Teror 13 Arwah Penasaran di Lift Gedung Perkantoran Ini

Joelma BuildingNeomisteri – Kisah seram menyelimuti gedung perkantoran 25 lantai, Joelma Building yang terletak di Sao Paolo, Brasil. Pasalnya kerap terjadi penampakan hatu di lift yang mengusik para pegawai di sana.

Dan ternyata, fenomena supranatural itu berkaitan dengan tragedi yang pernah terjadi di bangunan ini. Menyusul kebakaran dahsyat yang menimpa Joelma Building di tahun 1970-an.

Seperti diketahui, Joelma Building yang beralamat di 225 Avenue Nine, Sao Paolo, Brasil itu pernah kebakaran yang mengakibatkan jatuhnya puluhan korban jiwa pada Jumat, 1 Fenruari 1974.

Kebakaran dipicu arus pendek pendingin ruangan (ac) di lantai 11 pada jam 8.50 pagi, waktu setempat. Api menjalar cepat yang membuat 756 pegawai di gedung itu panik.

Petugas pemadam kebakaran yang tiba sejak pukul 9.10 tidak mampu segera memadamkan api yang terus berkobar. Asap tebal dan api yang terus berkobar menyulitkan proses evakusasi korban.

Sekitar 170 pegawang yang meminta pertolongan di atap gedung juga tidak bisa dievakuasi oleh helikopter penyelamatan karena tebalnya asap. Beberapa di antaranya tewas karena sesak napas.

Pemandangan mengerikan lainnya adalah, aksi nekat sejumlah pegawai yang coba menyelamatkan diri dari api dengan melompat dari jendela dan menjatuhkan diri ke bawah, yang pada akhirnya meregang nyawa.

Sekitar pukul 10.30, api mulai padam. Proses evakuasi pun dilakukan secara menyeluruh. Total ditemukan 227 pegawai yang tewas. Salah satu tragedi kebakaran terbesar di Brasil, atau mungkin dunia.

Kebakaran ini menjadi momentum perubahan aturan keselamatan gedung, tidak hanya di Brasil tapi di seluruh dunia. Di antaranya aturan setiap gedung harus memiliki helipad di atap untuk evakuasi kebakaran.

Kisah Seram Joelma Building

Kabarnya, banyak cerita ke-13 arwah penasaran itu kerap mengganggu para pekerja di Joelma Building. Itu diyakini merupakan arwah penasaran dari 13 jenazah yang terkurung di dalam lift saat kebakaran terjadi.

Joelma Building sendiri sempat dikosongkan dan direnovasi selama empat tahun sebelum kembali difungsikan. Namun masih banyak yang melihat beberapa arwah penasaran yang gentayangan dan berkeliaran di lorong-lorong gedung.

Dan ternyata, selain kisah seram terkait korban kebakaran, ternyata Joelma Building memiliki reputasi menyeramkan lain sebelum tragedi kebakaran itu terjadi.

Sebelum Joelma Building dibangun, diketahui pernah terjadi pembunuhan sadis di lokasi itu. Seorang pria membunuh ibu dan saudara-saudaranya yang selanjutnya dikubur di sumur rumah tersebut.

 

 

 

————————————————-

Sumber: http://g1.globo.com/Noticias/SaoPaulo/0,,MUL330153-5605,00.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *