Khasiat Rahasia Jalan Kaki untuk Kesehatan

Neomisteri – Mungkin ini terkesan sepele. Namun nyatanya berjalan kaki memiliki banyak khasiat buat kesehatan. Seperti dikutip dari vivalife, berikut ini berbagai manfaat jalan kaki bagi kesehatan:

1. Mengurangi Stres
Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan berjalan kaki di luar dengan udara yang segar akan mengurangi tingkat stres hanya dalam beberapa menit.

2. Meningkatkan Kekuatan Otak
Penelitian Universitas Illionis menyatakan berjalan kaki selama 45 menit setiap hari, minimal tiga hari perpekan berpengaruh terhadap tes bakat seseorang.

3. Menurunkan Keinginan Ngemil
Penelitian di Universitas Exeter mengungkapkan, berjalan kaki mampu menurunkan keinginan untuk ngemil (makan makanan ringan). Sebab jalan kaki meningkatkan endorfin otak yang membantu menekan nafsu makan.

4. Tidur Lebih Nyenyak
Seseorang yang berjalan kaki secara teratur memiliki istirahat yang lebih berkualitas di malam hari. Meski mereka tidur dengan durasi yang sama dengan orang yang malas jalan kaki. Sebab jalan kaki meningkatkan tingkat energi di siang hari yang membuat seseorang mudah tertidur di malam hari.

5. Melawan Penyakit
Sejak lama aktifitas jalan kaki yang dirutinkan dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kolestrol HDL yang sehat. National Institute of Health mengungkapkan, jalan kaki 30 menit membantu mencegah serangan jantung, stroke dan diabetes.

Tidak hanya itu, jalan kaki juga membuat otot seseorang lebih sensitif terhadap insulin yang membantu memindahkan glukosa dari aliran darah.

artikel terkait

Apa komentarmu?

Artikel Terbaru

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Dihantui Arwah Nenek

Saya merasa selalu gemetar. Kasur yang saya tiduri terasa seperti bernafas dan memiliki denyut nadi. Kursi yang saya duduki seperti bergetar. Sering terjadi sensasi...

Perempuan Bahu Laweyan

Siapa pun tak ada yang bisa menepis, kehidupan Jakarta, mampu mengubah orang yang pemalu, rendah diri dan jarang bicara menjadi sosok yang ceria dengan...

Artikel Terpopuler