Hantu Noni Belanda

Perempuan berambut panjang, bertubuh semampai serta mengenakan gaun putih model “tempo doeloe” itu kadang menampakkan wujudnya di lorong antara gudang dan gedung pertemuan ….
oleh: Sinyo Pratiknyo

Neomisteri – Walau malam masih muda, neomisteri diajak oleh beberapa orang sahabat yang memang asli Kota Gudeg ini untuk menyeruput kopi di salah satu kafe yang letaknya di sebelah sisi barat PT Taru Martini, perusahaan penghasil cerutu ekspor di DIY yang menurut catatan sudah beroperasi sejak 1918 lalu.

Secara tepat, mulanya, bahkan sampai sekarang (menjadi BUMD DIY) pabrik yang didirikan Belanda dan bernama NV Negresco itu terletak di Baciro, tidak begitu jauh dari stasiun dan jembatan layang Lempuyangan tersebut memproduksi cerutu yang sebagian besar untuk memenuhi permintaan manca negara di antaranya adalah Amerika dan Eropa.

Baca: Akibat Terkena Teluh

Rentang waktu pembangunan sampai sekarang yang lebih dari seabad, membuat banyak cerita-cerita seram yang terjadi di tempat itu. Tatok (31 tahun) salah seorang sahabat neomisteri yang sekali ini ikut bersama dan kebetulan cukup memiliki kekuatan supranatural, maklum, sejak SMA ia sudah mempelajari Ilmu Hikmah di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Mulanya ia enggan. Namun karena desakan semuanya, akhirnya ia pun menyerah. Setelah terdiam cukup lama, akhirnya, Tatok berhasil menutup panca indranya dari kebisingan dunia — dan berhasil menyatukan cipta, rasa dan karsanya. Napasnya tampak teratur dan begitu lembut, entah berapa lama ia terdiam. Kami yang ada hanya menjaga sambil menikmati kopi dan rokok, tujuannya tak lain, agar tubuh Tatok tidak diganggu oleh siapapun juga ….

Baca: Pengalaman Mistik Penggali Makam

Bersamaan dengan habisnya rokok yang keempat, kami semua melihat Tatok membuka matanya disusul dengan batuk kecil. “Alhamdulillah …”, kata kami serentak.

Tatok hanya tersenyum sambil mengambil gelas kopi, menyesapnya dan kemudian menyalakan rokoknya. Agaknya, Tatok telah berhasil melakukan kontak batin dan mendapatkan izin untuk menceritakan apa yang diketahuinya. Tak berapa lama kemudian terdengar suaranya; “Namanya Jean … ia meninggal karena wabah influenza yang waktu itu sedang berjangkit di Tanah Jawa”.

Tatok pun melanjutkan ceritanya; “Jean lahir dan dibesarkan di Tanah Jawa. Kekagumannya dengan keindahan dan budaya orang Jawa membuat ia menolak balik ke Belanda. Ketika itu, sahabat ayahnya begitu tertarik kepada Jean. Ia melamarkan untuk putranya yang ada di Belanda”.

“Bagaimana sang sahabat ayahnya tertarik pada Jean?” Potong Agus cepat.

“Jean … amat bangga dan sayang pada ayahnya. Oleh karena itu, ia sering berjalan ke gedung pertemuan untuk mengingatkan sang ayah menyudahi pertemuan dan tidak berlama-lama kepada tamu ataupun sahabatnya”, jawab Tatok panjang lebar.

“Bukan tidak mungkin, pada suatu saat sahabat sang ayah melihat dan langsung terpesona pada kecantikan Jean hingga ia nekat melamarkan untuk anaknya yang ada di Belanda”, imbuh Tatok.

Baca: Pengalaman Mistik Supir Taksi

Semuanya hanya saling tatap. Dan Tatok kembali meneguk kopi dan menyalakan lagi rokoknya dan menghisapnya dalam-dalam. Sedikit kelelahan tampak pada gurat wajahnya dan tak lama kemudian Tatok kembali berkata; “Jean Cuma berpesan agar manusia tidak berburuk sangka kepadanya.”

“Ia melakukan itu adalah sebagai bentuk balas budi kepada pengasuhnya yang sejak kecil begitu sayang dan bangga pada dirinya … dan selalu merias dirinya dengan penuh kasih sayang jika ia akan mengingatkan sang ayah yang sedang berbincang dengan tamu atau sahabatnya di gedung pertemuan”.

Baca: Terjebak Birahi, Pengantin Baru Dicumbu Genderuwo

Tatok tampak mengangguk-anggukkan kepala. Tak lama kemudian, ia memberikan isyarat kepada Agus untuk membayar dan kita pun segera beranjak pulang. Di mobil, Tatok pun kembali berkata; “Menurut Jean … cukup hanya sampai itu saja”.

“Oh …”, demikian kata yang lain hampir bersamaan.

Setelah mengantarkan neomisteri ke hotel, aku dan yang lainnya pun kembali ke rumah masing-masing.

artikel terkait

Artikel Terbaru

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Lake Nyos, Danau Pembunuh Paling Mematikan di Dunia

Neomisteri - Secara sepintas, danau Nyos yang berada di benua Afrika ini seperti danau-danau biasa lainnya. Namun siapa kira, danau indah yang terletak di...

Kisah Supranatural Bocah Korban Tenggelam

Ada tetangga yang menyarankan untuk membawa Akmal ke Kyai. Orang tuanya pun membawa Akmal ke Kyai. Dan pada saat baru sampai pintu rumah sang...

Artikel Terpopuler