3 Daun Berkhasiat

Kekayaan flora Nusantara memang tak dapat diabaikan. Nenek moyang bahkan mencatat dengan tinta emas pelbagai khasiat yang terkandung di dalamnya untuk kesehatan kita semua.
oleh: Kh Rahayu

 

Neomisteri – Jamu, atau ramuan yang terdiri dari rempah, rimpang dan dedaunan memang bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Betapa tidak, kearifan lokal telah mengajarkan betapa tetumbuhan yang ada di sekitar kita bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk pelbagai hal. Di antaranya adalah pengobatan.

Dari sekian banyak khasiat dedaunan dari pohon yang tumbuh subur di sekitar kita, berikut neomisteri menyarikan kegunaan dari 3 jenis daun yang berkhasiat luar biasa. Yakni;

1. Daun Sukun untuk Diabetes
Bahannya: petik 3 lembar daun sukun yang berwarna hijau tua (harus yang bersih dan tidak berlubang-red), 4 gelas air.
Cara membuatnya: Cuci bersih daun sukun dengan menggunakan air yang mengalir, kemudian rebus menggunakan kuali tanah dan panci kaca atau enamel dengan api kecil hingga air tersisa separuh – tambahkan 2 gelas air – dan rebus hingga air tersisa separuhnya. Saring dan dinginkan kemudian minum secara teratur 2 kali sehari sampai benar-benar sehat.

2. Daun Sirsak untuk Kejang-Kejang
Bahannya: 7 lembar daun sirsak segar, 3 gelas air.
Cara membuatnya: Cuci bersih daun sirsak, rebus menggunakan air yang mengalir, kemudian rebus menggunakan kuali tanah dan panci kaca atau enamel dengan api kecil hingga air tersisa 1 gelas. Saring dan dinginkan kemudian minum 1 hari sekali.

3. Daun Binahong untuk Maag
Bahannya: 10 lembar daun binahong segar, 1 gelas air.
Cara membuatnya: Cuci bersih daun binahong rebus menggunakan air yang mengalir, kemudian rebus menggunakan kuali tanah dan panci kaca atau enamel dengan api kecil hingga mendidih. Kemudian, saring dan dinginkan kemudian minum 3 kali sehari.

Daun Binahong untuk Gagal Ginjal
Bahannya: 15 gram daun binahong segar, 1 gelas air.
Cara membuatnya: Cuci bersih daun binahong rebus menggunakan air yang mengalir, kemudian rebus menggunakan kuali tanah dan panci kaca atau enamel dengan api kecil hingga mendidih. Kemudian, saring dan dinginkan kemudian minum 3 kali sehari sebelum makan.

Selamat mencoba, semoga kesembuhan kembali Anda dapatkan.

 

 

———————–

Dari berbagai sumber terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *