Keris Sesuai Bulan Kelahiran

Bagi masyarakat Jawa kang Kejawi atau yang masih memegang teguh adat istiadat, maka, keris, selain sipat kandhel juga merupakan pusaka yang harus dirawat dan dilestarikan sampai kapan pun ….
Oleh: Hendrio Sulaksono

 

Neomisteri – Seiring dengan perkembangan zaman, keris yang merupakan karya cipta adiluhung nenek moyang Nusantara yang pada proses pembuatannya mengikuti tata cara pada masanya, kini telah menjadi warisan dunia. Tak hanya masyarakat Nusantara, banyak orang-orang di luar sana yang ingin memiliki bahkan mengkaji tata cara pembuatan dan perawatan keris.

Kegamangan terhadap keris bukan tak mungkin terjadi pada masyarakat Jawa yang terlahir belakangan. Betapa tidak, jika merawat selalu dikaitkan dengan magis, jika tidak, ada perasaan bersalah karena tidak mau melestarikan pusaka yang merupakan pertanda kebesaran dari leluhurnya.

Berkaitan dengan itu, neomisteri mencoba menelisik lewat catatan-catatan lama tentang kecocokan keris dengan bulan kelahiran pemiliknya sebagaimana yang tertera di bawah ini:

Januari
Watak: Pekerja keras, produktif, ambisius dan penuh semangat, namun, perhatian terhadap anak kecil. Keburukannya; pencemburu dan selalu menutup diri.
Dhapur Keris: Panimbal, Condong Campur, Jalak Tilamsari, Jalak Dhinding, Jalak Sangu-tumpeng dan Jalak Ngore.

Februari
Watak: Pecinta kebebasan, cerdas, pandai, dan mudah bergaul. Keburukannya; karena pandai, maka, sering memberontak bila ada rintangan yang menghalanginya dalam mencapai apa yang diinginkan.
Dhapur Keris: Pandhawa, Carangsoka, Sabuk Tampar dan Sabuk Inten.

Maret
Watak: Memiliki kepribadian yang menarik, penyayang, tidak mudah marah, dan penuh belas kasih terhadap sesama. Keburukannya: pendendam dan kadang membahayakan dirinya sendiri.
Dhapur Keris: Pandhawa, Sengkelat, Tebu Sauyun, Bethok, Kebo Teki dan Kebo Lajer.

April
Watak: Sangat diplomatis, punya memori yang kuat, suka berpetualang, serta pandai memotivasi diri dan orang lain. Keburukannya; temperamental, pendendam, mudah cemburu yang berakibat sering mengalami sakit kepala.
Dhapur Keris: Pandhawa, Rarasinduwa, Sempana Badhong, Semar Mesem, Semar Getak, Semar Tinandhu dan Brojol, Jaran Guyang, Tilam Upih.

Mei
Watak: Berkepribadian tegas, memiliki pemikiran yang tajam dan imajinasi yang tinggi. Keburukannya; keras kepala, mudah marah, dan mudah terpengaruh.
Dhapur Keris: Panimbal, Condong Campur, Jalak Tilamsari, Jalak Dhinding, Jalak Sangu tumpeng dan Jalak Ngore.

Juni
Watak: pribadi yang ramah, sopan, humoris, dan penuh ide. Orang yang lahir di bulan ini sangat mudah mendapatkan teman dan rela membantu siapa saja yang kesusahan. Sayangnya, mereka memiliki beberapa sifat negatif. Selain itu, mereka individu yang sangat mudah mengeluh. Mereka juga seringkali cerewet, ragu-ragu, dan keras kepala.
Dhapur Keris: Pandhawa, Rarasinduwa, Semar Tinandhu dan Brojol, Tilam Upih, Keris Patrem, Sempana.

Juli
Watak: Baik dan penuh perhatian serta teman yang sangat menyenangkan. Selain itu, juga sangat cerdik, pemaaf, pekerja keras, serta jujur. Keburukannya; sering sensitif bahkan tak jarang terlalu emosional.
Dhapur Keris: Sempana Kinjeng, Kebo Lajer, Pudhak Sategal, Putri Sinaroja, Campur Bawur dan Sadak.

Agustus
Watak: Menyenangkan, murah hati, humoris, pemberani, mandiri, dan mempunyai banyak mimpi, dan juga ramah. Keburukannya; sangat mudah terserang penyakit, cenderung terburu-buru, mudah marah, dan mudah cemburu. Ketika merasa tersakiti, sangat sulit memaafkan apalagi melupakan.
Dhapur Keris: Pandhawa, Carangsoka, Sabuk Tampar dan Sabuk Inten, Tilam Upih, Kebo Lajer.

September
Watak: Penuh taktik, pandai mengorganisir segala hal, membujuk bahkan kompromi, serta jarang menunjukkan emosi, pemikir, dan pandai memotivasi diri sendiri dan orang lain — sehingga sangat cocok menjadi motivator bagi banyak orang.
Dhapur Keris: Nogo Sapto, Nogososro, Singo Barong, Sinom, Carubuk, Sempana, Sujen Ampel.

Oktober
Watak: Sangat menjunjung tinggi kebenaran, sangat suka berpetualang dan selalu memperlakukan teman dengan sangat penting. Keburukannya; sering mudah kehilangan rasa percaya diri, sangat boros, mudah dipengaruhi dan temperamental
Dhapur Keris: Panimbal, Condong Campur, Jalak Tilamsari, Jalak Dhinding, Jalak Sangu Tumpeng dan Jalak Ngore.

November
Watak: Walau punya kepribadian yang unik dan menarik, namun, jarang memiliki teman karena lebih memilih untuk menikmati dunianya sendiri, suka berpikir, unik, punya banyak ide, dan sabar juga merupakan pribadi yang sangat bersemangat.
Dhapur Keris: Pandhawa, Sengkelat, Tebu Sauyun, Bethok, Kebo Teki dan Kebo Lajer.

Desember
Watak: Mudah bersosialiasi, sehingga mudah kenal dan dekat dengan orang-orang baru di lingkungannya, sangat setia, patriotis, senang bercanda, jujur, dan sangat bisa dipercaya. Keburukannya; Meski begitu, haus akan pujian saat memberikan pertolongan pada orang lain.
Dhapur Keris: Pandhawa, Sengkelat, Tebu Sauyun, Bethok, Kebo Teki dan Kebo Lajer, Pandhawa, Carangsoka, Sabuk Tampar dan Sabuk Inten.

Selamat membaca dengan harapan dapat menambah wawasan Anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *