Video: Proses Menakjubkan Behel Rapikan Gigi Berantakan Parah

Kawat gigi bekerja dengan cara memberikan tekanan ke gigi untuk secara perlahan menggerakkan gigi ke posisi idealnya.

 

 

Neomisteri – Kawat gigi atau behel (dental braces) merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mendapatkan susunan gigi yang ideal. Kawat gigi bekerja dengan cara memberikan tekanan ke gigi untuk secara perlahan menggerakkan gigi ke posisi idealnya.

Menurut cara pengunaannya, kawat gigi dibagi menjadi 2 jenis, jenis permanen yang tidak bisa dilepas pasang dan jenis lepasan yang bisa dilepas pasang.

Untuk Kawat Gigi Permanen, terdiri dari beberapa jenis, yaitu: Kawat Gigi Metal (Metal Braces), Kawat Gigi Keramik (Ceramic Braces), Kawat Gigi Lingual (Lingual Braces), dan Kawat Gigi Self Ligating. Sementara itu, Kawat Gigi Lepasan terdiri dari beberapa jenis, yaitu: Retainer dan Invisalign.

 

Tujuan penggunaan kawat gigi bisa berbagi macam, termasuk alasan kesehatan atau tujuan memperbaiki estetika. Alasan kesehatan utamanya adalah karena susunan gigi yang tidak ideal lebih berisiko menjadi tempat penumpukan plak yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit gigi dan mulut.

Selain itu juga fungsi pengunyahan akan berkurang efektivitasnya sehingga dalam jangka panjang akan dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Selain alasan yang disebutkan di atas, susunan gigi yang tidak ideal juga dapat membuat komunikasi terhambat, karena artikulasi kata-kata menjadi kurang jelas.

Terlepas dari alasan kesehatan, kebanyakan alasan utama pasien menggunakan kawat gigi adalah alasan estetika. Dengan susunan gigi yang ideal maka pasien dapat tampil lebih percaya diri dalam segala aktivitas dan pada akhirnya meningkatkan kualitas hidupnya.

Sedangkan untuk lama perawatan gigi bervariasi antara satu pasien dengan pasien lainnya tergantung dari tingkat kesulitan yang dihadapi, namun pada umumnya untuk kasus yang tidak terlalu sulit perawatan kawat gigi dapat diselesaikan dalam 23 bulan dengan memperhitungkan beberapa faktor.

 

——————————–
sumber: wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *