4 Manfaat Puasa, Salah Satunya untuk Kesuburan Pria

Puasa juga mempengaruhi kesuburan laki-laki. Puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh kedua testis.

 

Neomisteri – Khasiat beraram puasa sudah terbukti sejak lama. Ditinjau sisi ilmiah, tidak ditemukan efek merugikan dari puasa Ramadan terhadap kesehatan manusia mulai dari organ jantung, paru-paru, hati, ginjal, mata, hematologi dan lainnya.

Para pakar nutrisi dunia mengartikan puasa atau kelaparan (starvasi) sebagai pantangan mengkonsumsi nutrisi baik secara total atau sebagian dalam jangka panjang atau jangka pendek.

Baca juga: Khasiat Rahasia Jalan Kaki untuk Kesehatan

Itu berbeda dengan konsep puasa dalam Islam yang secara substansial adalah menahan diri tidak makan, minum dan berhubungan seksual mulai terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat.

Nah karena perbedaan itulah puasa Ramadan memiliki subtansi berbeda dengan kelaparan biasa. Malah puasa diyakini memiliki manfaat kesehatan besar bagi yang menjalankannya.

Berikut ini 4 khasiat puasa dikutip dari berbagai sumber:

1. Bermanfaat Bagi Jantung
Sejumlah penelitian menyebut tidak terdapat perbedaan yang mencolok saat berpuasa dibandingkan saat tidak berpuasa. Puasa tidak mempengaruhi secara metabolisme lemak, karbohidrat dan protein.

Ilustrasi Tubuh Manusia

Justru saat puasa rupanya terjadi peningkatan HDL dan apoprotein alfa1. Penurunan LDL sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Efektif meningkatkan Konsentrasi Urin dalam Ginjal
Konsentrasi urin dalam ginjal sangat efektif ditingkatkan saat berpuasa. Dalam keadaan tertentu hal itu akan memberi perlindungan terhadap fungsi ginjal.

Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah yang berakibat berakibat memacu kinerja mekanisme pengatur pembuluh darah dan memacu fungsi kerja sel darah merah.

Baca juga: Hipnoterapi untuk Menghilangkan Trauma dan Rasa Sakit

3. Bermanfaat dalam Pembentukan Sperma
Puasa juga mempengaruhi kesuburan laki-laki. Puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh kedua testis.

4. Keseimbangan anabolisme dan katabolisme
Jika kelaparan dapat menggangu kesehatan, sebaliknya puasa Ramadan malah menimbulkan keseimbangn anabolisme dan katabolisme yang membuat asam amino dan berbagai zat lainnya mampu meremajakan sel dan komponennya memproduksi glukosa darah.

Cadangan protein dalam hati dari asupan nutrisi ketika berbuka dan sahur membuat tubuh mampu terus memproduksi protein esensial seperti albumin, globulin dan fibrinogen.

artikel terkait

Artikel Terbaru

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Sarapan Sederhana yang Bisa Bikin Kenyang Sampai Petang

Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, mengungkapkan, ada sarapan yang cukup sederhana dan bisa membuat kenyang, bahkan hingga sore hari. Zaidul Akbar menyarankan untuk...

Ramuan Penyubur Kandungan

Kehamilan adalah impian bagi setiap insan yang sudah mengarungi bahtera rumah tangga, sehingga ada yang mengatakan; rumah serasa sepi tanpa tangisan bayi .... oleh: Sriyani...

Bayam Berduri

Artikel Terpopuler