Bayam Berduri

Penanda yang sangat khas dari tanaman ini dengan bayam jenis lainnya adalah adanya duri tepat di pangkal tangkai daunnya ….
Oleh: A Khadijah

Neomisteri – Bayam berduri termasuk sebagai tumbuhan liar yang tumbuh dengan subur di kebun-kebun, tanah kosong, tepian jalan bahkan di saluran pembuangan air. Bagi masyarakat Sunda, bayam duri dikenal dengan sebutan senggang cucuk, sementara masyarakat Bugis menyebutnya dengan podo maduri. Atau bayam kerui, demikian sebutan masyarakat Lampung.

Menurut catataan lama, ternyata bayam duri memiliki khasiat yang demikian ampuh untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, di antaranya;

Asma
Bahan: 5 batang yang masih muda, bunga dan daunnya, 5 gelas air.
Cara membuat: Setelah batang dan daun dicuci bersih, kemudian masukkan bunga dan rebus dengan api kecil selama 7-10 menit dan air tersisa 3 gelas. Minum 3 kali sehari dalam keadaan hangat.

loading...

Bronkitis
Bahan: Daun bayam dan madu secukupnya.
Cara membuat: Cuci daun bayam sampai bersih, blender, kemudian saring dan campurkan madu. Aduk sampai rata dan minum secara rutin tiap hari. Lakukan sampai benar-benar sembuh.

Anemia
Bahan: 3 genggam daun bayam merah, 1 sdm air perasan jeruk nipis, 1 sdm madu dan 1 butir telur ayam kampung.
Cara membuat: Cuci daun bayam dan tumbuk sampai halus lalu tambahkan air jeruk nipis dan saring. Kemudian tambahkan kuning telur serta madu, aduk sampai rata, minum berturut-turut 1 hari sekali selama 1 minggu.

Kanker
Bahan: 40 gram daun, 4 buah tomat, 4 buah buncis, 4 batang kacang panjang, 40 gram taoge dan 30 gram, brokoli.
Cara membuat: Setelah semua bahan dicuci bersih, potong kecil-kecil kemudian blender dengan 1/3 gelas air sampai menjadi jus. Minum ramuan tadi tiap pagi sebelum sarapan.

Selamat mencoba, semoga Anda kembali sehat.

 

 

 

—————
Dari berbagai sumber terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *