Ragam Khasiat Mengkudu

Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu.

 

 

Neomisteri – Tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1500 m. Pohonnya mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol putih.

Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Ya, itu lah mengkudu.

Baca: Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Jika Makan 2 Pisang Setiap hari

Banyak yang mengatakan buah yang disebut-sebut berasal dari kepulauan Hawaii ini memilik banyak khasiat, maka ada yang menyebutnya sebagai buah ajaib atau Magic Plant.

Dan berikut adalah kandungan dari buah mengkudu dan manfaatnya:

  • Zat nutrisi: Mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu.
  • Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
  • Zat anti bakteri. Zat-zat aktif yang dalam sari buah mengkudu yang dapat membunuh bakteri infeksi dan juga dapat mengontrol bakteri pathogen.
  • Scolopetin. Senyawa yang sangat efektif sebagai anti peradangan dan alergi.
  • Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
  • Xeronine. Mengkudu banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Xeronine sendiri dibutuhkan sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein dan mengatur struktur bentuk sel yang aktif.

Apa komentarmu?