VIDEO: Perjalanan Menakjubkan Sperma Membuahi Sel Telur

Ilustrasi Sperma dan Sel telurNeomisteri – Perjalanan sperma membuahi sel telur kerap menjadi cerita inspiratif bagi para motivator untuk meyakinkan para pendengarnya bahwa setiap manusia yang terlahir di bumi ini adalah seorang juara.

Dan memang faktanya demikian!! Karena sperma harus melakukan perjalanan panjang sekaligus bersaing ketat dan melewati banyak rintangan untuk membuahi sel telur yang berujung pada terlahirnya seorang manusia.

Perjalanan panjang ini berawal dari sekitar 200 juta sperma dari kapal penis pria (urethra) saat ejakulasi yang akan mencari aliran lendir di dalam vagina untuk menuju ke mulut rahim.

Selanjutnya, ratusan juta sperma itu melewati leher rahim (serviks uteri) dan terus berenang ke dalam rahim (uterus) hingga menuju muara saluran telur (tuba fallopi) untuk memperebutkan satu butir sel telur.

Dalam fase ini, banyak sperma yang jatuh beguguran. Dan diperkirakan hanya tersisa ratusan sperma saja yang harus bersaing dengan membentur-benturkan diri ke kulit luar sel telur.

Dari sekian sperma yang tersisa, hanya satu yang berhasil menjadi pemenang dengan menembus sel telur. Yang selanjutnya terjadi adalah proses pembuahan dan pembentukan janin hingga akhirnya terlahir di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *