Terungkap, Rahasia Terbaru Lukisan Legendaris Monalisa

Suka artikel ini, bagikan:

Neomisteri – Seorang Ilmuwan Prancis, Pascal Cotte menyatakan telah mengungkap rahasia terbaru tentang misteri lukisan legendaris Monalisa karta Leonardo Da Vinci. Penemuan ini menggunakan teknologi cahaya reflektif.

Seperti diketahui, dalam 500 tahun terakhir, lukisan Monalisa menjadi objek penelitian ilmiah dari banyak ahli. Salah satunya terkait identitas misterius sosok Monalisa dalam lukisan tersebut.

Sebelumnya, banyak yang meyakini sosok Monalisa adalah gambaran dari seorang pedagang sutra Florentine, Lisa Gherardini. Tapi Cotte membantah pendapat tersebut lewat penelitian yang telah dia lakukan.

“Hasil studi saya mematahkan banyak motis dan mengubah pandangan kita semua tentang karya Leonardo. Saya yakin, dia (Lisa Gherardini) berbeda dengan Monalisa. Ini bukan wanita yang sama,” kata Cotte.

Cotte menambahkan, penelitian lewat metode Layer Amplification Method (LAM) yang dia lakukan, membuat terungkapnya fakta baru kalau ada dua sosok lain di lapisan terbawah lukisan Monalisa.

“Kami menganalisa apa yang terjadi di dalam lapisan cat. Sehingga kita dapat mengupas semua lapisan lukisan seperti kulit bawang (sangat tipis). Sehingga proses ini membuat kita dapat merekonstruksi penciptaan sebuah lukisan,” paparnya.

Cotte merupakan pendiri Lumiere Teknologi di Paris dan telah melakukan penelitian selama 10 tahun terhadap lukisan Monalisa yang tersimpan di Museum Louvre, Paris, Prancis.

Sejak meluncurkan hasil analisanya ini, ada pihak yang pro dan kontra. Salah satu yang kontra adalah Profesor Emeritus Fakultas Sejarah Seni Universitas Oxford, Martin Kemp yang menyebut analisa itu agak berlebihan.

 

——————————

Sumber: http://www.theverge.com/2015/12/9/9878896/mona-lisa-hidden-painting-portrait-science-bow-tie

Artikel Menarik Lainnya

Hara Hachi Bu, Rahasia Panjang Umur Penduduk Okina... Neomisteri - Okinawa merupakan wilayah kepulauan yang berada di Jepang dan memiliki luas mencapai 1.201.03 km2. Dari sensus pada Desember 2014, Okinaw...
Inikah Foto Selfie Paling Menyeramkan? Neomisteri - Sekelompok gadis ABG di Inggris foto bareng untuk mengabadikan pesta ceria yang sedang berlangsung. Tapi siapa nyana, dalam foto kebersam...
Seram, Kamera CCTV Rekam Aksi Hantu Ganggu Bayi Neomisteri - Seorang ibu asal Barongarook, Victoria, Australia, jade Yates tidak sengaja merekam penampakan dua sosok misterius seperti arwah penasara...
Majlis al Jinn, Goa Tempat Berkumpulnya Para Jin Neomisteri - Majlis al- Jinn dalam bahasa Arab berarti tempat berkumpulnya para jin. Goa yang terletak di daerah terpencil di Selma Plateau, 1.380 mdp...
Masjid Baiturrahman: Tegak Berdiri Walau Didera Ts... Neomisteri - Pada pukul 7.58 WIB tanggal 26 Desember 2004, gempa dahsyat terjadi di kedalaman laut Samudra Hindia. Gempa berkekuatan 9,3 skala ritcher...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *