Kisah Mistis Batu Kalimaya

Sejak abad Pertengahan, bangsa Eropa percaya batu Kalimaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Pasalnya, Kalimaya dianggap memiliki semua keistimewaan di setiap batu permata yang diwakili oleh aneka warna yang terdapat pada Kalimaya.

 

 

Neomisteri – Batu ini menjadi salah satu jenis batu yang cukup digemari oleh para penggemar atau pengkoleksi batu mulia. Perpaduan aneka warna yang terkandung di dalam batu tersebut membuat batu jenis ini memiliki daya tarik tersendiri. Masyarakat Indonesia mengenal jenis batu ini dengan nama  batu Kalimaya. Sementara masyarakat internasional lebih mengenal jenis batu ini dengan sebutan batu Opal.

Ada perbedaan pendapat terkait asal usul nama Opal. Sebagian kalangan meyakini nama Opal diambil dari istilah Romawi, Opalus. Mengacu kepada istri Saturnus dan dewi kesuburan yang bernama Opalia. Pendapat lain mengatakan penggunaan nama Opal berasal dari bahasa Yunani, opillos yang memiliki dua makna.

Makna pertama berarti melihat. Dan makna kedua adalah ‘sesuatu yang lain’ atau ‘perubahan’. Penggunaan nama ini tentu mengacu kepada karakteristik batu ini yang kerap mengalami perubahan warna jika terpapar cahaya. Namun, ada juga pendapat yang mengatakan nama Opal berasal dari bahasa sanskerta, Upala.

Kepercayaan asal nama Opal dari bahasa Sanskerta mengacu kepada catatan Romawi sekitar tahun 250 SM. Awalnya batu ini diketahui memiliki nama yang bermacam-macam dan baru dibakukan penggunaan nama Opal setelah 250 SM. Dalam catatan tersebut diketahui Opal didatangkan oleh pedagang Bosporus yang mengaku memasok Opal dari India.

Baca: Pengalaman Mistik Pengrajin Batu Akik

Opal atau Kalimaya memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dari batu permata lainnya. Struktur internal yang unik membuat batu Kalimaya lentur terhadap cahaya dan memancarkan aneka warna. Warna yang terkandung di batu Kalimaya biasanya warna putih yang dikombinasikan dengan warna abu-abu, merah, oranye, kuning, hijau, biru, magenta, mawar, merah muda, batu tulis, zaitun, cokelat, dan hitam.

Kalimaya yang memiliki perpaduan warna merah dan hitam merupakan jenis yang langka. Sedangkan Kalimaya yang memiliki perpaduan warna putih dan hijau merupakan jenis yang umum dan sering ditemukan.

Hingga kini Australia masih menjadi pemasok terbesar batu Kalimaya. Negeri Kanguru itu memproduksi 97 persen dari pasokan Kalimaya dunia. Kota Coober Pedy di Australia Selatan merupakan sumber utama dari Opal Kristal. Lahan Mintabie Opal yang berjarak 250 km arah barat laut dari Coober Pedy juga telah menghasilkan jumlah besar dari Kalimaya Kristal dan sejumlah kecil Kalimaya Hitam.

Beragam jenis Kalimaya juga ditemukan di sejumlah daerah di Australia seperti diantaranya di Andamooka, Lightning Ridge di New South Wales dan Queensland bagian barat. Sementara di Meksiko kerap ditemukan jenis Kalimaya Api.

Selain Australia dan Meksiko, sejumlah negara di belahan dunia juga diketahui menghasilkan batu Kalimaya seperti di Republik Ceko, Slowakia, Hungaria, Turki, Indonesia, Brasil, Honduras, Guatemala, Nikaragua dan Ethiopia. Pada akhir 2008, NASA bahkan mengumumkan telah menemukan endapan mengandung Kalimaya di planet Mars.

Tuah Batu Kalimaya di Mata Masyarakat

Sejak abad Pertengahan, bangsa Eropa percaya batu Kalimaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Pasalnya, Kalimaya dianggap memiliki semua keistimewaan di setiap batu permata yang diwakili oleh aneka warna yang terdapat pada Kalimaya.

Namun sejak tahun 1829, kepopuleran batu Kalimaya menurun lantaran sebagian masyarakat meyakini batu jenis tersebut bisa menimbulkan malapetaka dan nasib buruk hingga kematian. Keyakinan itu mengacu pada cerita tragis seorang bangsawan wanita yang selalu memakai batu Kalimaya yang memiliki kekuatan supranatural.

Ketika batu miliknya terkena cipratan air suci, segera batu Kalimaya miliknya berubah menjadi batu kasar dan sang bangsawan tidak lama berselang meninggal. Kisah yang disampaikan dari mulut-ke mulut itu berimbas pada penjualan batu Kalimaya yang anjlok di Eropa. Kanepercayaan ini terbawa hingga saat ini dan terus berkembang dengan menganggap batu Kalimaya merupakan perwujudan mata setan.

Baca: Khasiat Batu Akik Berdasarkan Warna

Bagaimana dengan di Indonesia? Masyarakat Indonesia juga memiliki dua pandangan yang berbeda terkait batu Kalimaya. Ada yang mempercayai batu Kalimaya membawa pengaruh baik terhadap pemiliknya. Bahkan batu Kalimaya dipercaya bisa membawa kebahagiaan kepada pemiliknya. Dan suasana hati si pemilik bisa terlihat dari kilap batu Kalimaya yang dimiliki.

Jika bercahaya berarti pemiliknya sedang merasakan kebahagiaan dan jika meredup maka menandakan pemiliknya sedang ditimpa rasa murung.

Namun tidak sedikit juga yang percaya batu Kalimaya hanya membawa nasib buruk. Mereka percaya batu Kalimaya bisa meningkatkan nafsu birahi si pemilik yang membuat pikiran kacau dan mengganggu urat syaraf.

Selain itu, wanita baik-baik dipercaya akan berubah menjadi nakal jika mengenakan batu ini. Masyarakat Cina bahkan menganggap batu Kalimaya bisa mengganggu rumah tangga dan memberi dampak buruk bagi kesehatan pemiliknya.

Ada pula kepercayaan lain yang mengatakan jenis batu Kalimaya Hitam tidak boleh dimiliki oleh sembarang orang. Pasalnya, jika tidak cocok maka batu Kalimaya itu akan membawa bencana bagi pemiliknya. Tapi jika cocok, maka akan membawa kebahagiaan buat si pemilik.

Baca artikel menarik lainnya terkait batu permata dan mustika alam lainnya di tautan ini.

artikel terkait

72 COMMENTS

    • > Permisi Teman-Teman Bagi PeCinta BATU BACAN ASLI TERNATE Kami Siapkan BONGKAHAN BATU BACAN DOKO DAN PALAMEA ASLI TERNATE

      Kondisi bahan ;
      – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
      – Bahan tua (galian lama)
      – Kualitas super kristal,sudah tembus
      – Bahan keras dan padat
      – Siap gosok poles
      – Daging utuh, tanpa kapur
      – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
      – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
      – Sesuaikan dengan dana yang anda punya.. jangan terlalu dipaksakan yang ujung – ujungnya merugikan diri sendiri dan orang lain
      – Untuk tanya – tanya silakan hub no yang tertera

      Harga ;
      – 1 ons Rp. 500,000
      – 5 ons Rp. 1.250,000
      – 1 kg Rp. 2.500,000
      – 5 kg Rp. 6,000,000
      – 10 kg Rp. 8.000,000
      – 15 kg Rp. 10.000,000
      (Harga bisa nego)

      Minat hub ;
      – 082385118431
      -pin;59da266a
      #.stock terbatas
      Siapa cepat dia dapat
      Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
      Adapun cara yg kami sediakan:
      Dan bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:jne/tiki/kantor pos,
      jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,terimah kasih,,,Wassalam

      HATI-HATI Salah Org Nnti keTIPU….!!!!!!!!!

  1. PUSAT PENJUALAN BONGKAHAN BATU BACAN ASLI MALUKU UTARA,BACAN DOKO DAN PALAMEA (TERNATE DAN HALMAHERA)
    Daftar harga sebagai berikut;
    ✿ BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 500 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 juta 500 ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan
    ✿ Kondisi bahan ;
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    – Bahan tua (galian lama)
    – Hasil tambang sendiri
    – Bukan bacan rawatan,tapi murni hasil alam
    – Kualitas super kristal, sudah tembus
    – Sudah tembus
    – Beberapa titik sudah ada yang kristal
    – Bahan keras dan padat
    – Siap gosok poles
    – Daging utuh, tanpa kapur
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    Kartu Simpati:0812 3107 1085
    PIN BB: 2ABA93A1
    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan

  2. JUAL BONGKAHAN BACAN ASLI TERNATE.
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL ASLI TERNATE.
    Kondisi bahan ;.
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    – Bahan tua (galian lama).
    – Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    – Bahan keras dan padat.
    – Siap gosok poles.
    – Daging utuh, tanpa kapur.
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga;
    1 0ns ; 500rb
    5.ongs Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.300.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082388120367 atau 081998642807
    pin 266AD694.

  3. butuh kalimaya banten silahkan hubingi 0813-1853-5335
    semua tersedia : BO, cristal, susu, teh sampe kalimaya merah
    harga tergantung ukuran dan keistimewaan dari batu tersebut

  4. kami menjual berbagai macam batu kalimaya asal rangkas bitung banten pin bb 277097f7

    jl maulana yusuf km 3 rt01/01 no 54, dekat sub terminal aweh dekat dari alun alun kota rangkas
    Rangkas bitung lebak- banten

  5. Hihi…kenapa pada takut tersesat. Toh kalo laper yang dicari makanan, haus ya cari minuman. Ada yang gak percaya khasiat makanan dan minuman sebagai pengusir lapar dan haus? Nyatanya kalo sakit cari dokter atau beli obatnya aja. Kan itu semua benda (ini baru soal benda yang bisa diindera, diamati bersama dan seksama).

    Hati-hati dengan rasa “takut tersesat” (syirik). Dipelihara terus rasa takut itu, bisa beneran tersesat.

  6. Cipta tuhan ga ada yg ga bermampaat kita tinggal mempelajarinya dan menjaganya.ada pun yang kita ketaui banyak yang bikiN Orang tergaget kaget sehingga membut orang berpikir yang aneh-aneh pada tuhan menciptakan alam dan isinya untuk kita berpikir bagus agar kita itu saling mencintai sesama yang di ciptakannya dan beriman kepadanya nurut apa yang di larangnya seperti alam semesta nurut kepada tuhan selama ini terjadinya siang dan malam sampai diperintahkannya berhenti

  7. sorry gan ane numpang jualan..ane ada batu kalimaya neh tp msh berbentuk batu belum dbentuk or potong ane bingung mau jual ny dimana..kalo ada yg berminat hub ane aj y gan 087871379444

  8. الْحَمْدُللّهِرَبِّالْعَالَمِينَ Gan saya punya satu Batu Cincin Kuyang Yakut Kalimaya warna putih polos N tembus pandang dalam nya ada serat” Emas

  9. Sangat penting bagi kita untk mengenal dan memahami macam macam batu yg mnurut kita unik dan indah.namun jngan krena ke unikan dan keindahan nya mnjadikan batu trsebut di pcaya mmiliki keajaiban shingga menyesat kan kita.

  10. buat nambah koleksi, barang kali kalian ada yang minat, Kalimaya Banten ; warna permatanya putih bening, warna kilapnya merah biru hijau orange.
    ikatnya aloy.
    cuma 400rb
    085713185758
    salam, by djamal dari Tegal

  11. Apa apa yg diciptakan oleh ALLOH SWT tidaklah sia sia pasti ada manfaatnye hanya manusianye saja yg belom mendalami dan memahami apa manfaat serta kegunaan selain yg telah kita ketahui.

  12. Jika kita berfikir secara logika sangatlah mungkin bila batu atau benda alam lainnya bisa memiliki kekuatan atau energi. Jika benda mati buatan manusia saja ada yg bisa menyimpan energi (misalnya batrei dan magnet), apalagi yang buatan Tuhan?! 🙂

  13. klw q setuju sama jarot dan iimalfred..sebenarnya kita jangan menutup mata akan semua manfaat2 batu2 alam yg ada,krn memang semua yg ALLAH ciptakan dimuka bumi ini pasti ada manfaatnya…nah umpama klw ada batu yg dipakai bermanfaat untuk pengobatan, maka bersamaan dngn hal trsebut ALLAH memberikan manfaat kpd batu tsbt sbg salah satu obat atau yg bermanfaat bagi kesehatan bahkan sembuh dr penyakit yg diderita si pemakainya jika ALLAH meridhoi.

  14. pada dasarnya batu-batuan alami alias asli buatan alam adalah ciptaan tuhan. dengan segala mitos yang melekat pada benda tersebut, karena itu semua tergantung kepercayaan masing-masing orang. memang terkadang tuhan menciptakan suatu benda yang aneh dengan segala khasiatnya yang kadang memang tidak masuk diakal, sebenarnya tuhan telah membuktikan kekusaanya dengan cara tersebut dan manusialah yang harus berfikir secara cerdas agar bisa mengerti tentang kebesaran sang ilahi. dan untuk jenis batuan yang katanya memiliki khasiat tertentu seperti Kalimaya , sebenarya saya percaya kalau ada khasiatnya karena itu batuan alami yang memiliki energi secara alami pula , dan masing-masing orang boleh memiliki pendapatnya sendiri. karena itulah anggaplah sebagai hadiah dari alam yang diciptakan Tuhan untuk manusia agar digunakan sebaik-baiknya dan bijaksana karena segala sesuatunya berasal dari tuhan maka bilamana batuan tersebut membawa khasiat tertentu entah keberuntungan dll, maka berterimakasihlah kepada tuhan yang maha memberi. Sekian … semoga semua memahami

  15. Belive it or not, sesuatu yang dianggap tidak ada bisa ada, demikuan juga dengan opal alias kalimaya, ternyata kalimaya putih bening yang memiliki pancaran cahaya hijau, merah dan kuning lebih membawa keberuntungan

  16. Klo gue cuma percaya sma allah dan cuma mengagumi keindahan ciptaan allah, gue ngga percaya batu itu punya khasiat,, menurut gue batu ya batu ngga lebih, dan gue cuma seneng ngoleksi’a

  17. di Jawa Barat- Indonesia juga ada kok tambang yg hasilkan batu Kalimaya, ada yg hitam,soklat,putih kotor. memang mutunya, kelas kekerasan,warna,kilau tak sebagus yg dari Australia.,

Artikel Terbaru

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Resor Menyeramkan di Tepi Pantai Taiwan

Mulanya, areal tersebut dibangun untuk menjadi resor pantai, tapi apa daya, kawasan tersebut ditinggalkan sebelum dibuka .... oleh: Satrio Pinandhito Neomisteri - Malam itu, sekitar pukul...

Misteri Raibnya Air Danau Sanica di Bosnia

Ada juga penduduk yang percaya raibnya air danau menyusul meninggalnya penghuni pondok kecil yang berada di tepi danau. "Beberapa hari sebelum Hasan (pemilik pondok)...

Artikel Terpopuler