Penyembuh Segala Penyakit, Kecuali Kematian

Jintan hitam telah dikenal sejak lama oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Nama lain jintan hitam adalah ḥabbatussauda (bahasa Arab), black cumin, nigella, kalojeera, kalonji, atau kalanji.

 

Neomisteri – Jintan hitam merupakan tumbuhan dengan batang lunak tidak berkayu atau hanya mengandung jaringan kayu sedikit sekali. Jintan Hitam memiliki daun berbau segar dan biji yang mengandung minyak asiri dan lemak.

Jintan hitam biasanya digunakan untuk rempah-rempah dan campuran obat. Misalnya untuk obat sakit perut. Jintan hitam berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas.

Baca: Ini Dia Ramuan Khusus Pria

Jintan hitam telah dikenal sejak lama oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Nama lain jintan hitam adalah ḥabbatussauda (bahasa Arab), black cumin, nigella, kalojeera, kalonji, atau kalanji.

Jintan hitam telah digunakan sebagai pengobatan sejak 2000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 – 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi.

Habbatussauda: Herbal Penyembah Segala Penyakit, Kecuali Kematian

Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 – 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan.

Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan. Tak heran jika reputasi Habbatussauda sudah sangat melegenda.

Baca: Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Jika Makan 2 Pisang Setiap hari

Terkait anjuran agama, Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut.” Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Habbatussauda sendiri diketahui mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Herbal satu ini mengandung protein, serat, zat besi, zinc, kalsium, fosfor, aneka vitamin, dan berbagai jenis antioksidan.

Di samping penggunaannya untuk pengobatan tradisional Afrika dan Asia, ada bukti klinis berkualitas yang menunjukkan bahwa mengonsumsi biji atau minyaknya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

dr. Zaidul Akbar

Tidak heran, jika dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar juga menyarankan untuk mengonsumsi habbatussauda. Dokter yang sering disapa ustaz itu mengungkap manfaat dari mengonsumsi habbatussauda lewat video.

Menurutnya, herbal ini mampu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh. “Ada satu bahan, kalau ada di badan kita atau kita asup dia, maka keseimbangan hormon laki-laki dan perempuan itu akan balance lagi,” kataya dalam video yang diunggah di Youtube Bamol TV.

Baca: 6 Makanan Pembersih Nikotin dalam Tubuh

“Bahan (kandungan) ini namanya pregnenolone. Dia bisa seimbangkan testosteron, estrogen, progesteron, dia akan seimbangkan. Dan bahan itu ada pada habbatussauda,” tambah Zaidul Akbar.

“Makanya habbatussauda itu Masya Allah. Memang benar sabda Nabi bahwa habbatussauda itu penyembuh segala penyakit kecuali maut. Gak usah makan banyak-banyak, 1-2 kapsul sehari cukup,” terang dia.

artikel terkait

Artikel Terbaru

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Manfaat Tarian Tango Untuk Penderita Parkinson

Terjadi perbaikan keseimbangan serta mobilitas, ketimbang mereka yang cuma berlatih konvensional, contohnya mendengarkan musik dan melukis. Gerakan mata juga meningkat selama menari tango.     Neomisteri...

Meningkatkan Daya Ingat dengan Yoga

Neomisteri - Selain bermanfaat dan berguna untuk membangun ketenangan batin seseorang, Yoga juga terungkap mampu meningkatkan daya ingat atau kemampuan otak seseorang. Dilansir Time, sebuah...

3 Ramuan Tahan Lama

Artikel Terpopuler