Keajaiban Lambung

Neomisteri – Lambung merupakan sebuah kantung yang terletak di bawah sekat rongga badan. Lambung dalam bahasa Inggris berarti stomach. Sementara dalam bahasa Belanda adalah maag.

Secara umum, fungsi lambung merupakan tempat makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap.

Teman-teman, coba sekarang usap-usap perut kiri atas. Siapa aja yang pernah merasakan nyeri, rasa ditusuk, rasa kebakar, rasa dicengkram di daerah itu?

 

Kita diskusi ya. Saya akan bahas organ di situ. Sang Pusat Logistik kita, Lambung.

Lambung itu organ dengan rongga kosong yang diselimuti otot-otot kuat berlapis-lapis yang tidak sejajar di tiap lapisnya. Volume rongganya kira-kira 1 liter tapi bisa membesar mengikuti jumlah makanan yang kita makan. Kira-kira 2 botol sedang. Dialah yang memungkinkan kita merasakan nikmatnya rasa kenyang.

Ada tiga bagian lambung yang krusial dan mungkin banyak teman-teman yang enggak tahu. Hari ini mau saya kenalin.

Pertama Isinya, hasil produksi dirinya sendiri, cairan penghancur yang asam sekali, pH nya 1,5. Bandingin sama Cuka yang “cuma” 2 koma. Cairan inilah yang teman-teman kenal dengan Asam Lambung.

Fungsinya untuk menghancurkan makanan kita dan yang paling penting membunuh bakteri apapun yang masuk beserta makanan itu.

Terus kenapa Lambung bisa santai nampung cairan “ganas” seperti ini? Karena dia punya bagian Kedua yang mau saya kenalin. Dinding pelindung Lambung yang dahsyat. Namanya Mukus Bikarbonat.

Saking dahsyatnya, mungkin saya analogikan sama dinding kota Konstantinopel, berlapis dan susah banget ditembus. Butuh ratusan tahun untuk akhirnya bisa dirobohkan oleh meriam raksasa yang dibawa oleh Fatih Mehmet II dan pasukannya. Tebalnya 3x sel epitel permukaan. Komplet dengan tentaranya.

Ketiga, sebuah otot yang “terlupakan dan tidak dianggap ada”. Otot LES namanya. Ini adalah pintu gerbang lambung. Fungsi utamanya, menahan sekuat mungkin makanan kita naik kmbali ke mulut dan menahan asam untuk stay di lambung. Dia otot melingkar mirip iris mata.

Masalahnya, apa yang bisa merusak pertahanan itu? Secara garis besar ada 3. Ini adalah hal-hal yang meningkatkan produksi asam, gas dan menggerus dinding lambung.

1. Bakteri.

Ini pembuktiannya keren banget. Tahun 1985, semua dokter bilang tidak mngkin ada bakteri yang bisa merusak dinding lambung.

Terus ada dokter umur 34 tahun, namanya Barry Marshall. Dia meneliti, dia dengan beraninya ngambil cairan lambung orang yang kena ulkus lambung, terus diminum!

Alhasil cuma dalam waktu 3 hari dia langsung muntah-muntah, sakit perutnya parah terus diendoskopi terlihat ulkus di beberapa tempat.

Dia minum antibiotik terus sembuh. Dia “tangkep” bakterinya, diidentifikasi, ternyata Helicobacter Pylory. Ini bkteri Super Villain banget. Dia punya jubah pelindung namanya Urease yang bikin dia bertahan hidup di suasana asam. Dan dia punya ekor berputar yang bisa membor dinding lambung kita.

2. Foods and Drugs.

Makanan Pedes-pedes, Asam-asam, Soda, Rokok, Alkohol, Kopi, Mie, obat Nyeri, Obat jantung, dll.

3. Overthinking (Berpikir Berlebihan)

Ada direct link dari otak ke lambung. Jadi kalau temen-temen mengkhawatirkan sesuatu terlalu berlebih, kurang tidur, dan kecapekan, produksi asam lmbung akan mningkat pesat.

Lambung sama Otak tuh emang sohib banget. Kalo ada apa-apa sama lambung, biasanya yang terasa duluan sakit kepala, begitu pula sebaliknya.

Dari 3 penyebab itu memang hanya Helicobacter Pylory yang membuat kerusakan tercepat. Tapi 2 penyebab terakhir adalah penyebab tersering. Kok bisa ya?

Jadi bagaimana cara menjaga lambung kita? Kembali ketiga hal itu. Pertama kita mulai kurangi makanan-makanan yang menggerus dinding lambung. Walaupun kita tau dinding itu dahsyat. Kedua, jangan sembarangan jajan karena bisa ada H. Pylori. Ketiga, relakslah, santai, sabar, manage stres kita.

Btw, Maag itu bukan nama penyakit. Itu bahasa Belandanya Lambung. Jadi kalo teman-temen bilang kena Maag ya artinya kena Lambung.

Beberapa makanan yang membantu menetralkan asam Lambung itu Chamomile, Aloe Vera, Kelapa, Ketimun dan protein-protein albumin kualitas tinggi kayak putih telur (jangan dibalado) atau ikan laut.

Jadi, Ayo kita Jaga dinding lambung kita teman-teman. Karena percayalah mual muntah, sebah, nyeri ulu ati itu bukan hal yang paling kita khawatirkan bila dinding lambung kita rusak. Yang kita takutkan bila itu terjadi bertahun-tahun adalah Kanker Lambung.

—————————

Sumber: dr. Gia Pratama (@GiaPratamaMD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *