Mengintip Khasiat Warna Batu Cincin

Keindahan dari warna yang memancar dari batu cincin, ternyata, mampu membuat gandrung para pemakai bahkan yang melihatnya ….
oleh: R Harimurti

 

Neomisteri – Walau hanya beberapa saat, namun, batu cincin jenis akik bahkan batu mulia sempat mewarnai hidup dan kehidupan umat manusia. Di mana-mana, tampak banyak orang sedang membahas warna, jenis maupun nama batu yang baru saja mereka gosok atau temukan.

Semua merasa paling ahli di antara sesamanya. Kadang, silang pendapat pun terjadi di antara mereka. Akan tetapi, yang pasti, ada beberapa catatan yang menerangjelaskan tentang pelbagai manfaat dan kegunaan warna batu cincin bagi penggunanya:

1. Warna Putih
Warna putih, diyakini mampu menggugah bahkan memunculkan sumber energi dari bagian atas kepala (ubun-ubun) yang merupakan cakra tertinggi atau cakra ke tujuh dari pemakainya. Selain itu, batu permata berwarna putih juga mampu menghasilkan getaran-getaran positif untuk menciptakan harmonisasi pada diri dan lingkungan, kesembuhan bahkan menjaga kesehatan si pemakainya.

Adapun, jenis batu cincin berwarna putih, antara lain berlian putih, kwarsa yang jernih, mutiara putih, akik putih yang transparan serta kalsit, safir putih, biduri bulan, biduri laut, dan moonstone.

2. Warna Ungu
Warna ungu juga masih berkait erat dengan bagian atas kepala (ubun-ubun) yang merupakan cakra ketujuh dari pemakainya. Selain itu, getarannya mampu menimbulkan ketenangan bahkan mengurangi emosi negatif — daya tahan tubuh serta menghasilkan getaran feminim yang sangat membantu pengembangan perasaan atau emosi si pemakainya.

Adapun, jenis batu berwana ungun antara lain; jenis kecubung (ametis) dan turmalin ungu.

3. Warna Biru dan Biru Tua
Warna biru dan biru tua diyakini banyak orang berkait erat dengan cakra keenam (terletak di antara alis), sehingga mampu menumbuhkan kebijaksanaan, memperkuat mata dan telinga,daya ingat, mengembangkan intuisi dan mempertajam kepekaan terhadap dunia tak kasat mata bagi si pemakainya.

Adapun, jenis batu berwarna biru dan biru tua antara lain; safir, turmalin, lapis lazuli, dan pelbagai jenis batu yang berwarna agak biru tua.

4. Hijau Kebiruan dan Biru Muda
Warna hijau kebiruan dan Biru Muda diyakini banyak orang berkait erat dengan cakra kelima di tenggorokan (tepat di bawah jakun) sehingga diyakini mampu membantu pelbagai hal yang berkaitan dengan kelancaran berbicara, bernyanyi serta menyehatkan bagian leher, tenggorokan dan bahu si pemakainya.

Adapun, jenis batu hijau kebiruan dan biru muda antara lain; pirus, akuamarin, topas biru, malasit biru, kwarsa yang biru juga turmalin yang biru.

5. Warna Hijau
Warna hijau diyakini berkait dengan cakra keempat yang terletak di bagian dada tepatnya jantung si pemakainya dan diyakini mampu memperkuat jantung, menambah kesadaran akan kebendaan, memperkuat jantung, otot syaraf dan mengurangi emosi negatif.

Adapun, jenis batuan berwarna hijau antara lain; giok, zamrud, malasit hijau, peridot, turmalin, kalsit yang hijau, mata kucing yang hijau muda, dan bacan.

6. Warna Kuning dan Kuning Keemasan
Warna kuning dan kuning keemasan sejatinya berkait erat dengan cakra ketiga yang di dekat pusar, sehingga diyakini mampu menambah energi maskulin, memperkuat keperkasaan pria, memperkuat tubuh dan membantu pengambangan cakra si pemakainya.

Adapun, jenis batuan berwarna kuning dan kuning keemasan antara lain; topas kuning, safir kuning, citrin dan mata kucing yang kekuning-kuningan.

7. Warna Merah Jingga Oranye
Warna merah jingga dan oranye, sejatinya berkait erat dengan cakra kedua yang letaknya sedikit di bawah pusar dan diyakini mampu memperkuat daya titalitas, kreativitas serta mempkuat cakra kedua dari si pemakainya.

Adapun, jenis batuan berwarna merah jingga oranye antara lain terdapat pada segala jenis akik serta citrin dan carnella.

8. Warna Merah Jambu
Warna merah jambu, selain berpengaruh erat dengan cakra keempat yang ada di bagian dada tepatnya jantung, juga mampu menambahkan rasa cinta kasih dan kehangatan serta menebarkan kedamaian bagi si pemakainya.

Adapun, warna merah jambu antara lain terdapat pada kwarsa ros, tourmaline, garnet dan koral, serta pelbagai batuan yang berwarna merah jambu.

9. Warna Merah
Warna merah sangat berkait serat dengan cakra pertama yang terletak di tulang ekor, sehingga diyakini mampu menambah tenaga bagi tubuh si pemakainya. Adapun, warna merah antara lain terdapat pada mirah siam, ruby, jasper, serta garnet dan koral.

10. Warna Coklat
Warna coklat sangat berkait dengan bagian paha, sehingga, selain getarannya mampu menyalurkan rasa tenang juga memperkuat bagian paha ke bawah bagi pemakainya. Adapun, warna coklat antara lain terdapat pada, tiger eye, akik, topas coklat, dan juga jasper atau batu jenis limau (limau madu dan limau manis).

11. Warna Abu-abu
Warna abu-abu getarannya berkait erat dengan bagian lengan, dan kaki tepatnya betis sehingga mampu memperkokoh kaki dan merupakan “penyalur” tenaga ke bumi bagi pemakainya. Adapun, warna abu-abu antara lain terdapat pada batu akik, mutiara abu-abu, badar besi dan mata kucing yang berwarna abu-abu.

12. Warna Hitam
Warna hitam memiliki getaran yang berkait erat dengan telapak kaki, memperkuat fokus, ketabahan, keteguhan dan juga menambah ketenangan bagi si pemakainya. Adapun, warna hitam antara lain terdapat pada; onyx, akik, koral hitam, safir hitam, batu wulung, dan segala jenis batu yang berwarna hitam kelam.

Demikian sekelumit manfaat warna batu cincin bagi pemakainya, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca sekalian.

 

 

———————————
Disarikan dari berbagai sumber terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *