebih aktif saat kita tertidur dibanding saat terjaga.

4. Pilih sabun yang tepat
Saat kita sedang sakit, stres, atau berada di lingkungan berpolusi, kadar glutathione atau antioksidan alami yang dibuat tubuh di kulit cenderung lebih sedikit. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlahnya adalah dengan mandi menggunakan garam khusus yang mengandung sulfur.

Sulfur akan meningkatkan glutahione karena zat ini merupakan bagian dari molukul sulfur. Garam untuk berendam juga biasanya mengandung magnesium yang bisa membuat kita lebih relaks.

5. Makan bersih
Salah satu cara terbaik untuk membersihkan tubuh adalah dengan mengasup lebih banyak sayuran berdaun hijau, seperti seledri, brokoli, bayam, bok choy, dan lain sebagainya. Zat gizi dalam sayuran tersebut bisa membantu tubuh membersihkan diri dari metal seperti merkuri dan timbal. Sempurnakan dengan mengasup teh hijau.

———————
Sumber: Kompas.com

Artikel Menarik Lainnya

Penelitian: Manfaat Puasa untuk Meningkatkan Kekeb... Neomisteri - Terungkap, puasa sedikitnya selama tiga hari dapat meregenerasi sistem kekebalan tubuh. Dari hasil penelitian. sistem kekebalan seseorang...
Manfaat Tarian Tango Untuk Penderita Parkinson Neomisteri - Sering mendengar kata parkinson? Parkinson, adalah penyakit degeneratif yang biasanya menyerang pada usia 60an. Rusaknya sel yang membuat...
Khasiat Semangka untuk Kejantanan Pria Neomisteri - Semangka merupakan salah satu buah yang sering ditemui di Indonesia. Semangka yang memiliki nama latin Citrullus lanatus ini sebenarnya b...
6 Makanan Pembersih Nikotin dalam Tubuh Neomisteri - Nikotin merupakan zat aditif berbahaya yang terdapat pada tembakau. Pasalnya, nikotin yang terpapar dalam tubuh akan menyebabkan kerusaka...
Mengenal Terapi Sengat Lebah Neomisteri - Terapi pengobatan dengan sengat lebah sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan sudah digunakan di daerah Cina hingga timur tengah. Terap...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *