Dibikin Tahun 1896, Ini Film Horor Tertua di Dunia!

Suka artikel ini, bagikan:

Neomisteri – Film horor diketahui merupakan film yang berusaha memancing rasa takut para penonton. Film horor telah ada sebagai salah satu genre film selama lebih dari satu abad.

Nuansa mengerikan dan supranatural adalah tema yang sering dalam sebuah film horor. Genre Horor juga bisa tumpang tindih dengan fantasi, fiksi supernatural dan thriller.

Hampir tiap tahun, banyak film horor bermunculan. Baik di dalam negeri maupun produksi luar negeri. Dan tidak sedikit yang diminati banyak penggemar. Tapi tahukah anda, apa film horor tertua yang pernah dibuat?

Dilansir laman Wikipedia, Penggambaran pertama dari peristiwa supranatural muncul di beberapa film pendek bisu yang dibuat oleh pelopor Georges Méliès pada akhir 1890-an.

Dan yang paling terkenal adalah Le Manoir du Diable, yang dianggap sebagai film horor pertama di dunia. Film yang masih dengan format film bisu dibuat tahun 1896.

Film ini masih berupa sketsa pantomim singkat dalam gaya fantasi komik teatrikal. Menceritakan kisah perjumpaan dengan Iblis dan berbagai hantu.

Alur cerita dimaksudkan untuk membangkitkan hiburan dan bertanya-tanya dari para pendengarnya, bukan rasa takut. Namun, karena tema dan karakternya, secara teknis dapat dianggap sebagai film horor pertama.

Tidak hanya itu, Film ini juga memiliki inovasi. Sebab durasi film berlangsung lebih dari tiga menit. Ini bisa dianggap proyek ambisius untuk jaman itu.

Film dibuka dengan adegan kelelawar besar yang terbang ke kastil abad pertengahan. Kelelawar itu mengelilingi ruangan, sebelum tiba-tiba berubah menjadi Iblis.

Tidak lama berselang, dua pria berani memasuki kastil. Keduanya kemudian diganggu berbagai fenomena supranatural. Hingga seorang di antaranya melarikan diri.

Sementara satu orang lainnya tetap bertahan. Dia pun dengan gagah berani menghadapi berbagai gangguan dari para makhluk halus hingga film berakhir.

 

———————–

sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/The_Haunted_Castle_(1896_film)

Artikel Menarik Lainnya

Tersesat di Dunia Arwah Neomisteri - Insidious dianggap menjadi film horor terbaik di tahun 2011. Film yang dirilis pada 1 April 2011 ini ditulis oleh Leigh Whannell dan disu...
Pengalaman Keanu Reeves Melihat Hantu Terbang Neomisteri - Bintang ganteng Hollywood, Keanu Reeves memiliki cerita seram saat dia masih bocah. Aktor yang namanya mencuat saat membintangi film Spee...
Cerita Mengerikan Rumah Berhantu Keluarga Perrons Neomisteri - The Conjuring adalah film horor supranatural Amerika Serikat yang disutradarai oleh James Wan. Film yang dirilis pada musim panas 2013 in...
3 Film Horor Indonesia Pengisi Akhir Pekan Neomisteri - Libur akhir pekan telah tiba. Bagi anda yang hobi menikmati liburan dengan bertegang-tegang ria menyaksikan film horor, tidak ada salahny...
Diburu Kematian Neomisteri - Final Destination merupakan film horor yang memiliki lima sequel dan didistribusikan oleh New Line Cinema. Kisah kelima film ini berpusat...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *