Khasiat Tanaman Andong

Dengan takaran yang sesuai, maka, penyakit wasir, memperlancar haid bahkan batuk berdarah pun dapat disembuhkan ….
Oleh: Ambar Sofyanti

 

Neomisteri – Masyarakat Sunda menyebut tanaman ini dengan hanjuang, sementara, masyarakat Jawa menyebutnya andong, kayu urup demikian kata orang Madura, atau penjuang demikian kata masyarakat Dayak — ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Sudah barang tentu, kesemuanya harus diolakukan dengan teratur dan takaran yang tepat. Adapun, jenis penyakit yang dapat dituntaskan oleh tanaman andong antara lain;

Wasir:
Bahan: 6-7 lembar daun handeuleum, 2-3 lembar pucuk daun andong, 750 cc air.
Cara membuat: Cuci bersih semua bahan (upayakan dengan air yang mengalir), kemudian rebus dengan api kecil hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring, bagi dalam 3 gelas untuk minum pagi, siang dan sore. Lakukan sampai benar-benar sembuh.

loading...

Memperlancar haid:
Bahan: 15 gram akar tanaman andong, 3 helai daun andong, dan 4 gelas air.
Cara membuat: cuci bersih semua bahan dengan air yang mengalir, rebus dengan api kecil. Setelah dingin, saring dan bagi menjadi 2 gelas untuk minum pagi dan malam.

Batuk berdarah:
Bahan: 100 gram daun andong, 50 gram akar tanaman andong dan 4 gelas air.
Cara membuat: Cuci bersih semua bahan dengan air yang mengalir, kemudian rebus dengan api kecil hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring, bagi dua untuk minum pagi dan malam. Lakukan sampai benar-benar sembuh.

Radang Gusi:
Bahan: kulit batang pohon andong dan garam halus secukupnya.
Cara membuat: haluskan kulit batang andong sambil dicampur dengan garam, setelah benar-benar halus oleskan pada bagian yang sakit.

Selamat mencoba, seiring harapan, semoga kesembuhan kembali Anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *