Resep Warisan Leluhur

Kang Ujang benar-benar frustrasi, maklum, kian hari pelanggan rumah makannya terus menurun bahkan nyaris habis sama sekali ….
oleh: Tim Redaksi

 

Neomisteri – Tak ada yang tahu dengan pasti, namun, sepeninggal Aki Yana, rumah makan yang lebih tepat disebut saung makan yang terletak di tengah-tengah hijaunya hamparan sawah dan di tepian ruas jalan utama Pulau Jawa, kian hari kian sepi bahkan belakangan praktis lengang. Padahal, mulanya, tiap saat apalagi waktu liburan, tempat parkirnya selalu dipenuhi oleh kendaraan baik motor, mobil, bus antarkota bahkan bus pariwisata.

Sudah barang tentu, Kang Ujang, sebagai putra tertua bertanggungjawab atas usaha keluarga yang dirintis oleh almarhum ayah dan ibunya. Pertemuan keluarga entah berapa kali dilakukan; namun apa daya, mulai dari menambah menu masakan, mengganti juru masak — sampai dengan bagi hasil kepada pelayan dan juru masak tetapi hasilnya tetap saja sama. Nihil.

Bahkan diam-diam, Teh Ety adik bungsu Kang Ujang diam-diam mendatangi salah satu ajengan kondang tempat ia selama ini belajar mengaji dan memperdalam agama Islam. Hingga pada suatu saat Teh Ety menceritakan apa yang belakangan ini tengah dialami oleh keluarganya. Mendengar itu Sang Ajengan hanya tersenyum dan akhirnya berkata dalam dialek Sunda halus yang kental; “Coba Selawat Jibril seribu kali tepat tengah malam … sebelumnya dirikan Salat Taubat dan Salat Hajat masing-masing dua rakaat”.

“Lakukan semuanya dengan ikhlas, tujuannya agar Allah membukakan jalan keluar”, lanjutnya.

“Ini semua hanya karena tidak ada yang tahu resep rahasia Nini Yana”, pungkasnya.

Teh Ety langsung saja mencium tangan Sang Ajengan dengan tulus sambil memohon izin untuk pulang. Sang Ajengan pun kembali mewanti-wanti agar semua yang dipesankan dijalankan dengan khusyuk dan ikhlas.

Entah pada malam keberapa, yang jelas, malam itu Teh Ety bermimpi ia sedang membantu memasak di kediaman Aki Yana. Suasana sangat sibuk. Semua saling bantu, kebetulan, Teh Ety membantu menyiapkan bumbu untuk beberapa macam sayur yang nantinya bakal disajikan kepada para undangan. Oleh sebab itu, Nini Yana juga sibuk mengawasi dan sesekali memberi petunjuk kepada siapa pun yang membantu.

Ilustrasi Memasak
Ilustrasi Memasak

“Neng … bumbu yang itu tambah jintan”, katanya sambil menunjuk ke arah racikan bumbu di depan teh Ety, “kalau yang itu pakai kayu manis”, sambungnya lagi.

“Nah … yang ini biar tambah gurih kemirinya ditambah ya”, tunjuknya pada racikan yang lain sambil terus tersenyum.

Dan benar, ketika Teh Ety mencicipi beberapa jenis sayur yang ada di depannya, hatinya tercekat. Benar-benar enak, luar biasa. Rasanya sangat berbeda ….

Sesaat Teh Ety langsung terjaga. Ia langsung saja bangun sambil mengingat-ingat mimpinya dan berjalan mengambil kertas dan bolpoin lalu menuliskan jenis-jenis rempah yang dipakai untuk bambu. Hatinya tercekat, betapa tidak, Teh Ety sadar bahwa apa yang dicatat merupakan resep dari menu masakan andalan rumah makannya.

Ia langsung saja menjatuhkan diri dan bersujud sebagai ungkapan dari rasa syukur ….

Esoknya, ia mengumpulkan seluruh keluarganya dan menceritakan mimpi yang dialaminya. Semua hanya bisa mengucap syukur dan mereka sepakat untuk mengundang relasi lama, baik armada bus pariwisata, luar kata dan masyarakat sekitar. Gratis makan sepuasnya di warung itu dilaksanakan selama seminggu penuh ….

Sejak itu, rumah makan atau saung makan yang berada di tengah hamparan sawah yang menghijau kembali ramai didatangi pelanggannya. Kang Ujang beserta seluruh keluarganya tampak sumringah, kebesaran Aki dan Nini Yana kini telah kembali berkat resep warisan karuhun ….

artikel terkait

Apa komentarmu?

Artikel Terbaru

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Heboh Penemuan Nisan Beraksara Cina Kuno di Tangerang

Sebelumnya, beberapa waktu lalu di sekitar wilayah ini juga ditemukan tulang-belulang, tusuk konde dan koin yang bertuliskan tahun 1727 saat dilakukan penggalian. Disinyalir itu...

Melihat Penampakan Pocong di Pohon Nangka

Gue beraniin liat keseluruhan. Dan ternyata itu adalah pocong gaeeeess. Ini beneran yang aku liat. Mukanya ancur, item, kayak sudah membusuk gitu. Dan kainnya...

Artikel Terpopuler