Sumur Tujuh Pancuran Emas

Karena mulanya sebagai tempat berkumpulnya para Waliullah dalam melakukan syiar Islam sekaligus bertirakat, maka, tak heran jika situs yang satu ini ramai didatangi orang untuk pelbagai maksud dan tujuan ….
oleh: Sayoga Prambudi

 

Neomisteri – Rembang petang terus saja merangkak. Neomisteri dan Mas Bowo terus saja memacu motornya menuju ke Kampung Pancuran Emas, Kramatwatu, Serang, Banten. Tujuannya satu, ke Sumur Tujuh, suatu situs tepatnya tempat keramat yang dipercaya banyak orang masih menyimpan kekuatan supranatural yang teramat dahsyat.

Menurut keyakinan dan tutur yang sampai sekarang berkembang di tengah-tengah masyarakat, hatta, mulanya, digunakan sebagai tempat berkumpul para Waliullah penyebar agama Islam. Mereka berkumpul untuk saling silaturahmi sekaligus bermunajat kepada Allah agar apa yang dilakukan mendapatkan rida-Nya.

Baca Juga: Kekeramatan Air Sumur Gumuling Sunan Bejagung

Sayangnya, beberapa sumber yanag berhasil ditemui neomisteri tidak dapat memberikan keterangan para Waliullah yang dahulu menggunakan tempat yang satu ini sebagai ajang silaturahmi dan bermunajat kepada Allah SWT.

Dari pemantauan neomisteri, para peziarah ternyata telah menentukan sumur mana yang mereka tuju. Buktinya, mereka menyebar ke beberapa sumur yang dianggap paling tepat untuk mengurai pelbagai masalah yang tengah dihadapinya. Di Sumur Keraton, neomisteri melihat peziarah dengan tekun memanjatkan doa kemudian disusul dengan mandi bahkan ada pula yang membawa pulang airnya — menurut salah seorang yang berhasil ditelisik menyatakan; “Saudara saya sakit asma menahun. Semoga, lewat air ini penyakitnya bisa berkurang dan syukur-syukur sembuh”.

Dengan penuh keyakinan ditabahkan, “Kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar, semua tergantung Allah semata”.

Neomisteri sepakat dengan pendapat orang itu.

Sementara, tak jauh dari Sumur Keraton terdapat juga sumur yang dikenal dengan sebutan Sumur Sepuh — sumur yang boleh dikata paling sering diziarahi oleh para kaum Hawa. Betapa tidak, siapa pun yang pernah cuci muka atau mandi dengan menggunakan air Sumur Sepuh, bakal awet muda, dan pasti digandrungi oleh semua lawan jenis. Apalagi jika peziarah melakukannya selama tujuh malam Jumat berturut-turut tanpa putus.

Baca Juga: Sumur Ketandan Keraton Kasepuhan: Mampu Melunturkan Sihir dan penyakit

Berbeda dengan Sumur Putri, khasiat air dari sumur yang satu ini membuat semua keturunan Nabi Adam, baik pria maupun wanita menjadi penuh pesona. Selanjutnya, ada satu sumur yang berbentuk segitiga yang biasa dipakai peziarah untuk berendam. Tak heran, sumur yang satu ini hanya didatangi oleh orang-orang tertentu pada malam hari saja ….

Ketika neomisteri melangkahkan kaki agak ke dalam, di sana juga ramai diziarahi. Terutama, beberapa lelaki yang dari penampilannya tampak sebagai pengusaha muda. Mereka selalu menghindar jika didekati. Namun dari beberapa sumber yang layak dipercaya, mereka adalah para pengusaha muda dari luar kota yang sengaja datang ke Sumur Kejayaan untuk suatu maksud. Ya … kita sudah dapat menerka, tujuan mereka tak lain adalah agar usaha yang dipimpinnya dapat berjaya walau di tengah pandemi yang sedang melanda.

Baca Juga: Kekeramatan Makam Mbah Kuning

Terakhir adalah sumur-sumur kecil sebanyak 7 (tujuh) buah yang terdapat di bawah sebatang pohon besar yang tampak sudah tua. Menurut mereka yang datang, air yang terdapat di sumur tersebut acap berbeda warna sesuai dengan yang melihatnya. Kadang tampak putih, jernih dan berkilau, namun kadang tampak keruh atau berminyak.

Bagi yang mafhum, sumur yang terletak di bawah pohon itu adalah wahana untuk kita selalu mawas diri dan berserah diri kepada Allah — maksudnya, bila air tampak keruh, maka, kita harus menyadari apa yang telah diperbuat selama ini. Dengan begitu, maka, kita harus segera mengubah sikap di dalam menjalani hidup dan kehidupan. Tujuannya, agar ketika datang kembali, air akan tampak jernih.

Semoga.

artikel terkait

Artikel Terbaru

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kepekatan Mistik Gunung Klabat

Tak ada yang dapat menyangkal, keindahan alam yang berdampingan dengan kisah-kisah mistik begitu banyak di tanag air ... dan salah satunya adalah Gunung Klabat...

Akibat Terkena Teluh

Berawal dari serangan migrain, paginya, selain lemas tak berdaya tubuhnya juga dipenuhi bintik-bintik penuh nanah mirip cacar dan mulutnya pun menguarkan bau busuk yang...

Artikel Terpopuler