Takokak

Tanaman yang memiliki rasa pahit dan bentuknya mirip terong dan memiliki banyak nama; di antaranya cepoka, pokak, cokawana, ternyata, dapat menyembuhkan pelbagai penyakit ….
Oleh: Harimurti

 

Neomisteri – Nusantara bak secuil tanah surga yang jatuh ke bumi, ternyata, bukan isapan jewmpol belaka. Selain memiliki budaya dan bahasa yang beragam, para pendahulu bangsa juga meninggalkan pelbagai catatan untuk pengobatan dengan menggunakan tetumbuhan yang ada di sekitar kita. Salah satunya adalah tanaman takokak.

Lambung
Bahan: 10 gram akar takokak kering, 4 gelas air.
Cara membuat: Setelah bahan dicuci bersih, rebus dengan api kecil hingga air tersisa separuhnya. Setelah disaring, minum ramuan tersebut pada pagi dan malam masing-masing 1 gelas.

loading...

Ambeien
Bahan: 30 gram buah takokak, 30 gram daun dewa, 10 gram temu hitam, 600 ml air.
Cara membuat: Cuci semua bahan sampai bersih dan rebus dengan api kecil hingga air tersisa separuhnya. Minum selagi hangat pada pagi dan malam.

Ambeien
Bahan: 30 gram buah takokak, 30 gram daun dewa, 10 gram temu hitam dan 600 ml air.
Cara membuat: Cuci semua bahan sampai bersih dan rebus dengan api kecil hingga air tersisa separuhnya. Minum selagi hangat pada pagi dan malam.

Liver
Bahan: 60 gram tanaman takokak (akar, batang daun dan biji-pen), 2 gelas air.
Cara membuat: Setelah dicuci bersih, rebus dengan api kecil hingga air tersisa separuh. Minum selagi hangat setiap hari sampai sembuh.

Catatan: Bagi penderita glukoma, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan dari tanaman takokak.

 

————–
Dari berbagai sumber terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *