5 Khasiat Bangle

Tanaman yang memiliki beberapa nama, di antaranya; bengle (Jawa); panglai (Sunda); banggele (Bali); dan kunyit bola (Sumatra), ternyata, memiliki kegunaan untuk menyembuhkan beberapa jeis penyakit ….

Oleh: B. Kusumawardhani

 

Neomisteri – Kalangan awam beranggapan, bengle atau bangle marupakan salah satu tanaman yang sangat ditakuti oleh makhluk tak kasat mata. Ternyata tidak cukup sampai di situ, bengle atau bangle juga dapat menyembuhkan pelbagai penyakit sebagaimana racikan di bawah ini;

Sakit Kuning.
Bahan: 2 buku jari rimpang bangle, 1 sdm madu dan segelas air mendidih.
Cara membuatnya: Cuci bersih rimpang bangle kemudian parut, seduh dengan air, aduk sampai rata dan saring. Saat hangat-hangat kuku, campurkan madu dan aduk lalu minum. Lakukan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

loading...

Kegemukan.
Bahan: 3 buku jari rimpang bangle, 7 lembar daun jati belanda dan 1,5 gelas air.
Cara membuat: Cuci bersih semua bahan kemudian rebus dengan api kecil hingga air tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, dan bagi menjadi 2. Minum pada pagi dan sore masing-masing 0.5 gelas.

Lemah Jantung.
Bahan: 3 buku rimbang bangle dan segelas air mendidih.
Cara membuat: Cuci bersih rimpang bangle, parut dan seduh dengan air mendidih. Saring pada waktu air hangat-hangat kuku dan minum secara teratur pada sore hari.

Rematik.
Bahan: 15 gram rimpang bangle, arak Cina secukupnya.
Cara membuat: Haluskan rimpang bangle dan campurkan dengan arak Cina hingga membentuk krim. Kemudian, balurkan pada sendi yang mengalami gangguan.

Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan.
Bahan: rimpang bangle secukupnya.
Cara membuatnya: Parut rimpang bangle dan borehkan pada perut. Seyogyanya juga mengenakan korset. Lakukan secara teratur sampai mendapatkan hasil yang diharapkan.

 

 

 

————
Dari berbagai sumber terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *