Misteri Gloomy Sunday, Lagu Pemicu 100 Aksi Bunuh Diri

Penyair László Jávor menulis lirik sendiri untuk lagu tersebut, berjudul Szomorú vasárnap (Minggu Sedih), di mana sang protagonis ingin bunuh diri setelah kematian kekasihnya.

 

Neomisteri – “Gloomy Sunday” (Minggu yang Suram), juga dikenal sebagai “Lagu Bunuh Diri Hongaria” merupakan lagu populer yang digubah oleh pianis dan komposer asal Hongaria Rezs Seress dan diterbitkan pada tahun 1933.

Lirik aslinya berjudul “Vége a világnak” (Dunia akan berakhir) dan tentang keputusasaan yang disebabkan oleh perang, diakhiri dengan doa yang tenang tentang dosa-dosa orang.

Baca juga: Pindai Otak Tangkap Pikiran Terakhir Seseorang saat Sekarat

Penyair László Jávor menulis lirik sendiri untuk lagu tersebut, berjudul Szomorú vasárnap (Minggu Sedih), di mana sang protagonis ingin bunuh diri setelah kematian kekasihnya.

Lirik yang terakhir akhirnya menjadi lebih populer, sementara yang pertama pada dasarnya dilupakan. Lagu ini pertama kali direkam dalam bahasa Hongaria oleh Pál Kalmár pada tahun 1935.

“Gloomy Sunday” pertama kali direkam dalam bahasa Inggris oleh Hal Kemp pada tahun 1936, dengan lirik oleh Sam M. Lewis, dan direkam pada tahun yang sama oleh Paul Robeson, dengan lirik oleh Desmond Carter.

Baca juga: Tragedi Junko Furuta

Lagu ini menjadi terkenal di sebagian besar dunia berbahasa Inggris setelah rilis versi oleh Billie Holiday pada tahun 1941. Lirik Lewis merujuk pada bunuh diri, dan label rekaman menggambarkannya sebagai “Lagu Bunuh Diri Hongaria”.

Misteri Gloomy Sunday, Lagu Pemicu 100 Aksi Bunuh Diri
Misteri Gloomy Sunday, Lagu Pemicu 100 Aksi Bunuh Diri

Ada legenda urban berulang yang mengklaim bahwa banyak orang telah bunuh diri saat mendengarkan lagu ini, terutama orang Hongaria.

Ada beberapa legenda urban mengenai lagu tersebut selama bertahun-tahun, sebagian besar melibatkannya karena diduga terkait dengan berbagai jumlah kasus bunuh diri, dan sejumlah radio bereaksi dengan melarang lagu tersebut diputar.

Baca juga: Glasgow Smile, Metode Penyiksaan Sadis Inspirasi Wajah Seram Joker

Laporan pers pada tahun 1930-an mengaitkan setidaknya 100 kasus bunuh diri, baik di Hungaria dan Amerika Serikat, dengan “Gloomy Sunday”, tetapi sebagian besar kematian yang diduga terkait dengan itu sulit untuk diverifikasi.

Legenda urban tampaknya, sebagian besar, hanyalah hiasan dari tingginya jumlah bunuh diri Hungaria yang terjadi pada dekade ketika lagu itu disusun karena faktor lain seperti kelaparan dan kemiskinan. Tidak ada penelitian yang menarik hubungan yang jelas antara lagu dan bunuh diri.

Pada 11 Januari 1968, sekitar 35 tahun setelah menulis lagu, komposernya bunuh diri. BBC melarang versi lagu Billie Holiday untuk disiarkan, karena merusak moral masa perang, tetapi mengizinkan penampilan versi instrumental. Namun, larangan BBC dicabut pada tahun 2002.

Berikut ini lirik lengkap lagu Gloomy Sunday

Gloomy is Sunday,
My hours are slumberless
Dearest the shadows
I live with are numberless
Little white flowers
Will never awaken you
Not where the black coach of
Sorrow has taken you
Angels have no thought
Of ever returning you,
Would they be angry
If I thought of joining you?

Gloomy Sunday

Gloomy is Sunday,
With shadows I spend it all
My heart and I
Have decided to end it all
Soon there’ll be candles
And prayers that are sad I know
Let them not weep
Let them know that I’m glad to go
Death is no dream
For in death I’m caressing you
With the last breath of my soul
I’ll be blessing you

Gloomy Sunday

Sumber | Wikipedia

artikel terkait

Artikel Terbaru

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Perempuan Penglaris Kedai Makanan

Karena posisi dapur keliatan di kasir, tanpa sadar aku pasti liat si kokinya masak dong. Yang aku lihat, perempuan rambut panjang. Aku liat sampe...

Merinding, Kisah Aneh Tewasnya Pendaki di Gunung Lawu

Ketika ditanya untuk apa, dia mengatakan disuruh "Mbok". Anehnya, dia amat kedinginan. Sementara yang dibungkus pakaiannya justru kayu dan diperlakukan istimewa.   Neomisteri - Masih ingat...

Artikel Terpopuler