Baru Cina

Tanaman yang tingginya dapat mencapai sekitar satu meter ini memiliki bau yang tajam, serta biasa tumbuh liar di hutan atau di ladang yang lembab atau pada bagian tanah yang kaya humus ….
Oleh: Adrianisa

 

Neomisteri – Sejatinya, Baru Cina merupakan tumbuhan asli Eropa, Asia, dan Afrika serta negara-negara yang memiliki iklim sedang. Di Indonesia, tanaman ini dianggap sebagai hama, oleh sebab itu, Baru Cina tumbuh dengan subur pada lahan berhama dan tidak diolah, misalnya, tempat penimbunan sampah atau pinggiran jalan.

Dari pengalaman empirik para pendahulu, ternyata, Baru Cina memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Seperti:

Lemah Syahwat.
Bahan: 15-45 gram biji baru cina, 1 gelas air mendidih.
Cara membuat: Giling biji baru cina sampai halus, kemudian seduh. Aduk sampai rata dan minum dalam keadaan hangat 1 kali sehari.

Memulihkan Tenaga Akibat Perdarahan Paska Melahirkan.
Bahan: 4 pohon (akar, batang, daun dan bunga), 6 gelas air.
Cara membuat: Cuci semua bahan sampai bersih, kemudian rebus dengan api kecil hingga air tersisa 2 gelas. Saring dan minum 2 kali sehari sebelum makan.

Epilepsi.
Bahan: 1 genggam akar baru cina, 1 ibu jari jahe, 1 ibu jari gula aren, 4 gelas air.
Cara membuat: Cuci akar baru cina dan jahe sampai bersih, kemudian semua bahan rebus dengan api kecil sampai air tersisa setengahnya. Setelah hangat, saring dan minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Sulit Mendapatkan Keturunan
Bahan: 30 gram tumbuhan baru cina (akar, batang, daun dan bunga), 3 gelas air.
Cara membuat: Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 1 gelas. Setelah hangat saring dan minum rebusan 3 kali sehari secara teratur masing-masing 1 gelas.

Selamat mencoba.

 

 

 

—————–
Dari berbagai sumber terpilih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *