Zika, Virus Bahaya Penyerang Janin

Neomisteri – Nyamuk selalu menjadi faktor penting dalam penyebaran beberapa penyakit menular ke manusia. Ada dua penyakit menular paling terkenal karena nyamuk. yaitu demam berdarah dan malaria.

Namun sekarang, ada virus baru dari nyamuk yang menjadi momok menakutkan warga di Amerika Selatan. Pasalnya, nyamuk tersebut merusak kepala bayi karena penyusutan otak dan ukuran tengkorak kepala.

Seperti dikutip dari Science20, Senin 18 Januari 2016, nama virus tersebut bak sebuah nama film fiksi ilmiah. Karena dinamakan virus Zika. Virus yang berasal dari Uganda dan telah menyebar ke seluruh Amerika Selatan.

Salah satu negara Amerika Selatan yang paling terpukul oleh virus Zika adalah Brasil. Pemerintah Brasil telah memperkirakan ada 1,5 juta kasus baru virus Zika sejak Mei 2015 silam.

Pada orang dewasa dan anak-anak, gejala infeksi hanya bersifat ringan, bahkan tidak ada. Tapi, berbeda jika virus ini menimpa bayi yang belum lahir. Ketika seorang wanita hamil terinfeksi, bayinya bisa lahir dengan kondisi yang disebut microcephaly (menyusutnya otak).

Ini akan menjadi luka yang fatal karena menyebabkan kerusakan otak seumur hidup. Virus Zika terdeteksi berkembang di plasenta ibu hamil, serta di otak bayi microcephalic.

Tak pelak, virus ini membuat masyarakat Brasil cemas dan ketakutan. Bahkan ahli medis di Brasil melakukan langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Yaitu dengan merekomendasikan para wanita untuk menunda kehamilan.

Belum ada vaksin atau obat untuk mencegah atau mengobati infeksi ini. Sehingga satu-satunya jalan adalah untuk menghindari terkena gigitan nyamuk ini.

Sejarah Virus Zika
Faktanya, virus Zika sebenarnya telah ditemukan pada tahun 1952. Berawal saat peneliti melakukan penelitian terhadap kasus yang terjadi di hutan Zika, dekat Institut Penelitian Virus Afrika Timur di Entebbe, Uganda sejak tahun 1947.

Namun tidak ditemukan penyebaran dahsyat virus ini hingga memasuki tahun 2015. Pada Desember lalu, Pan American Health Organization (World Health Organization) menyebut virus ini telah menyebar di sembilan negara di Amerika Selatan.

———————————–
Sumber: http://www.science20.com/pfired_but_still_kicking/zika_an_infection_so_nasty_brazil_recommends_women_stop_having_babies-163072

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *